Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Wanita Diciptakan Dari Tulang Rusuk Yang Paling Bengkok

Apakah penjelasan makna hadist dan makna "tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas". ?Disebutkan dalam sebuah hadits, “Berbuat baiklah kepada wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, sedangkan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas,”

Ini adalah hadits shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim di masing masing kitab Shahih mereka, dari Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam. Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik.” (HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)

Ini adalah perintah untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan hak-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam, “Berbuat baiklah kepada wanita.”

Hal ini jangan sampai terhalangi oleh perilaku mereka yang adakalanya bersikap buruk terhadap suaminya dan kerabatnya, baik berupa perkataan maupun perbuatan karena para wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, sebagaimana dikatakan oleh Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bahwa tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.

Sebagaimana diketahui, bahwa yang paling atas itu adalah yang setelah pangkal rusuk, itulah tulang rusuk yang paling bengkok, itu jelas. Maknanya, pasti dalam kenyataannya ada kebengkokkan dan kekurangan. Karena itulah disebutkan dalam hadits lain dalam ash-Shahihain.

“Aku tidak melihat orang orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bias menghilangkan akal laki laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita).” (HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)

Hadits Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam yang disebutkan dalam ash shahihain dari hadits Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu. Makna “kurang akal” dalam sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam adalah bahwa persaksian dua wanita sebanding dengan persaksian seorang laki laki. Sedangkan makna “kurang agama” dalam sabda beliau adalah bahwa wanita itu kadang selama beberapa hari dan beberapa malam tidak shalat, yaitu ketika sedang haidh dan nifas. Kekurangan ini merupakan ketetapan Allah pada kaum wanita sehingga wanita tidak berdosa dalam hal ini.

Maka hendaknya wanita mengakui hal ini sesuai dengan petunjuk nabi shalallahu ‘alayhi wasallam walaupun ia berilmu dan bertaqwa, karena nabi shalallahu ‘alayhi wasallam tidak berbicara berdasarkan hawa nafsu, tapi berdasar wahyu yang Allah berikan kepadanya, lalu beliau sampaikan kepada ummatnya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

“Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (Qs. An-Najm:4)





Referensi Artikel
Majmu Fatawa wa Maqadat Mutanawwi’ah juz 5 hall 300-301, Syaikh Ibn Baaz Fatwa fatwa Terkini Jilid 1 Bab Perlakuan Terhadap Istri penerbit Darul Haq

49 comments:

  1. Thanks pencerahannya sob.
    Selalu berbuat baik pada wanita :)

    ReplyDelete
  2. @Anak Rantau : Setuju, thanks atas komentarnya yach.

    ReplyDelete
  3. Saya juga setuju...apalagi saya seorang pecinta wanita (wanita yang baik) hehe, wanita (istri) bagi saya pelengkap hidup yg paling berarti lebih berarti dari materi yang lain (duit, mobil, rumah dll), so sudah sewajarnya kita harus berbuat baik kpd mereka dengan menumpahkan semua kasih sayang kita ke mereka. (Modem baru aja ke isi mbae)

    ReplyDelete
  4. tulang rusuk yang bengkok.. untuk meluruskan harus pelan-pelan tidak boleh dengan paksaan karena kalau dipaksa akan patah.. demikian pula halnya dengan wanita, harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang.. bukan dengan kekasaran...

    ReplyDelete
  5. wow... saduran artikelny... subhanallah, banyak ilmu yang dipetik di sini^^.

    yup, jika wanita diciptakan dari tulang rusuk yang paling bengkok dari laki2. syogiany wanita pun mengerti apa yg telah digariskan. tapi yg kdg jd pertanyaan, mengapa wanita bisa melebihi laki2 y? bhkn tak jarang jika seorang istri bisa melawan suaminy... astaghfirullah.

