Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Khasiat Minuman Jahe/Wedang Jahe


Jahe sangat berkhasiat bagi kesehatan dan stamina tubuh manusia. Biasanya minuman atau wedang Jahe ini diminum dikala suasana dingin dan sejuk, misalnya saat musim hujan (udaranya dingin). hal itu bertujuan untuk menghangatkan badan. Manfaat lain minuman jahe ini sangat ampuh untuk mengempeskan perut buncit jika minuman atau wedang jahe ini diminum sebelum makan, karena jahe efektif untuk melancarkan pencernaan kita sehingga perut tidak buncit alias gede perut (GP ).

Mengapa perut bisa menjadi buncit?, Itulah pertanyaan yang sering saya dengar. Lemak menumpuk di daerah perut karena berbagai alasan, seperti makan berlebihan, pengurangan hormon terkait usia, kurang olahraga dan stres. Konsumsi jahe atau Zingiber offinale bisa membantu mengurangi lemak berbahaya di bagian perut.

Jahe dapat mengurangi nafsu makan melalui efek regulasi terhadap gula darah dan serum kolesterol. Sebuah artikel yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition tahun 2006, menunjukkan bahwa jahe memiliki efek pada regulasi gula darah, kolesterol dan lipid (lemak).

Beberapa iris jahe segar yang direbus dengan secangkir air dan dikonsumsi sebelum makan dapat merangsang pencernaan. Meski studi tersebut tidak konklusif, namun air hangat dapat meningkatkan manfaat wedang jahe, menurut Dr Susan Brown dalam artikelnya 'Ten Steps to Better Digestion', seperti dilansir Livestrong, Rabu (31/1/2012). Selain itu, jahe juga merupakan kelompok rempah-rempah yang dianggap sebagai stimulan, yang memiliki efek mirip kafein. Mengonsumsi 4 gram atau sekitar 2 sendok teh jahe per hari dapat meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan. Peningkatan tersebut membuat tubuh Anda lebih cepat membakar kalori dan meratakan perut.

Jahe juga hanya sedikit mengandung kalori, yaitu sekitar 1 kalori per gram, sehingga tidak akan berkontribusi untuk menaikkan berat badan.


Bagimana cara membuat wedang jahe? 
Ada beberapa cara membuat wedang jahe,
-pertama dengan memasukkan parutan jahe ke dalam cangkir yang kemudian di seduh dengan air mendidih diatasnya. 
-Cara lain dengan memasukkan irisan atau potongan jahe ke dalam panci berisi dan dididihkan hingga air berubah warna menjadi kuning keemasan.

Bagaimana menurut anda, apakah mau mencoba minuman ( wedang jahe) yang berkhasiat ini.  Bagi yang ingin merasakan khasiatnya, silahkan mencoba, dan lakukan hal ini secara rutin dan teratur agar perut kita ramping dan tidak buncit. Selamat mencoba...^_^






15 comments:

  1. saya termasuk penggemar jahe lho ..., btw nice posting sahabat

    ReplyDelete
  2. @BRI Jakarta Veteran : saya juga suka minuman jahe..berkhasiat bagi kesehatan dan mencegah flu serta banyak khasiat lainnya. Thanks ya sob komentarnya.

    ReplyDelete
  3. ide bagus tuch bikin wedang jahe tapi klo di bikinin sama ibu Sweethy Amore ! pasti lebih enak, hehehehhehe

    ReplyDelete
  4. wah saya senang nhe sob ama minuman ini... seger pas minumnya :)
    Absen siang sob

    ReplyDelete
  5. hahayyy...kalo saya suka kopi dicampur jahe sedikit...bisa bkin anget plus mata terang setelah kerja...palagi banyak hujan seperti sekarang... sip nih inpo jahenya mbak

    ReplyDelete
  6. @Megi Tristisan : hehe, buatan Megi juga pasti lebih enak dech..dijamin,hehe

    @Black Angel Syndicate : iya, enak apalagi kalo pas udara dingin, minuman ini pas untuk menghangatkan badan.Thanks.

    @ Kang Farhan : campur kopi, campur susu boleh aja dan tambah enak. thanks ya komentarnya.

    ReplyDelete
  7. apalagi saya tiap hari konsumsi susu jahe..he...he....betul nyaman enak di badan.
    saya mengalaminya...
    nice share

    ReplyDelete
  8. @corolla78: iya, saya juga, minum susu jahe bisa menambah stamina tubuh dan membuat semangat dalam beraktivitas. Thanks

    ReplyDelete
  9. Wah mantap sekalih nih sobat info kesehatannya,,, biar gak GP :-)

    terimakasih sharingnya

    ReplyDelete
  10. wah kasiatnya sangat bagus sekali yah..
    good tips n post..

    ReplyDelete
  11. wah ini mah sy suka bnget bisa menyembukan msuk agin ?

    ReplyDelete
  12. selain enak di minum ternyata manfaatnya sangat bagus buat kesehatan kita.

    ReplyDelete
  13. jahe emang sangat berguna sekali ea bisa menyembukan msuk angin juga bisa menghatkan badan,,kita

    ReplyDelete