Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Bagaimanakah Awal Memulai Wirausaha?


Setiap individu diciptakan Allah SWT dengan kelebihan dan kekurangan. Mereka tidak ada yang sama dalam menentukan jalan hidupnya. Dalam urusan kehidupan untuk meraih kesuksesan, ada 2 pilihan yang bisa di tempuh, yakni merintisnya dengan berkarier atau malah melakukan wirausaha. Berkarier atau wirausaha adalah 2 pilihan yang layak dijalani saat ini. Namun sebaiknya, tetapkan berdasarkan kemampuan agar tak mengorbankan kehidupan dan masa depan.

Setiap orang pasti memiliki rencana dalam hidupnya. Salah satunya, tentang bagaimana ia akan menikmati hari tua kelak. Alternatif yang bisa dipilih? Dengan mengumpulkan cukup simpanan dana pensiun atau memiliki usaha sendiri yang cukup menghidupi. Namun adakalanya, tidak perlu menunggu hari tua untuk memulai usaha sendiri. Beberapa orang memutuskan untuk memiliki usaha sendiri ketika masih di usia produktif. Mana yang lebih tepat?

Berikut ada langkah langkah dan strategi tepat, bagaimana cara untuk memulai usaha sendiri atau berwirausaha :

1. Perlu membaca peluang yang bisa menjadi prospek masa depan.
Pada dasarnya yang dilihat dari sebuah pilihan berkarier atau wirausaha, bukan sekadar peluang. Peluang itu akan selalu ada. Tapi yang paling penting untuk diperhatikan adalah apakah peluang itu bisa menjadi prospek yang bagus untuk masa depan kita? Cara terbaik mengetahui pilihan yang tepat adalah dengan membuat pertimbangan peluang bisa memberikan prospek yang bagus bagi diri kita ke depan. Bila prospeknya bagus dan hal itu bisa terjadi, maka apapun pilihannya takkan jadi masalah.

2. Kita harus fokus pada tujuan awal
Sebelum memilih untuk berwirausaha, pahami bila pada setiap usaha pasti akan mengalami masa sulit. Tanamkan dalam pemikiran, usaha adalah proses. Di dalam proses tersebut, selalu ada saat yang bagus namun ada juga yang tidak bagus. Hal penting lain yang patut dicatat, selalu fokus pada tujuan di masa depan. Mungkin akan selalu ada goncangan kecil dalam perjalanan mencapai tujuan, tapi jangan sampai menghancurkan keyakinan. Apalagi hingga menghilangkan harapan pada tujuan di depan.

3.Waktu memulai usaha bisa kapan saja
Pilihan berwirausaha sebenarnya bisa dilakukan kapan saja. Apakah ketika masih di usia produktif, maupun ketika sudah memasuki masa pensiun. Mengenai penentuan kapan berwirausaha dapat dimulai, lebih cepat dimulai tentu lebih baik. Ingat, wirausaha adalah sebuah proses, bukan seperti bekerja dan menerima gaji secara langsung setelah 1 bulan kita menerima pekerjaan. Hasilnya baru akan dipetik setelah usaha membuahkan hasil dan keberhasilan itu datang tidak dapat diprediksi. Bisa cepat, bisa juga lambat. Tergantung bagaimana seseorang menjalani proses tersebut.

4. Mempunyai Asuransi Usaha
Semua kegiatan pasti ada risikonya, termasuk juga usaha. Dan, saat ini, Anda dapat memilih menanggung risiko itu sendirian dengan kekayaan pribadi, atau dengan meletakkan risiko tersebut ke orang lain dengan asuransi. Memang, pada dasarnya usaha tidak dapat diasuransikan, namun aset usaha sangat bisa diasuransikan.

5. Memiliki Jiwa Wirausaha, Kesungguhan Dan Disiplin.
Sebenarnya tidak ada patokan berapa besar modal uang yang dibutuhkan, tapi yang paling utama adalah modal kesungguhan dan disiplin menjalani proses. Namun, tidak mungkin bisa menjalankan usaha tanpa ada uang sama sekali. Tetap dibutuhkan perhitungan modal sebelum menjalankan usaha. Nah, besaran modal yang dibutuhkan tersebut sangat tergantung dengan jenis dan besaran usaha yang akan dijalankan. Kalau dimulai dari usaha yang kecil modal yang dibutuhkan juga kecil.


Demikianlah Informasi Bisnis yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Jangan takut gagal, karena dengan niat, doa dan usaha kita Insya Allah kita akan meraih kesuksesan di masa depan. pelajarilah baik-baik agar kita tidak mengalami kegagalan dalam berbisnis.



