Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Solusi Untuk Rambut Berkutu.


Rambut berkutu sangat membuat kita tidak nyaman, bukankah demikian?, Rambut berkutu membuat kepala kita gatal dan rasanya ingin digaruk terus-menerus.  Sangat merepotkan, apalagi ketika kita sedang beraktivitas, hal itu membuat aktivitas jadi terganggu dan juga kita menjadi malu dengan rekan kerja kita. 

Orang yang kepalanya dihuni kutu selalu dianggap jorok dan tidak menjaga kebersihan rambut. Padahal, kutu kepala sebenarnya justru suka berkembang biak di kulit kepala yang sehat dan rambut yang bersih. "Jangan merasa malu kalau memiliki kutu. Kutu-kutu kepala lebih tertarik pada rambut yang bersih dan mengkilap, sehingga asumsi bahwa hanya orang-orang kotor yang memiliki kutu adalah salah.

Kutu kepala berukuran sebutir beras, telurnya kecil berwarna keputihan atau kecoklatan dan menempel pada helai rambut sekitar satu atau dua sentimeter dari kulit kepala. Meskipun tidak bisa melompat atau terbang, kutu dapat menyebar ke orang lain lewat kontak badan, tidur di ranjang yang sama misalnya. Kutu rambut juga dapat menyebar ketika pembawa kutu berbagi topi, pakaian, atau sisir.

Gejala paling umum dari kutu rambut ini adalah terasa gatal-gatal dikepala dan biasanya sering menggaruk-garuk kepala kalau suhu udara panas maka gatal tersebut semakin parah, adanya bintik-bintik pada rambut terutama pada pangkal rambut, Untuk memastikan bahwa kutu rambut bersarang dikepala kebanyakan orang memakain sisir bergigi rapat (serit). Cara yang paling mudah menggunakannya adalah dengan menggunakan kertas warna putih polos, taruh di atas lantai lalu sisir rambut kearah kertas putih tersebut. Biasanya kalau kutu memang ada dan tidak  lama kemudian, kutu akan terlihat jatuh ke kertas putih tersebut.


Orang tua dapat mencegah anak-anak dihingapi kutu. Periksalah rambut anak sekali seminggu. Meskipun merepotkan, tapi akan jauh lebih mudah untuk menangani kutu sedari awal daripada setelah kutu didiamkan selama satu bulan. Chow-Johnson merekomendasikan bahwa orang tua sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut ketika memeriksa kutu:
1. Dudukkan anak di wastafel yang diisi air hangat dan sisir rambut menjadi beberapa bagian secara teliti.
2. Semprotkan air pada bagian kecil rambut dan tarik sisir sampai ke ujungnya.
3. Bilas sisir dan bersihkan dengan handuk.
4. Ulangi proses ini sampai semua rambut di kepala anak telah diperiksa.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut:

1. Potong Rambut
Cara yang ini tergolong cara yang paling ampuh basmi sampai keakar dan rumahnya. Kutu tidak akan bersarang lagi di kepala anda karena rumahnya sudah ludes dimana lagi mau bersarang, namun cara ini saya sarankan hanya untuk pria saja untuk wanita jangan gunakan cara ini.

2. Sisit Bergigi Rapat (Serit)
Cara yang satu juga tergolong ampuh namun perlu proses yang lama. Agar cara ini lebih ampuh sebelum menyisir rambut terlebih dahulu basahi rambut menggunakan air cuka hangat (asam asetat) berkadar 5-10%. Air cuka hangat ini berguna agar kutu rambu lebih mudah terlepas dari rambut. Gunakan cara ini beberapa hari sampai anda rasa sudah tidak ada lagi kutu + telur-nya dikepala anda.


3. Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Kimia
Usahakan menggunakan pedikulisida yang berdaya racun rendah, sehingga tidak mengakibatkan sensitisasi, resorpsi dan iritasi. Bahan aktif pedikulisida yang terutama adalah insektisida jenis piretroid (permetrin, d-fenotrin, alletrin dll). Insektisida ini dapat merusak sistem saraf serangga. Namun menggunakan cara ini Kutu rambut tidak mati seketika oleh pemberian obat, namun beberapa saat kemudian. Karena telur kutu rambut terlindungi oleh cangkangnya, mereka sulit mati oleh pedikulisida. Saat ini tidak ada produk pedikulisida yang membunuh 100% telur kutu. Kutu-kutu rambut bisa kembali muncul setelah telur-telur yang bertahan menetas dan berkembang biak. Anda mungkin perlu mengulangi pemberian pedikulisida dalam 7-10 hari kemudian.


Hal Yang Perlu dingat adalah:


1. Jangan menggunakan pedikulisida secara berlebihan dan jangan mencampur penggunaan lebih dari satu produk. Gunakanlah sesuai instruksi agar tidak menimbulkan efek negatif bagi diri Anda dan tidak membuat kutu rambut resisten.
2. Jangan berkeramas menggunakan pedikulisida dengan air hangat karena pori-pori kulit kepala yang mengembang oleh panas dapat menyerap zat racunnya sehingga berbahaya bagi Anda.
3. Setelah penggunaan pedikulisida lebih dari dua kali dan kutu rambut tidak hilang, Anda mungkin perlu mengganti dengan jenis lain yang lebih efektif. Jangan terus memaksakan penggunaannya.


Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami:
Menghilangkan kutu rambut memang terbilang gampang-gampang susah, walau sudah banyak bahan kimia seperti yang saya uraikan diatas namun cara di atas memiliki efek samping bagi kepala Anda selain itu menggunakan bahan kimia tidak selalu ampuh. Nah ada lagi cara lain untuk membasmi kutu rambut yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti berikut:


1. Minyak kayu putih dan jeruk nipis. Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai anak Anda benar-benar bebas kutu.

2. Minyak kelapa. Minyak kelapa (Jawa: minyak klentik) dapat memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh mereka dengan membuat lemas dan dehidrasi. Sewaktu anak mau tidur, tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya dan remaslah rambut seperti berkeramas. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik dan tidurkan anak. Di pagi hari, basuh kepala anak untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut. Periksa kembali rambut anak dan ulangi hanya jika diperlukan.

3. Cuka Putih. Cuka putih tidak membunuh kutu, namun efektif membuat telur-telur kutu mudah lepas dari cengkeramannya di rambut. Selain itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala. Basahi kepala dan kulit kepala anak dengan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit agar cuka meresap dan bekerja. Sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Telur-telur yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan dengan mudah berlolosan. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai anak Anda bebas kutu rambut


Kutu kepala tidak menularkan penyakit, tetapi membutuhkan darah untuk bertahan hidup. Kutu kepala dapat menyebabkan gatal, terutama di bagian belakang telinga dan tengkuk, dan menyebabkan benjolan pada leher. Orang yang kepalanya dihuni kutu juga bisa merasakan adanya gerakan di kulit kepala. Kutu kepala harus diobati secara efektif untuk mencegahnya kembali. Mandi air panas dan sampo yang keras tidak akan menyelesaikan masalah. Orang tua yang menemukan kutu atau telur kutu harus memeriksa semua orang di rumah, juga mencuci semua seprei dan handuk dalam air panas.

Benda yang tidak dapat dicuci harus disegel dalam kantong plastik selama setidaknya 72 jam. Jok mobil, ransel dan jaket juga harus dibersihkan. Telur kutu biasanya menetas dalam waktu 8-9 hari, bertumbuh besar menjadi dewasa dan mencari pasangan untuk menghasilkan lebih banyak kutu. Jadi, menargetkan untuk membasmi kutu hidup belum menyelesaikan masalah, telur kutu juga harus dibasmi.

"Setelah kutu kepala anak dibersihkan, anak masih rentan terkena kembali selama enam minggu. Jadi saya sarankan untuk terus menggunakan produk anti-kutu setiap minggu dan memeriksa kutu setiap hari," kata Chow-Johnson. Mangga, rosemary dan minyak pohon teh telah diketahui berkhasiat mengusir kutu. Menggunakan produk beraroma bahan tersebut dapat membantu mencegah kutu datang kembali.

Semoga informasi kesehatan rambut ini bisa bermanfaat, dan membuat rambut kita bebas dari kutu yang mengganggu.



33 comments:

  1. Wah, ternyata ribet banget yah,.
    lebih baik mencegah nih, daripada mengobati... :D

    ReplyDelete
  2. boleh dicoba nih, moga ndak kutuan :D
    follow blognya sobat janga lupa follow balik ya ;)

    ReplyDelete
  3. Semoga saja rambut bisa bersih dan bebas kutu, sehingga aktivitas berjalan lancar.

    ReplyDelete
  4. terimakasih untuk infonya
    untungnya saya ga kutuan :P

    ReplyDelete
  5. Tips yang bagus dan bermanfaat kakak, n follow back success !

