Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Bagaimana Agar Kita Jauh Dari penyakit?


Kesehatan adalah sesuatu yang berharga. Apalah arti uang jika kita sakit dan harus terus menerus berobat karena penyakit kita. Seseorang bisa miskin mendadak ketika jatuh sakit, mengingat ongkos berobat ke dokter sangat mahal. Agar tidak sedikit-sedikit harus ke dokter, jadilah dokter untuk diri sendiri untuk keluhan-keluhan ringan seperti meriang dan flu. Selama tidak ada komplikasi atau riwayat penyakit serius, keluhan-keluhan ringan seperti itu umumnya akan sembuh sendiri. Banyak yang bisa dilakukan untuk mempercepat kesembuhannya, namun perlu diingat jika dalam beberapa hari tidak sembuh maka sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter.


Bagaimana cara agar kita bisa tetap sehat dan mencegah penyakit datang? Ini ada beberapa cara, yaitu: 

1. Minum air putih sebanyak-banyaknya
Tubuh yang sedang sakit butuh cukup cairan untuk memerangi penyakit dan infeksi. Meski tidak suka, paksakan terus untuk minum dan jika perlu gunakan cairan elektrolit sebab rasanya yang lebih variatif biasanya bisa mengatasi rasa eneg di perut.

2. Istirahatlah di tempat tidur
Pada saat sakit, gunakan seluruh cadangan energi untuk memerangi penyakit dan infeksi. Izin untuk tidak masuk kerja atau sekolah bukanlah kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci dan mengepel rumah, tetapi manfaatkan untuk istirahat.

3. Obati gejala
Beberapa jenis obat-obatan seperti misalnya antibiotik hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Namun obat-obatan untuk mengatasi gejala banyak yang dijual bebas, sehingga bisa dibeli sendiri. Gunakan obat-obat bebas yang sesuai untuk mengatasi nyeri kepala, pegal-pegal, demam dan kalau ada alergi.

4. Mandi air hangat
Sentuhan air hangat di kulit membantu menjaga kecukupan cairan terutama di permukaan tubuh, sekaligus melancarkan peredaran darah karena air panas membuat pembuluh darah melebar. Mandi juga membuat badan lebih bersih dan bisa meredakan stres.

5. Sesedikit apapun, paksakan untuk tetap makan
Nafsu makan selalu berkurang saat sedang sakit, namun bukan berarti boleh tidak makan. Tubuh butuh bahan bakar, jadi jangan sampai tidak makan.

6. Tidur siang
Istirahat malam saja tidak cukup bagi orang yang seadng sakit. Secara teratur, matikan televisi dan perangkat elektronik lain termasuk ponsel di siang hari lalu tidurlah senyenyak mungkin.

7. Jaga kebersihan
Daya tahan tubuh yang menurun saat sakit sering membuat orang terinfeksi kuman baru, ketika penyakit yang lama sudah hampir sembuh. Untuk mencegah terjadinya infeksi baru, pastikan saran klasik namun sangat berguna yakni cuci tangan sebelum makan.

Selain usaha-usaha di atas, yang terpenting adalah kita juga harus berdoa agar Allah SWT selalu memberikan kesehatan jasmani dan rohani untuk kita. Demikianlah informasi kesehatan pada hari ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca.


44 comments:

  1. yang point terakhir paling penting tu sist, jaga kebersihan. yang istirahat juga tu perlu, katanya klo kita pola istirahatnya berubah alias kebanyakan kegiatan, jadi gamapang sakit. klo yang air putih, ane baru tau. ane bakalan bayak minum ah biar ga sakit.

    ReplyDelete
  2. Saya setuju sekali Sis, Selain 7 cara diatas, kita memang harus berdoa agar Sang Maha Pencipta senantiasa memberikan kita kesehatan. Menjaga kesehatan dan kebersihan itu penting, karena kebersihan sebagian dari iman. Kalau tidur siang saya jarang, karena kalau siang ada aktivitas, kecuali hari libur saya bisa tidur..hehe

    ReplyDelete
  3. siPPP, tips yg sangat bermnfaat buat saya agar selalu sehat dan memiliki stamina prima untuk berkarya. makasih, Sobat.