38 comments:

  1. Tekat itu yang pertama kawan untuk mengawali wirausaha ., dan jangan lupa disertai doa dan dukungan dari keluarga terutama ibu atau suami/istri., karena merekalah batu bara yang akan terus mebakar semngat hidup kita :) ..

    ReplyDelete
  2. Kerja keras dan kerja cerdas dan usaha/bisnis yang sesuai passion kita

    ReplyDelete
  3. @ Zona Ikan Kita : Betul sekali doa dan dukungan keluarga itu penting dan membuat kita semangat memulai usaha. Thanks sobat.

    @ anisa letter : Thanks ya friend.

    @ Aan : benar sekali, keberhasilan itu dilaksanakan dengan kerja keras dan cerdas. Semua butuh proses yang berkelanjutan, dan juga ga boleh patah semangat di tengah jalan. Thanks atas komentarnya pagi ini ya Mbak Anisa.

    ReplyDelete
  4. bermanfaat sekali nih,, menambah wawasan,,

    ReplyDelete
  5. Informasi yang sangat menarik kak

    ReplyDelete
  6. @Ayriy Zone : Thanks ya friend, semoga bermanfaat bagi yang ingin memulai jadi seorang Wirausaha atau entrepreneur sejati.

    @ Beast : thanks ya dex.

    ReplyDelete
  7. wah ini baru sip punya
    untukku dan semua
    yang mau mulai usaha
    jadi hilang keraguan yang ada :)

    ReplyDelete
  8. @anisayu : iya mbak, kita hilangkan keraguan yang ada di hati dan jiwa kita, terus melangkah untuk memulai usaha. Good Luck and Thanks ya :)

    ReplyDelete
  9. sper sekali arrtikelnya........:)
    Nice Share teman..........:)

    ReplyDelete
  10. @Spenza-Sumpiuh: Thanks ya friend:)

    @Lalan Falatansah : Thanks komentar dan kunjungannya.

    ReplyDelete
  11. Tips² nya jika dikumpulin bisa jadi buku panduan nih heheheh.... mantaps sist. Keep share ya..

    Dan saya doa-kan moga keinginannya jadi penulis novel dan novelnya bisa di filmkan bisa terkabul. Siapa tahu bisa bernasib seperti Habiburrahman :)

    ReplyDelete
  12. Linknya sudah terpasang sahabat,, silahkan di cek,,

    ReplyDelete
  13. @arie5758 : Aamiin Ya Robbal Alamin. Semoga Tipsnya bisa bermanfaat bagi pembaca.

    @Ayriy Zone : thanks sobat.

    ReplyDelete
  14. terima kasih atas panduan nya boz, sukses selalu

    ReplyDelete
  15. infonya bagus sekali..trimakasih..o ya..banner sdh terpasang..pasang juga bannerku ya...

    ReplyDelete
  16. jadi lebih semngat nih setelah baca artikel mbak sweet...tips yang kaya manfaat mbak...makasih info wirausahanya

    ReplyDelete
  17. eMm.. nambahin dikit ah, dalam berwirausaha harus menanamkan etika.. jangan sampai menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan..

    nice post sweethy.. :D

    ReplyDelete
  18. keren banget motivasi-ny... kykny ane harus sering2 berknjung kemari. banyak banget hal yg didapat di sini...

    thanks atas share-ny y sob and sukses selalu

    ReplyDelete
  19. wuih.....muantef nich bisa dijadikan rep....kalo berwira..thank dah share

    ReplyDelete
  20. Setuju dengan infonya.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  21. tulisanya Oke banget... :D bermanfaat

    ReplyDelete
  22. Have a Happy Weekend. Daily Support here.

    ReplyDelete
  23. absen malam sobat..follow sukses ke 193..di tunggu follow backnya..artikel yang bagus ini sobat..semoga kita smua bisa merealitasikannya di kehidupan nyata... :)
    salam

    ReplyDelete
  24. mantap artikelnya mbak... :)
    saya suka artikel yang berbau-bau bisnis...
    heheheh
    btw salam kenal y :)

    ReplyDelete
  25. info yang sangat menarik sekali..
    bagi yang ingin membuat usaha semoga dengan info ini bisa menjadi wirausahawan yang propesional..

    ReplyDelete
  26. boleh jga nih info nya ?bagi kamu yg ingin memulai wirausaha hrus baca blok ini ok?

    ReplyDelete
  27. Tipsnya bikin saya tambah semangat tuk mulai usaha... thanks

    ReplyDelete
  28. kalau anda yg ingi berwirausaha harus baca blok ini ea?

    ReplyDelete
  29. makasih info dan tipsnya...
    semoga sukses selalu

    ReplyDelete