Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Mengatasi Gula Darah Yang Tinggi


Apakah arti gula darah itu? Menurut ilmu kedokteran, gula darah adalah kadar glukosa dalam darah. Tingkat glukosa serum diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal memang cukup sulit, karena banyak hal yang mempengaruhi. Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kadar gula darah tinggi.

Kadar gula darah yang tinggi tidak hanya dipengaruhi oleh makanan, karena demam atau stres dapat meningkatkan gula darah meskipun sementara. Ketika kadar gula darah tinggi biasanya muncul perasaan cemas atau menyalahkan diri sendiri.

Berikut 6 hal yang dapat dilakukan ketika gula darah terlalu tinggi seperti dikutip dari Health, Kamis (2/2/2012) antara lain:

1. Tes gula darah sebelum makan dan 2 jam setelah makan
Tes ini dapat untuk mengetahui seberapa baik obat mengendalikan gula darah. Tes ini juga akan menjelaskan jenis makanan yang meningkatkan gula darah dan dengan demikian harus dihindari.

2. Mencari pola
Jika gula darah tinggi di pagi hari pada satu saat, hal tersebut bukan merupakan masalah besar. Jika terus terjadi, dengan peningkatan cukup bermakna. Ketika terjadi peningkatan gula darah yang cukup sering, maka hal yang terpenting adalah mencari pola.

Kalau gula darah tinggi setiap pagi, mungkin berarti hati memproduksi terlalu banyak gula pada malam. Kondisi ini membutuhkan obat baru atau obat tambahan.

3. Membuat beberapa perubahan kecil
Mungkin dapat mencoba untuk mendapatkan lebih banyak olahraga, atau membatasi karbohidrat.

4. Meninjau ulang makanan dan minuman yang telah dikonsumsi
Ketika mendapati pemeriksaan gula darah cukup tinggi, maka perlu meninjau ulang makanan atau minuman yang telah dikonsumsi. Setelah menemukan hal yang mungkin menjadi pemicunya, maka sebaiknya menghindari makanan tersebut.

5. Tenang
Tidak hanya makanan atau minuman yang dapat meningkatkan gula darah. Gula darah dapat meningkat ketika seseorang sedang memiliki banyak stres. Maka ketika mendapati pemeriksaan gula darah sedang tinggi, sebaiknya lebih santai dan rileks.

6. Pertimbangkan untuk konsultasi dengan dokter
Jika berpikir telah melakukan banyak cara untuk mengendalikan kadar gula darah, namun tidak berhasil. Sebaiknya konsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat-obatan tertentu sesuai yang diresepkan.


Apa itu Diabetes Dan Diabetes Melitus?
Diabetes adalah penyakit progresif dari waktu ke waktu, sel-sel beta dalam pankreas yang memproduksi insulin dapat berhenti membuat insulin. Dokter akan menganalisis lebih mendalam dan melakukan pengujian tambahan untuk mengetahui apakah ada masalah yang lebih besar

Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari: 4-8 mmol/l (70-150 mg/dl). Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan.


*Diabetes mellitus adalah penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah.
Meskipun disebut "gula darah", selain glukosa, kita juga menemukan jenis-jenis gula lainnya, seperti fruktosa dan galaktosa. Namun demikian, hanya tingkatan glukosa yang diatur melalui insulin dan leptin. 

Semoga artikel yang berisi informasi kesehatan ini bisa bermanfaat  bagi para pembaca serta meningkatkan kesadaran serta wawasan tentang kesehatan. Semoga Allah selalu melimpahkan kesehatan bagi kita. Aamiin Ya Robbal Alamin.

Happy Blogging For All..^_^







Referensi: Dari berbagai sumber

9 comments:

  1. wah keren nih gan :)
    oya gan tukeran link yuk, saya sudah pasang link agan di blog saya silahkan cek di http://anakgilaonline.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. tipsnya mantap mba sweethy ..
    tapi sepertinya ribet juga ya .. hehe

    ReplyDelete
  3. Sepertinya gula darah ini yang patut diwaspadai, karena penyakit ini sudah bukan lagi tren untuk orang tua. Tapi usia muda juga bisa terjangkit karena pola makan dan pola hidup yang buruk.. Terima kasih telah menjabarkan ilmu lewat artikel ini ya sist :)

    ReplyDelete
  4. sehat itu penting,,,
    read this
    http://all-storyfrom.blogspot.com/2012/02/benefits-of-spicy-food.html

    ReplyDelete
  5. arie5758 : Benar, penyakit ini memang harus diwaspadai oleh semua kalangan, baik muda ataupun tua. Harus mengatur pola makan dan menjaga kesehatan. Thanks komentarnya friend.

    @ Anwar: iya sehat adalah harta yang berharga dan harus dijaga. Thanks..:)

    @ Momod: Insya Allah ga ribet, yang penting jaga kesehatan dan pola makan serta hidup sehat.

    ReplyDelete
  6. sekedar nambahin....aku pernahdenger komentar ahli gizi tentang penyakit ini. makanan yang memiliki glukosa paling tinggi dan perlu dihindari bagi penderita diabetes adalah wortel dan daun pepaya yang biasa dimakan dikonsumsi sebagai lalapan. btw jangan lupa oleh-olehnya diambil Disini mbak...

    ReplyDelete
  7. wah tips yang sangat bagus sekali nich..
    saya bisa mengecek gula darah kita..

    ReplyDelete
  8. wah ini sangat membantu ea buat orang yg terkena gula,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete