Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Kisah Penuh Hikmah Untuk Pembaca


Sebuah kisah hikmah Insya Allah akan memberikan kita sebuah inspirasi positif dalam menjalani kehidupan. Berikut ini adalah kisah penuh hikmah yang bisa kita ambil pelajarannya. Pada zaman dahulu ada seorang raja yang memiliki empat orang permaisuri. Namanya raja, tentu ia memilih wanita yang cantik-cantik sebagai permaisurinya. Hanya saja Sang Raja memperlakukan keempat permaisurinya secara tidak adil. Sang Raja mencintai permaisuri termudanya (yang nomor empat) dengan sangat berlebihan. Ia pun selalu berusaha memenuhi segala kebutuhan dan permintaan permaisuri termuda ini hanya untuk memenuhi hasratnya dan meraih cintanya. Sedangkan kepada permaisuri ketiga, Sang Raja juga mencintainya. Hanya saja Sang Raja merasakan, bahwa permaisuri ketiga ini terkadang meninggalkannya untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

Lain halnya dengan permaisuri kedua. Ia selalu menjadi tumpuan Sang Raja setiap menghadapi kesulitan. Ia pun selalu mendengarkan dan memperhatikan keluh kesah Sang Raja dalam setiap menghadapi kesulitan. Bahkan tidak jarang, permaisuri kedua ini seringkali terlihat merasa prihatin dengan kesulitan yang dihadapi Sang Raja, suaminya. Sedangkan permaisuri pertama dan tertua, Sang Raja tidak pernah memperhatikannya. Hak-haknya sebagai permaisuri pun tidak pernah dipenuhi. Kehidupannya terbengkalai akibat korban ketidakadilan suaminya terhadap permaisuri-permaisurinya. Padahal permaisuri pertama ini sangat mencintai Sang Raja. Dan dia pula yang berperan besar dalam menjaga kerajaannya.

Suatu saat, Sang Raja mengalami sakit keras. Ia pun merasakan bahwa ajalnya sudah di ambang pintu. Maut akan segera menjemputnya. Akhirnya Sang Raja berpikir, “Aku sekarang memiliki empat orang permaisuri. Sebentar lagi maut akan segera menjemputku. Aku tidak mungkin pergi ke alam kubur sendirian.” Demikian pikiran yang menggelayut di benaknya. Sang Raja memanggil permaisuri termudanya yang memang sangat dimanjanya, sehingga semua kebutuhan dan permintaannya selalu dipenuhinya. Raja berkata kepadanya, “Aku sangat mencintaimu melebihi permaisuriku yang lain. Aku telah memenuhi segala keinginan dan permintaanmu. Namun kini sepertinya ajal akan segera menjemputku. Sekarang aku bertanya kepadamu, apakah kamu rela bersamaku sebagai pendamping dan penghiburku nanti di alam kubur?”

Sang permaisuri menjawab, “Ini tidak mungkin terjadi.” Segera permaisuri itu meninggalkan Sang Raja yang tekulai lemas tidak berdaya itu tanpa menampakkan rasa kasih sayang sedikitpun. Lalu Sang Raja memanggil permaisuri ketiga dan berkata kepadanya, “Aku mencintaimu seumur hidupku. Sekarang ajalku sudah di ambang pintu. Bersediakah kamu menemaniku di alam kuburku nanti?” Permaisuri ketiga ini menjawab, “Tentu saja tidak. Hidup ini sangat indah. Dan setelah kematianmu, aku akan segera pergi dan menikah dengan laki-laki lain.”

Lalu Sang Raja memanggil permaisuri kedua dan berkata kepadanya, “Selama hidupku aku selalu mengadu dan mengeluh kepadamu dalam setiap kesulitan yang aku hadapi. Telah begitu banyak pengorbananmu untukku. Dan selama ini kamu selalu setia membantuku. Sekarang aku akan bertanya kepadamu, bersediakah kamu menemaniku di alam kubur nanti?” Dengan penuh perhatian dan lemah lembut, permaisuri ini menjawab, “Maafkan aku suamiku. Aku tidak mungkin memenuhi permintaanmu. Aku hanya bisa mengantarmu nanti sampai ke kuburmu.”

Setelah mendengar penolakan ketiga permaisurinya untuk menemaninya di alam kubur nanti, akhirnya Sang Raja merasa susah dan bersedih hati menghadapi detik-detik kematiannya. Tiba-tiba ia mendengar suara dari kejauhan berkata kepadanya, “Aku siap menemanimu di alam kuburmu nanti. Aku akan selalu bersamamu kemana pun kamu pergi.” Sang Raja melihat ke arah suara itu. Ternyata ia permaisuri pertamanya yang sudah kurus kering dan sakit-sakitan karena tidak pernah diperhatikan oleh Sang Raja, suaminya. Akhirnya Sang Raja merasa menyesal telah menelantarkan permaisuri pertama tersebut selama hidupnya. Sang Raja berkata, “Seharusnya selama ini aku memperhatikanmu melebihi permaisuriku yang lain. Seandainya masa lalu dapat kembali lagi kepadaku, tentu kamu akan menjadi permaisuriku yang paling aku perhatikan melebihi permaisuriku yang lain, karena pada saat-saat seperti ini, hanya kamu yang siap menyertaiku ke mana pun aku pergi.” Demikian Raja itu berkata kepada permaisuri pertamanya yang telah kurus kering dan sakit-sakitan akibat ketidakadilannya.