    ReplyDelete
  4. sehat itu mahal bner mbak, kita harus senantiasa menjaga tubuh kita dari penyakit,


    tips yang sangat menfaat nih

    salam da suport dari duniasharing

    ReplyDelete
  5. Tipsnya sangat bermandfaat mbak.
    Kalau aku paling susah minum air putih mbak, biasanya teh apa kopi hehe...

    ReplyDelete
  6. waduhhh...saya yang jarang yg bagian mandi air hangat dan tidur siang...hehehe
    sangat positif dan bermanfaat banget mbak tips sehatnya kali ini...
    salam hangat selalu mbak sweety :)

    ReplyDelete
  7. Untuk poin no.4 saya sangat jarang, bahkan bisa dikatakan akhir² ini tidak pernah. Mungkin karena cuaca surabaya cukup panas, shg meski malam hari mandinya air biasa hehehe...

    Info berguna sist, biar kita bisa sehat terus :)

    ReplyDelete
  8. kalau ane kesemuanya jarang dilakukan sih mbak. kalo lagi sakit, paling tahan aja, melawan rasa sakit itu. nanti juga sembuh sendiri karena yakin Allah pasti beri ksembuhan sebab Allah sayang ane yg sudah beri penyakit.. hehehhehee... tapi jangan sampai sakit yg serius deh.
    btw, maskasih y mbak atas tips di atas. insya Allah bisa lebih waspada lagi.

    salam blogger^^

    ReplyDelete
  9. Nice share mba sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  10. wah info yg sangat bermanfaat buat kesehatan, makasih sobat...

    ReplyDelete
  11. artikel yg sangat bagus mbak. sehat itu mahal. saat kita sakit hanya memiliki satu keinginan yaitu ingin sembuh dengan mengeluarkan biaya yg cukup mahal agar bisa sembuh kembali.

    ReplyDelete
  12. sehat itu pilihan.. tinggal kita mau nglakuinya ato gak..
    mandi rutin, olahraga rutin, makan dijaga sudah bisa dibilang cukup :)

    ReplyDelete
  13. sangat bermanfaat nih sobat untuk menjauhkan dari penyakit sobat...

    ReplyDelete
  14. kunjungan sis..
    bagus sis infonya..
    :D
    semoga kita semua bisa terbebas dari penyakit

    ReplyDelete
  15. Tipsnya mantap sekali, terimakasih telah berbagi tips sehat :-)

    yups sehat itu penting dan sangat berharga
    Ya, harganya mahal sekali jika ditukar dengan uang

    dan tips di atas sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan, terimakasih

    semoga sehat selalu

    ReplyDelete
  16. mantap sekali tipsnya mbak..

    semoga kita semua selalu sehat wal afiat

    ReplyDelete
  17. absen siang disini..sambil baca"..mari bogwalking sobat :)

    ReplyDelete
  18. wehhh info yang manarik nih... terima kasih ya sobat....

    ReplyDelete
  19. Informasinya keren keren.... terimakasih sob...
    jangan lupa berkunnjung ke blo Eybisi.blogspot.com ya???

    ReplyDelete
  20. Kunjungan malam mbak
    maaf ya mbak baru berkunjung
    mencegah lebih baik daripada mengobati
    nice post d^^b

    ReplyDelete
  21. Kesehatan memang sangat penting.
    Saya tidur kurang teratur, perlu diperbaiki nih :(

    ReplyDelete
  22. Anger spells dANGER.alwys suporting her.

    ReplyDelete
  23. Xpresi sudah mencoba beberapa tips diatas,tapi ngak berani coba sama cara No.4,takut.hehe

    ReplyDelete
  24. tips yang sangat bermanfaat gan..
    ini harus diterapkan untuk kita yang sangat awam..

    ReplyDelete
  25. istirht yg cukup la dan per bnk olah raga..

    ReplyDelete
  26. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    ReplyDelete
  27. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    ReplyDelete
  28. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
  29. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  30. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  31. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  32. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  33. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  34. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  35. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  36. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  37. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    ReplyDelete
  38. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  39. tips pertama kita menjaga kondisi badan,,kta dlu,agar sehat selalu

    ReplyDelete
  40. info yang sangat bermanfaat terima kasi.
    semoga tetap sukses

    ReplyDelete