Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Selektif Dengan Makanan/Minuman Agar Sehat


Apakah kita suka dengan makanan cepat saji atau makanan di dalam produk kemasan kaleng?, Jika jawabannya iya atau suka, maka sebaiknya kita  harus berhati-hati, karena makanan ini tidak baik bagi kesehatan kita. Kita harus benar-benar selektif dan memperhatikan dengan seksama, apakah benar makanan ini bermanfaat bagi kita atau tidak.

Ada seorang pakar nutrisi dan diet bernama Katherine Broking menyatakan bahwa ada banyak makanan yang kedengarannya menyehatkan, tetapi dibalik semua itu makanan itu malah tidak baik bagi kesehatan atau tubuh manusia yang mengkonsumsinya, misalnya saja salad, muffin serta makanan bebas lainnya.

Brooking juga mengungkapkan beberapa makanan yang terdengar menyehatkan tubuh, tetapi kenyataannya malah berbahaya dan merugikan kesehatan.hal ini dilansir dalam FoxNews, 6/2/2012. Makanan/minuman tersebut adalah sebagai berikut:
 
1. Salad Olahan
Salad olahan dari tuna, ayam dan udang seringkali sarat dengan lemak dan mengandung banyak kalori karena kandungan mayonaise yang tinggi. Sandwich tuna mengandung 700 kalori dan 40 gram lemak. Pilihlah salad yang dibuat dengan mayonais rendah lemak dan pastikan porsinya tidak melebihi ukuran setumpuk kartu.

2. Roti Gandum Campuran
Roti gandum memang terdengar sehat, tetapi terkadang tidak banyak roti gandum yang tidak terbuat dari biji-bijian yang sehat untuk jantung. Roti gandum itu berani mencantumkan label mengandung 'biji-bijian' dan 'gandum', namun ternyata dibuat dengan biji-biji olahan, sehingga tidak mengandung gizi dari gandum utuh. Baca label nutrisi dengan hati-hati. Jika tepung dalam daftar bahan adalah tepung halus (refined), maka itu bukan 100 persen roti gandum utuh.

3. Selai Kacang Rendah Lemak
Selai kacang rendah lemak tidak selalu merupakan versi sehat dari selai kacang biasa. Selai kacang biasa dan selai kacang rendah lemak mengandung jumlah kalori yang sama, tetapi selai yang rendah lemak mengandung lebih banyak gula. Selai kacang biasa merupakan sumber alami lemak tak jenuh yang baik. Carilah selai kacang alami dengan daftar bahan yang tidak mengandung tambahan minyak.

4. Minuman Energi
Minuman energi banyak mengandung sirup jagung kaya fruktosa, ditambah gula, dan lemak jenuh penyumbat pembuluh darah arteri. Beberapa minuman energi mengandung sedikitnya 350 kalori lebih banyak dari porsi cemilan kebanyakan orang.

5. Muffin
Kebanyakan muffin dibuat dengan bahan yang sehat, namun masalahnya adalah porsinya. Beberapa muffin yang dijual di kedai kopi dan restoran banyak yang disediakan dengan porsi dengan kandungan lebih dari 350 kalori. Muffin di salah satu toko roti populer bisa mengandung 600 mg sodium, sekitar sepertiga dari batas maksimal sodium per hari. Makanan sehat jika dikonsumsi berlebihan dapat menjadi tidak sehat. Makanlah setengah porsi muffin dan simpan sisanya untuk sore hari.

6. Smoothies
Smoothies adalah sejenis jus yang dicampur dengan bahan-bagan lain seperti yoghurt atau susu rendah lemak. Smoothies porsi besar diberi tambahan gula, es krim, dan dapat menambah kalorinya menjadi sangat tinggi.

Ingatlah untuk selalu menghitung kalori yang akan diminum ketika mempertimbangkan apa yang telah dikonsumsi dalam sehari.

7. Kalkun Kemasan
Kalkun adalah sumber protein tanpa lemak dan pilihan yang baik untuk makan siang atau makan malam. Sayangnya, irisan kalkun kemasan sarat dengan natrium. 2 ons kalkun kemasan mengandung hampir sepertiga dari asupan maksimum natrium harian. Pastikan membeli kalkun kemasan rendah sodium atau pilihlah kalkun yang segar. Usahakan mengkonsumsi kalkun kemasan yang mengandung sodium kurang dari 350 miligram tiap 2 ons.

8. Makanan Berlabel 'Bebas Lemak'
Bebas lemak tidak berarti bebas kalori. Hanya karena tidak mengandung lemak, bukan berarti baik untuk kesehatan. Ada banyak makanan yang sangat sehat dan bebas lemak, seperti buah-buahan dan sayuran. Kalori, natrium, serat, vitamin dan mineral adalah nutrisi lain yang harus dipertimbangkan selain lemak.

9. Kentang Panggang dari Restoran
Kentang panggang utuh sangat menyehatkan. Kentang kaya vitamin C, kalium, dan serat. Kentang panggang berukuran sedang mengandung sekitar 160 kalori. Namun jika makan di luar, jangan menganggap bahwa kentang panggang adalah pilihan yang sehat.

