Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Olahraga Relaksasi Mata Saat Di Depan Komputer


Siapa yang tak kenal yang namanya komputer?, Sepertinya komputer adalah teman yang sudah sangat akrab dengan kita. Bukankah begitu teman-teman?, Setiap hari mungkin ada orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer untuk melakukan aktivitas pekerjaannya sehari-hari. Ada pula yang menggunakan komputer untuk kegiatan seperti browsing, chatting, blogging dan lain sebagainya. Tapi tahukah kita bahwa berlama-lama di depan komputer tidak bagus untuk kesehatan mata. Mengapa demikian?, karena mata akan  menjadi mudah lelah, kering dan kepala menjadi pusing. Ini akibat pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat Anda bekerja. Bagi anda yang harus menjalani pekerjaan didepan komputer, 

Berikut ini merupakan Tips Mencegah Mata Lelah Didepan Komputer.

1. Jaga Jarak Pandang ke Monitor
Jarak pandang aman Anda ke monitor disarankan sekitar 20-40 inchi atau 50-100 cm dari mata. Jika Anda kesulitan membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inchi, cobalah memperbesar font hingga Anda merasa nyaman.

2. Beralih Ke LCD
Monitor tabung (CRT) akan memberi efek yang buruk dibanding LCD, karena energi yang dibutuhkan jauh lebih besar. Meskipun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT, tetapi ini akan berdampak baik bagi Anda untuk selanjutnya.

3. Atur Setting Monitor
Pre-set setting memberi level brightnes yang berbeda, ini menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Misalnya saat Anda bekerja atau internetan warna akan terasa sejuk di mata, lalu warna akan terlihat lebih terang ketika Anda bermain game atau nonton film.

4. Gunakan Kacamata Antiradiasi
Walau hal ini membutuhkan biaya lebih, namun ada baiknya saat Anda memiliki cukup uang untuk membeli kacamata antiradiasi. Faktanya lapisan anti-radiasi pada kacamata itu sangat berguna bagi mata Anda, karena lapisan itu secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya yang berlebihan.

5. Mengistirahatkan Mata Secara Berkala
Cara mudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata dengan perbandingan lima menit pada tiap jamnya. Anda bisa menggunakan waktu lima menit untuk berjalan-jalan, atau melihat sekeliling, yang penting menjauhkan mata dari monitor.


Penggunaan komputer baik di rumah dan di kantor menyebabkan seringnya muncul keluhan kelelahan dan ketidaknyamanan pada mata. Penelitian telah menetapkan bahwa monitor komputer hanya memancarkan radiasi berbahaya sedikit atau tidak ada, seperti sinar x atau sinar ultraviolet. Jadi, kelelahan tidak langsung disebabkan oleh paparan layar komputer melainkan oleh lingkungan sekitar layar komputer, seperti pencahayaan yang buruk atau posisi yang tidak tepat dari peralatan komputer dan furnitur komputer. Ketegangan yang berlebihan pada mata, dapat menyebabkan mata gatal atau terbakar, penglihatan kabur atau ganda dan sakit kepala. Semua gejala ini bisa menyebabkan frustasi, meningkatnya iritasi dan ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan seefisien mungkin.

Ada sejumlah cara lain  yang bisa kita lakukan untuk melindungi mata dari ketegangan dan kelelahan. dari informasi-informasi yang saya kumpulkan, olahraga relaksasi mata bisa membantu kelelahan pada mata saat berada di depan komputer. 

Pengguna komputer  cenderung lebih mengurangi tingkat berkedip saat bekerja dengan komputer. Kedipkan mata sesering mungkin untuk membasahi mata demi mencegah kekeringan dan iritasi. Semakin sering berkedip, semakin baik untuk mata Anda.

Inilah olahraga relaksasi mata untuk kita saat di depan komputer:

1. Lihatlah jauh dari komputer setidaknya 20 - 30 menit dan menatap sebuah objek yang jauh setidaknya selama 20 detik.

2. Tutup mata selama beberapa menit ketika pekerjaan Anda memerlukan input data yang berkepanjangan ke komputer.

3. Cobalah untuk memijat dan mengendurkan otot-otot di sekitar mata Anda sesekali.
Memperkuat otot mata dengan serangkaian latihan untuk mencegah ketegangan mata.

4. Setiap 30 menit, gosok telapak tangan satu sama lain sampai menjadi hangat dan tutup mata Anda, pastikan tidak ada cahaya yang masuk. Lakukan ini selama setidaknya satu menit, lebih lama juga boleh bila ada waktu. Latihan ini memberikan mata Anda istirahat dari cahaya komputer dan pandangan Anda pun akan jauh lebih jelas.