Sebenarnya, kita juga memiliki empat orang permaisuri. Permaisuri keempat adalah jasad kita. Bagaimanapun perhatian yang kita berikan terhadapnya, kita penuhi segala nafsu dan syahwatnya, jasad kita akan meninggalkan kita begitu kita meninggal dunia.

Permaisuri ketiga adalah kekayaan dan harta benda. Ketika kita meninggal, kekayaan dan harta benda kita akan meninggalkan kita dan segera menjadi milik orang lain.

Permaisuri kedua, keluarga dan teman. Berapa pun besar pengorbanan mereka kepada kita selama kita hidup, kita tidak dapat berharap kepada mereka ketika kita meninggal dunia, kecuali tidak lebih dari sebatas mengantarkan kita ke alam kubur.

Sedangkan permaisuri pertama adalah jiwa (ruh) dan hati. Kita tidak pernah memperhatikan jiwa dan hati. Selama ini kesibukan kita hanya untuk memenuhi syahwat kita sendiri, mengumpulkan harta dan memuaskan keluarga dan teman, padahal jiwa dan hati kita saja yang akan tetap menyertai kita nanti di alam kubur. 

Semoga Kisah hikmah ini bisa bermanfaat dan bisa kita petik pelajaran maupun hikmah di dalamnya.




65 comments:

  1. Subhanallah, kisah yang sangat bagus serta memberi pencerahan dan motvasi kepada kita agar selalu ingat pada Sang Pencipta kita. Dalam hidup kita tidak boleh hanya memikirkan keduniawian. Jadi harus ada keseimbangan antara dunia dan akhirat.

    ReplyDelete
  2. penyesalan tiada guna
    amal ibadah yang akan jadi teman setia

    sungguh menggugah hati artikelnya :)

    ReplyDelete
  3. artikel yang penuh hikmah, semoga kita bisa adil dan seimbang dalam memperlakukan "permaisuri2" kita

    ReplyDelete
  4. hikmah di balik kisah yang sangat memantik hati tuk selalu berbuat kebajikan... tidak lupa akan ibadah dan ikhtiar kepada Allah...
    terima kasih cerita hikmahnya mbak

    ReplyDelete
  5. Hikmah dari cerita ini sangat bagus sis..
    emang selama ini kita selalu berusaha memenuhi nafsu kita.tanpa peduli dengan ruh/jiwa kita

    sukses selalu sis :)

    ReplyDelete
  6. hello is my first time to visiting here, wow your blog so nice and beautiful, with that greats articles. i hope in this time we can make a friendship to see all the time if a new post articles.

    can we link xchange with my site?

    ReplyDelete
  7. Kunjungan malam sobat
    wah kisahnya mak jleb di hati mbak
    d^^b

    ReplyDelete
  8. sukkaaa bangettt~ makasi sis udah share

    ReplyDelete
  9. wah ceritanya bagus sekali...ada yng bisa himahnya..trimakasih...salam..

    ReplyDelete
  10. Saya pernah bawakan cerita ini sebagai prolog saat sesi renungan dalam pelatihan self motivation. Selain ceritanya bagus, makna yg tersirat begitu dalam. Org yg mendengar atau membaca cerita ini dg sadar, semestinya akan lebih mawas diri.

    Nice story sist... happy blogging :)

    ReplyDelete
  11. selalu hadir untuk menyimak...!

    ReplyDelete
  12. Terima kasih sudah berbagi kisah dan ceritanya kawand, bisa dijadikan untuk renungan sekaligus pelajaran hidu bagi kita semua.

    ReplyDelete
  13. wahhh ., cerita yang bagus kawan ., bisa jadi penggalaman hidup ni ., nicely :) ..

    ReplyDelete
  14. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  15. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  16. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  17. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  18. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  19. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  20. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  21. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  22. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  23. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  24. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  25. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  26. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  27. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  28. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  29. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  30. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  31. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  32. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  33. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  34. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  35. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  36. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  37. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    ReplyDelete
  38. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  39. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    ReplyDelete
  40. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  41. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    ReplyDelete
  42. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    ReplyDelete
  43. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  44. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    ReplyDelete
  45. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    ReplyDelete
  46. Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

    ReplyDelete
  47. artikel yg sangta bermanfaat mbak. mantap

    ReplyDelete
  48. Visit today,,, please follow me and comment to my post,, trims

    ReplyDelete
  49. artikel yang bagus mbak, membuat kita sadar, ternyata kita gak seimbang memperlakukan permaisuri kita.

    ReplyDelete
  50. wow,cerita yang sangat penuh hikmah sekali,masya allah,ternyata jiwa/roh/hati kitalah yang nanty menemani kita mati..

    ReplyDelete
  51. wah cerita yg me,nyentuh hti& penuh hikmah semoga orang2 bisa lebih sdar setelah membaca kisah ini .amin

    ReplyDelete
  52. wah,saya terharu juga nih tentang cerita nya ea?

    ReplyDelete
  53. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete