Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Resep Membuat Sayur Asem Yang Enak

Sayur asem adalah sayur yang terkenal di  masyarakat Jawa Barat (Sunda), Banten dan wilayah Jakarta. 

Sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini. Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Sering juga masakan ini disajikan dengan sambal. Masakan ini masih menyerupai tom yam, yang merupakan masakan Thailand, walau sayur asam lebih menggunakan sayur-sayuran daripada makanan laut.


Bahan:
2 sdm minyak goreng untuk menumis
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 btg serai, memarkan
200 gr labu siam, potong korek api
150 gr nangka muda, potong kecil-kecil
1250 ml santan dari 1 ½ butir kelapa
1 sdm air asam Jawa
5 bh tahu goreng siap pakai
10 lidi kacang panjang


Bumbu Halus:
4 bh cabai merah
6 bh bawang merah
2 siung bawang putih
3 btr kemiri, sangrai
garam secukupnya


Pelengkap:
5 bh lontong, potong-potong
telur balado
kerupuk kanji
bawang goreng


Cara Membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum.
2. Tambahkan labu siam dan nangka muda, aduk sampai layu.
3. Tuangkan santan dan air asam Jawa kemudian masak sambil sesekali diaduk-aduk sampai bumbu meresap dan sayur matang.
4. Masukkan tahu goreng, aduk perlahan dan biarkan tahu terendam kuah sayur. Masak sekitar lima menit lalu angkat.
5. Tata potongan lontong ke dalam mangkuk hidang, sirami sayur asem, taruh telur balado, taburkan kerupuk dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat.


Untuk 5 porsi


Tips:
- Masukkan bahan lain setelah tumisan bumbu halus benar-benar matang agar bumbu tidak bau langu.
- Masak bumbu sambil diaduk hingga mendidih agar santan tidak ­pecah.
- Jika Anda ingin membuat sayur asem tanpa santan, tambahkan udang dan peroleh rasa asam dari nanas. 

Selamat Mencoba Resepnya. Dan Coba juga Resep Yang Lainnya. Terimakasih





28 comments:

  1. Ane suka yang namanya sayur asem, mau coba masak sendiri ah,maksih resepnya mbak amore

    ReplyDelete
  2. mantep niiii di hari yang panas ini enaknya makan sambil makan sayur asem

    ReplyDelete
  3. Wadduuuh... perut lagi laper, malah liat ginian. Sayur asem kesukaan saya sist, apalagi dikasih ikan asin dan sambal pedas.. maknyosss deh :)

    Wah, terpaksa cari warung nih. Belum nyampe rumah soalnya... hehehehe...

    ReplyDelete
  4. maknyosss... apalagi kalo ditambah sama ikan asin plus sambal terasi... nyummiii, bikin laper dah mbak^^

    ReplyDelete
  5. mantabs nih resepnya, saya suka dengan sayur asam

    ReplyDelete
  6. jadi kangen sayur asem, mamah, heheheeh

    ReplyDelete
  7. ini sayur yang paling saya demenin nich, jadi nambah laper aja nich, dari semalam lm makan, hahahhayyyy

    ReplyDelete
  8. Aduh pagi2 sudah di suguhin post masakan sayur asem hmmmmm jadi laper nih hehehe. jd inget klo ibu pas bikin sayur asem di rmh

    ReplyDelete
  9. hmmmmm.... yummy + ikan gabus asin + sambal (cleguk.. cleguk)

    ReplyDelete
  10. wah pas banget nih buat menu makan siang, sayur asam , segarnya hmmmmmmmmmmmmm

    ReplyDelete
  11. Sayur kesukaan saya tuh, makannya pake nasi anget, tempe goreng ama sambel...hmm,enak

    ReplyDelete
  12. Saya paling seneng ma sayur asem mmmmmmm nyami...Di lombok juga ada lo sayur asem, tapi klo dilihat dari rasanya kayaqnya beda so dicoba dulu ah catet resepnya suruh umi masakin hahahay

    ReplyDelete
  13. makash bu resepnya ..
    I love sayur asemm
    hhe

    ReplyDelete
  14. waduh, lg laper nih, eh ada sayur asem... kebetulan donk...

    ReplyDelete
  15. gambarnya aja kelihatan enak apa lagi kalo dimakan *_*

    ReplyDelete
  16. makanan sehari-hari drumah ne :D
    nice post sis :)
    ma'af baru bisa berkunjung..

    ReplyDelete
  17. hhmmmmmmm.....yummy.! plus sambal terasi..! mancap!

    ReplyDelete
  18. Sayur asam pake udang dan nanas...bisa dicoba nih :)

    ReplyDelete
  19. i love sayur asem so much, gak cukup semangkok....happy blogging

    ReplyDelete
  20. mantep tuh,, pingin nyoba buat..:D
    catatan:
    anak dibawah umur sperti saya dilarang masak beginiann, karna hanya menghabiskan bahan saja :D

    ReplyDelete
  21. wah saya sedot nich resepnya,karna suami saya sangat suka sekali dengan sayur asam,soalnya sayur asam itu cukup sulit membuatnya..

    ReplyDelete
  22. sayur asam sangat enk sekali,sy akan men,coba,nya tnks info nya?

    ReplyDelete