    ReplyDelete
  6. artikel nya keren. salam kenal ya?

    http://farhan-z.blogspot.com/2012/02/internet-sehat-for-mefor-you-and-for-us.html

    ReplyDelete
  7. semoga ajha rambut saya gak punya kutu

    heheh

    salam kenal

    ReplyDelete
  8. kutu emang menjengkelkan. Tapi kenapa banyak rambut wanita yang kena kutu rambut. Itu karena wanita kalau mandi, jarang keramas. Keramasnya beberapa hari sekali. Kalau mandi, rambutnya sering ditutup plastik anti air kan?

    ReplyDelete
  9. link udah saya pasang, sering-sering kunjungan ya gan dan komentarnya

    ReplyDelete
  10. solasinya di potakin ajja tante,,,hhhhhhhh mampir yua,,

    ReplyDelete
  11. hahayyy...untung aja anak saya gak kutuan...heheheh

    tips yang hebat dan lengkap mbak, makasih ya :)

    ReplyDelete
  12. wah, lengkap banget tipsnya, alhamdulillah rambut ngga kutuan, kalau kutuan ntar aku coba deh solusinya ^^

    ReplyDelete
  13. kalo rambut saya berkutu langsung cek artikel ini dah !
    nice share :D

    ReplyDelete
  14. berkunjung sambil memberikan salam hormat

    ReplyDelete
  15. Kunjungan malam mbak, dulu waktu SD sering banget kutuan ketularan teman- teman soalnya SDku dulu di desa mbak
    hehehe
    Untung ibuku orangnya telaten nyari kutu di kepalaku
    heehehee

    ReplyDelete
  16. Kunjungan malam mbak
    Saya dulu waktu SD kutuan
    hehehe
    untung ibuku orangnya telaten nyari kutu di kepala
    Nice info mbak

    ReplyDelete
  17. Informasi yang sangat bagus buat para pemelihara kutu...lengkap banget mba...pengalaman ya hehe

    ReplyDelete
  18. waah sangat spekulasi sekali tips nya..
    info yang sangat bagus sekali..

    ReplyDelete
  19. waah cocok banget ni buat ke ponakan sy,yg bnk kutu nya

    ReplyDelete
  20. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang solusi untuk rambut berkutu adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... teruslah berbagi informasi

    ReplyDelete
  21. Saya dulu pernah kutuan tapi sekarang sudah bersih, namun ada teman saya yang kutuan .. saya jadi takut tertular :| walaupun setiap hari sudah saya cek rambut tapi tetep saja takut

    ReplyDelete
  22. Wоω that ωas unusual. I juѕt wrote an incredibly
    long comment but after Ӏ cliсked submit mу commеnt didn't show up. Grrrr... well I'm
    not wrіting all that over again. Anywaуs, just wаnteԁ to ѕay wonderful blog!


    Here іs mу web site; bucket trucks
    My blog post - bucket trucks

    ReplyDelete
  23. Еxcellent blog here! Alѕо your sitе lοaԁs up veгy fast!
    Whаt host arе you using? Can I get
    your affilіatе link to your host?
    I ωish my wеb site loaded up as quiсklу as yours lol

    Feel free to visit my page; irving taxicab

    ReplyDelete
  24. I am sure this piece οf writing has touched
    all the internеt people, іts reаlly really faѕtidious paгagraph on building
    up new blog.

    Feel free to vіѕit my page how to buy cars at an auction

    ReplyDelete
  25. Pleaѕe let me κnow іf you're looking for a writer for your site. You have some really good articles and I think I would be a good asset. If you ever want to take some of the load off, I'd loνe to wгіte some material
    foг yоur blοg in exchange for a link
    baсk to mine. Plеаse blast me an email іf inteгеsteԁ.
    Κudos!

    Alѕo visіt my ωeblog; buynsellcarsforprofit.com

    ReplyDelete
  26. I am reallу lovіng thе themе/desіgn of your wеb site.
    Do уοu ever run into any internet
    bгowser compatibility isѕues? A number of my blog
    auԁіence havе cοmplaіned
    about my blog nοt oρerаtіng coггectly
    in Exρlorег but looks gгeat in Opera.
    Do you have any suggeѕtiоns to help fix this issue?



    Lоok аt my web blog - http://Www.page1rankingdallas.com/

    ReplyDelete
  27. Ηey I knοw thіѕ іs οff topic but Ӏ
    wаs wondeгіng if you knew of аny ωіdgets I could аdd to my blog that
    automaticаlly tweet mу newest tωittеr upԁates.
    I've been looking for a plug-in like this for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this. Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your blog and I look forward to your new updates.

    my site; dallas seo company 1

    ReplyDelete
  28. We're a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your site provided us with valuable information to work on. You have done an impressive job and our whole community will be thankful to you.

    Here is my weblog; house for lease uptown dallas tx

    ReplyDelete