    ReplyDelete
  6. saya copas artikel diatas ya ?
    pasti saya taruh link anda di blog saya . .
    terima kasih, nice share

    ReplyDelete
  7. menarik sekali sahabat & setuju kita harus menghormati wanita. Salam

    ReplyDelete
  8. wanita walau kadang lemah tapi harus dihormati juga,nice sharring xD

    ReplyDelete
  9. Ya bener banget sobat wanita di ciptakan dari tulang rusuk yang paling bengkok jadi kita sebagai lelaki yang harus meluruskan wanita tatkala pada kesalahan

    ReplyDelete
  10. bener banget, wanita ada kaum yang harus selalu di hargai, di balik kelemahannya pasti ada kelembutannya.


    salam dan suport dari duniasharing mbak..

    ReplyDelete
  11. Wah kerend :D Bagus sob :D

    Absen Siang TiTi-SHARE

    ReplyDelete
  12. Wah bagus sob :D
    Blogwalking :D TiTi-Share

    ReplyDelete
  13. saling menghargai dan saling berkunjung

    ReplyDelete
  14. terimakasih tausyiahnya,, tapi jujur sampai sekarng saya masih agak kesulitan menghadapi tulang rusuk ini ... -.-, saya takut patah,,

    ReplyDelete
  15. wah keren, saya sangat menjaga ibu dan kakak perempuan saya. :)
    salam kenal, saya juga sudah join, mampir ke dimasgeel ya :)

    ReplyDelete
  16. benar mbak, apa yg dituntunkan dalam Islam oleh rosulnya "
    “Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik.”
    semoga artikel diatas bisa memicu pengertian yg relevan antara laki2 dan perempuan agar tidak saling menyalahkan satu sama lain.
    bagus banget, dan saya suka artikel mbk ini :)

    ReplyDelete
  17. bener tuh mbak..
    walopun wanita itu gk bisa apa2 tanpa perintah dari suami,tp bukan berarti wanita rendah derajatnya. wanita berhak mendapatkan perilaku yang baik.

    ReplyDelete
  18. walau tercipta dari tulang rusuk yg bengkok, tp tetap lurus dalam menjalani kehidupan......salam hormat

    ReplyDelete
  19. Sangat dalam maknanya hadist yang menyatakan perempuan diciptakan dari tulang rusuk yang paling bengkok, sudah menjadi tugas para suami untuk meluruskannya sesuai dengan tuntunan agama.

    ReplyDelete
  20. wanita itu salah satu permata di dunia dan di akhirat :-)

    ReplyDelete
  21. oh.. gitu ya..
    tapi emang begitu kok..
    tapi terkadang saya lebih bengkok dari wanita.

    ReplyDelete
  22. Setuju! pria harus menghargai wanita dan sebaliknya wanita harus menghormati pria karena wanita adalah bagian dari tubuh pria

    ReplyDelete
  23. tulangku memang bengkok tapi aku kuat karna aku punya airmata menghanyutkan sakit laraku yang juga diberikan Tuhan kepadaku

    tapi aku ga cengeng lho hehehe

    artikelnya menarik untuk di baca :)

    ReplyDelete
  24. salam kenal ya,
    artikelnya inspiratif skali.
    btw, sy blm punya tulang rusuk yg bengkok tuh mba'
    ada solusi ga yah...

    ReplyDelete
  25. wanita harus selalu di jaga dan di lindungi,karna wanita perlu sekali perlindungan..

    ReplyDelete
  26. mangkanya kt sebagi lki2 harus menghormati wnita soal nya dia kaum yg lemah ok...

    ReplyDelete
  27. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    ReplyDelete
  28. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    ReplyDelete
  29. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
  30. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  31. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  32. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  33. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  34. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  35. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  36. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  37. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  38. betul sekali gan emang,,wanita di ciptakan dari tulang rusuk pria,,,,,,,,,,,,,

    ReplyDelete
  39. Terimakasi atas informasinya sangat bermanfaat bagi kami...


    http://obatmujarab123.blogspot.com/2013/09/obat-herbal-penyakit-kolesterol.html

    ReplyDelete
  40. Terimakasi atas informasinya sangat bermanfaat bagi kami...

    ReplyDelete