Banyak restoran menyediakan kentang panggang yang banyak mengandung mentega, krim keju, daging, dan bahan lain yang dapat menambahkan kalorinya hingga sekitar 600 kalori dan 20 gram lemak.

10. Minuman Olahraga
Minuman olahraga memang mengandung elektrolit penting, seperti kalium dan natrium, yang diperlukan dalam olahraga yang intens atau pelatihan daya tahan. Namun, minuman ini tidak diperlukan pada aktivitas ringan. Kebanyakan minuman olahraga mengandung 125 kalori lebih tiap 20 ons. Untuk aktivitas sehari-hari, pilihlah air putih atau minuman bebas kalori untuk menghindari dehidrasi.

Demikianlah bahasan kali ini tentang makanan/minuman yang terdengar menyehatkan, namun faktanya tidak menyehatkan. Semoga kita bisa selektif dan bisa memilih makanan/minuman yang benar-benar menyehatkan bagi kita. 





27 comments:

  1. lagi lagi disuguhin menu sehat nih dari mbak sweethy....mantap dan penuh ilmu dolan disini.... selamat juga ya mbak yg dapet PR 2...makin mak nyusss aja blog mbak nih

    ReplyDelete
  2. Kunjungan siang mbak
    wow ternyata minuman olahraga berelektrolit juga bahaya

    ReplyDelete
  3. seneng ya kalo pola hidup kita udah sesuai kayanya ga akan sakit dech hehehe ^_^ amin

    ReplyDelete
  4. memang hidup harus teratur.setuju sekali tipnya tuh

    happy blogging

    ReplyDelete
  5. Menyimak dulu deh.. karena biasanya cuma asal makan. Bila perut lagi lapar, langsung menuju warung terdekat hehehehe...

    Sering mangkal disini, kelihatannya jadi bakalan tambah sehat nih. Makasih ya sist sudah share info makanan sehatnya :)

    ReplyDelete
  6. bagus ne infonya sis :D
    mungkin sebaiknya dengan ngurangin makan2an siap saji

    ReplyDelete
  7. @outbondmalang :Alhamdulillah, semoga infonya bermanfaat ya..

    @Megi Tristisan : iya muffin emang enak..hehe, tapi jangan makan terlalu banyak ya..:)

    @Kang Farhan : Selamat juga atas PR nya. Tetap smangat ya..

    @rizki_ris : iya , minuman elektrolit juga bahaya, harus hati-hati.

    @Iqbal Hafiz : Semoga kita bisa selalu menerapkan pola hidup sehat.

    @Kirim Cerita Mu : thanks ya kunjungannya.

    @Corolla78: Happy blogging juga ya friend

    @arie5758 : Thanks juga, mampir di blog mas arie juga asyik dan betah baca artikelnya.

    @RicHa Elf : betul banget sist, kurangin makan cepat saji, dan mending masak sendiri lebih aman.

    ReplyDelete
  8. Informatif banget.. :)

    thanks infonya sista ^_^

    ReplyDelete
  9. walah dalah, ternyata makanan yang selama ini dianggap sehat ternyata ngga menyehatkan toh, baru tahu saya..
    informasi yang bermanfaat :D
    salam hangat selalu dari Albab's Blog

    ReplyDelete
  10. @Albab : Iya, memang begitu kenyataannya, jadi semoga kita selalu waspada dalam menyantap makanan dan minuman agar kesehatan kita terjaga.

    ReplyDelete
  11. Saya suka makanan lokal saja. Gado-gado dan pecel. InsyaAllah sehat... :)

    ReplyDelete
  12. Terima kasih kawan atas share pengetahuannya ini...
    Follow sini juga kawan

    ReplyDelete
  13. Kita memang harus senantiasa menjaga kesehatan kita sendiri sahabat termasuk dalam hal menjaga makanan dan minuman seperti yang telah sahabat paparkan diatas...
    Follow sini sahabat 181

    ReplyDelete
  14. Makanan rumah lebih sehat dan hemat :)

    ReplyDelete
  15. wah mantap nih..joging k tempat sahabat dapat tips sehat..? tambah segar aja ni badan hahahyayyy makasih bgt sobat tips nya..??

    ReplyDelete
  16. info yang sangat bermanfaat sekali, selama ini kita hanya tahu hal2 positifnya saja dari iklan, thx sudah berbagi.

    ReplyDelete
  17. postingan yg menarik dan bermanfaat. saya suka. tks

    ReplyDelete
  18. untuk kesehatan kenapa tidak??
    demi kesehatan kita kita wajib/harus selektif memilih makanan/minuman yang kita konsumsi,karna setah itu mahal bukan??

    ReplyDelete
  19. ke 10 kta gori di atas sangat membantu kt ko

    ReplyDelete
  20. makanan yg sangat bervitamin nih?

    ReplyDelete