Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Berbagai Tips Jitu Menjadi Pasangan Yang Berbahagia

Setiap pasangan yang sudah menikah pastinya mendambakan menjadi pasangan yang bahagia /Happy Couple.  Bukankah demikian??. Pasangan yang bahagia tahu bahwa hubungan nyata dimulai saat masa bulan madu usai. Kecuali Anda tetap memelihara taman cinta itu, keindahannya akan sirna dan mati. 


Oleh karena itu, peliharalah taman cinta Anda agar tercipta rumah tangga harmonis dan Anda akan mendapatkan keindahan dalam hidup berumah tangga. Anda bisa mencoba 10 tips pasangan bahagia berikut ini :

 1. Berangkat Tidur Bersama.
 Langkah itu memang terkesan sepele, bahkan mungkin luput dari perhatian Anda. Tapi menurut Dr Mark Goulston dalam buku The 6 Secrets of a Lasting Relationship, itu merupakan salah satu kunci kebahagiaan suami-isteri. Tentu itu mudah, tapi kadang Anda sulit melakukannya. Goulston menyarankan Anda untuk selalu mengingat masa awal pernikahan. Kala itu, bukankah Anda tak sabar menunggu untuk berduaan di tempat tidur ?. Menurut dia, pasangan yang bahagia menolak berangkat tidur sendiri. Kalau pun nanti bangunnya tak bersama-sama, bukan masalah. Begitu pun saat bertengkar. Biasakan tetap berangkat tidur bersama-sama walau tak bicara. Usahakan untuk tetap bersenggolan tangan atau kaki. Dan hindarilah punggung-punggungan, karena itu akan menjauhkan Anda berdua. 

2. Samakan Minat.
Jangan mengecilkan arti aktivitas yang dapat Anda kerjakan bersama pasangan. Jika belum punya, menurut Goulston, pasangan yang bahagia biasanya mengusahakannya. Namun pada saat yang sama, tetaplah memelihara minat pribadi Anda. Dengan begitu Anda akan semakin menyukai pasangan Anda tanpa menjadi tergantung. 

3. Jalan Bergandengan.
 Pasangan bahagia akan merasa nyaman jika berjalan sambil bergandengan tangan atau bersebelahan, ketimbang satu di depan, satu di belakang memandangi punggung. Rasanya memang aneh bagi yang tak biasa. Canggung memang, mungkin saja Anda malu untuk menunjukkan kemesraan di muka umum. Untuk itu tepis saja rasa malu, toh dia pasangan sah Anda. Cobalah !. Sekali mencoba pasti Anda akan keterusan. Dan rasakan sensasinya. Hati Anda berdua pun terasa makin lekat.

 4. Cari Sisi Positif.
Goulston menyarankan Anda untuk tidak mencari-cari kesalahan pasangan Anda. Pusatkan perhatian pada apa yang dilakukannya secara benar, bukan pada yang salah. Gampang memang bagi Anda untuk menemukan hal keliru yang dia lakukan. Anda pun sama juga selalu bisa menemukan hal benar. Jika dua-duanya mudah, mengapa Anda tak mencari hal yang benar. Karena itu akan membantu Anda membangun keharmonisan rumah tangga. Kata Goulston, pasangan bahagia lebih memilih sisi positif. 

5. Saling Memaafkan
 Itu juga bagian yang harus Anda perhatikan. Rumah tangga tanpa kepercayaan, sama saja dengan meniti petaka. Jadi, buatlah kepercayaan dan memaafkan sebagai pegangan baku dalam hubungan Anda. Kata Goulston, jika pasangan bahagia bertengkar atau berbeda pendapat dan tak bisa menyelesaikan, mereka akan mengutamakan rasa percaya dan memaafkan satu sama lain, bukan rasa tidak percaya dan tanpa ampun. “Rasa aman berbicara tentang ketenangan batin. Seorang suami dapat merasakannya ketika ia tahu istrinya mempercayai dia dan komitmennya terhadap pernikahan mereka,” kata David dan Teresa Ferguson dalam bukunya *More Than Married*. Sedangkan rasa aman yang mungkin dirasakan istri, datang saat sang suami menolongnya lepas dari ketakutan lewat kata-kata penghiburan yang menenangkan dan penuh kasih. Komitmen terhadap pasangan dapat dikomunikasikan melalui dukungan yang sejati dan pujian yang tulus. 

6. Saling Berpelukan.
Saling berpelukan segera setelah bertemu sepulang kerja. Kulit kita, kata Dr. Goulston, memiliki memori tentang ‘sentuhan baik’ (cinta), ‘sentuhan buruk’ (pelecehan) dan ‘tanpa sentuhan’ (penolakan). Pasangan yang saat bertemu langsung berpelukan berarti memelihara ingatan kulitnya dengan ‘sentuhan baik’ dan memberi kehangatan.

 7. Katakan Cinta.
Jangan ragu untuk mengatakan cinta pada pasangan Anda. Ungkapkan saja, “Aku cinta padamu” atau bentuk perhatian lain, misalnya dengan mengatakan, “Baik-baik ya” pada pagi hari. Itu merupakan cara hebat untuk mendapatkan kesabaran dan toleransi menghadapi dunia luar yang tak teratur dan semrawut. Selain itu juga untuk meyakinkan pasangan bahwa Anda mencintai dia, juga wujud perhatian Anda.

 8. Ucapkan Salam.
Satu kata lagi yang kadang Anda lupa adalah salam menjelang tidur. Ucapkan “Selamat malam sayang” setiap malam menjelang tidur. Malah akan lebih berkesan jika ditambah dengan kecupan. Itu harus rutin Anda lakukan setiap malam, apa pun kondisi Anda. Tak peduli bagaimana perasaan Anda. Menurut Goulston, hal itu akan mengingatkan pasangan Anda bahwa betapa pun Anda sedang marah tetap ingin bersamanya. Artinya, apa yang Anda berdua miliki lebih penting ketimbang kemarahan satu hari itu. 

9. Membaca Hati.
Bacalah cuaca hati pasangan Anda setiap saat. Usahakan untuk berbicara dengannya di sela-sela kesibukan kerjanya, dengan demikian Anda bisa menyesuaikan diri dengan suasana hatinya setelah bertemu. Tentu saja itu untuk menghindari konflik yang mungkin bisa terjadi. Memang sakit hati, kejengkelan, dan kebutuhan-kebutuhan yang tak bisa Anda penuhi, adalah hal-hal yang tak dapat dihindarkan dalam setiap hubungan dekat. Bahkan sepulang dari berbulan madu, hal-hal yang terjadi dalam keseharian dapat memunculkan kejengkelan-kejengkelan. Ya, pernikahan memang dua pribadi tak sempurna yang bertekad menjadi satu dalam kedekatan yang permanen. Wajar jika muncul konflik. David dan Teresa Ferguson dalam bukunya *More Than Married* mengatakan jangan pernah berpikir bahwa dapat memiliki hubungan yang intim tanpa mengalami konflik. Namun usaha penyelesaian konflik yang benar dapat menambah keintiman dan mendatangkan kedamaian dalam pernikahan. Mengapa ?, “Karena hal ini membuat pasutri sama-sama merasa aman,” kata mereka. 

10. Bangga Bersama.
 Anda harus merasa bangga terlihat bersama pasangan Anda. Itu akan membahagiakan dia. Pasangan yang bahagia senang bisa bersama-sama. Menurut Goulston biasanya itu ditunjukkan dengan sentuhan tanda sayang di antara mereka. Misalnya gandengan tangan, rangkulan, pelukan, elusan. “Bukan mau pamer, tapi hanya ingin mengatakan bahwa mereka saling memiliki,” kata dia.

 Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang sudah memiliki pasangan setia/menikah dan juga menambah wawasan bagi para pembaca yang akan memasuki gerbang pernikahan. Semoga bahagia dan langgeng selalu. Aamiin.

25 comments:

  1. Wah kerend :D Pertmaxx aja deh yah :D

    Absen maaf telat yah :D baru baca

    ReplyDelete
  2. mampir mbak, postingan yang bagus dan bermanfaat, linknya blog ini udah sy pasang, jgn lupa pasang balik ya..he he..thx

    ReplyDelete
  3. intinya selalu ada kebersamaan diantara kedua pasangan, seiya sekata dan apabila ada perbedaan maka menyikapi dengan hati lapang dan penuh pengertian adalah sifat2 yang didambakan setiap pasangan hidup

    makasih mbak atas dan sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Postingan yang sangat mengesankan sekali :)

    ReplyDelete
  5. sip banget mbak artikelnya...menginspirasi setiap pasangan tuk selalu mengerti satu sama lain
    salam sukses selalu mbak

    ReplyDelete
  6. bagus mbak artikelnya :D
    sukses ya..

    ReplyDelete
  7. Tips yang sangat bermanfaat sob, thanks ya :)

    ReplyDelete
  8. Tips-nya sangat berguna nih mba...
    Keharmonisan memang dambaan setiap pasangan tapi dalam prakteknya tips-tips diatas untuk saat-saat awal memang agak susah dijalani. Tapi ketika sudah menjadi kebiasaan semuanya kan berjalan indah.....

    ReplyDelete
  9. Jika tiap pasangan bisa menrapkan 10 tips diatas, saya yakin akan mengurangi jumlah perceraian yang terjadi. Serta bisa membuat rumah tangga menjadi sakinah, mawaddah wa rohmah...

    Artikel yg bagus buat pasangan suami istri ini sist :)

    ReplyDelete
  10. selalu berbahagia dg pasangan
    inilah indahnya suatu harapan
    bila benar2 bisa mewujudkan

    tips yang cantik :)

    ReplyDelete
  11. Bersama dan bersama . saling melengkapi. point2 di atas lengkap banget mbak

    praktekan :D


    salam dan suport dari duniasharing

    ReplyDelete
  12. waaah , sangat berguna.
    tapi kayaknya untuk sekarang ini belom berguna
    ( bilang aja jomblo )
    kekeke :D

    ReplyDelete
  13. Sangat bermanfaat. Kalau dilaksanakan, pasti jadi happy couple :)

    ReplyDelete
  14. tips yang sangat menarik dan bila dilaksanakan secara konsisten .... hidup akan lebih berwarna.

    ReplyDelete
  15. wkwkw, wah kalo baca yang beginian jadi ingat mantan nih :( . But ini bisa menjadi pelajaran buat kedepannya , makasih sharenya mba

    ReplyDelete
  16. Tips ini sangat berguna untuk kita semua..
    untuk kebahagian didalam keluarga..

    ReplyDelete
  17. wah ok nih tips,tpi ma tergantung manusi nya aja ,

    ReplyDelete
  18. tipsnya bagus juga nih.....
    lumayan bwt pelajaran kelak....

    ReplyDelete
  19. Sangat bermanfaat mbak,Bisa di terapkan nanti kalau sudah punya keluarga sendiri hehehe..

    ReplyDelete
  20. thanks info nya agan

    ReplyDelete