5. Ambil waktu istirahat untuk meregangkan sedikit dan memberi energi kembali. Bangun dari kursi dan berjalan-jalan singkat selama beberapa menit. Beberapa menit berjalan kaki tidak hanya akan memberikan mata Anda istirahat tetapi juga memberikan tubuh dan pikiran pun beristirahat.

 Semoga dengan olahraga relaksasi mata ini akan membuat mata kita nyaman saat menggunakan komputer. Demikianlah postingan Sweethy Amore pada hari ini. Selamat beraktivitas, Semoga aktivitas kita aman, lancar dan barokah. Aamiin.




40 comments:

  1. wow, infonya menarik mba sweethy ..
    cocok untuk saya yang setiap hari bekerja di depan komputer ..
    dan untungnya saya memakai monitor LED .

    bookmarked! :D

    ReplyDelete
  2. @momod : iya kalau sering di depan komputer, bagus pake monitor LCD. thanks udah bookmarked.

    ReplyDelete
  3. relaksasinya persis sama yg sering saya lakukan mba...


    makasih !!!

    ReplyDelete
  4. wah aku nongkrong tiap hari ni di depan compy. . . makasih ya tips nya. .

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas informasinya sangat membantu

    ReplyDelete
  6. kebetulan mampir dan baca artikel terbarunya mbak.saya akan coba praktekkan soalnya saya didepan komputer dari jam 7 pagi sampai jam 12 malam. artikel ini bermanfaat buat yang kerjanya memang nongkrongin komputer, makasih ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Dari pagi sampai sore, lalu dari sore sampai malam, selalu saja di depan komputer. itu yg aku jalani. sampai2 sang istri cemburu karena aku berpoligami dg makhluk bernama komputer. tentu amat berisiko bagi kesehatan mata. Alhamdulillah,tips dari sobat Sweethy Amore bisa jd alternatif untuk mengurangi risiko itu. thank's ya Sist.

    ReplyDelete
  8. wah.. postingan kita hari ini sama2 tentang mata ya sis, saya juga tapi temanya latihan untuk mata.

    ReplyDelete
  9. hahayyy...sip nih tips sehatnya...saya yang gak punya cuma kacamata anti radiasinya itu lho,,,,hehehehe... ngeblog jalan terus tapi selalu tak lupa memperhatikan kesehatan :)

    ReplyDelete
  10. 0o0o..macam tu..tp biasa sy jarang sakit mata, saya sakit belakang kalo mengadap komputer lama2..

    ReplyDelete
  11. Wah, nice info gan...
    Mmg ini salah satu masalah kita yg sehari2 bekerja dgn komputer....
    Thanks
    Blog Bisnis Internet

    ReplyDelete
  12. makasih tipsnya sist, ane juga perlu ni.. soalnya ane gak mau pake kacamata, makanya harus pinter ngerawat mata :D

    ReplyDelete
  13. Keren infonya. paling tdk artikelnya untuk mengingatkan kita semua. thanks infonya jeng. salam

    ReplyDelete
  14. Weee... :D Kerend :) Jadi lumayan buat kesehatan mata ku nieh :)

    Makasi :D

    :) Salam dari TiTi-Share[dot]BLOGSPOT[dot]COM
    Semoga tidak mengganggu :p

    ReplyDelete
  15. Sangat bermanfaat buat saya infonya :)

    thanks Ukhti sharenya ^_^

    ReplyDelete
  16. tips yang sangat bermanfaat..saya sangat menyukai

    ReplyDelete
  17. siip infonya sob...aku bs berjam-jam di depan komputer sdh pasti membaca, mata masih enak-enak saja...tapi kl baca buku lima menit saja sdh cape sekali ni mata..kenapa ya...sob..trimakasih..salam...

    ReplyDelete
  18. kunjungan malam . blog nya bagus visit me back n comment back trims .

    ReplyDelete
  19. wah tipsnya sangat bagus nich..
    keren abis..
    thanks udah saya terapkan,ini sangat bermanfaat sekali,,

    ReplyDelete
  20. waah mata aja ada olah raga nya bru tau sy????

    ReplyDelete
  21. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    ReplyDelete
  22. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    ReplyDelete
  23. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
  24. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  25. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  26. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  27. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  28. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  29. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  30. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  31. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  32. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    ReplyDelete
  33. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  34. ini sangat membantu kita,sob,,,,,,tips nya

    ReplyDelete
  35. wah terima kasih atas tips nya :D

    ReplyDelete
  36. Benar Tu mAs. Kita harus jaga mata dan banyak istrahat jika lelah. Mantap artikelnya mas.mksh ya mas

    ReplyDelete
  37. Mkasih artikelnya mas. Semoga bermanfaat banyak orang.Oke

    ReplyDelete