Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Manajemen Mental Di Dalam Dunia Pendidikan


Dalam dunia pendidikan sering terjadi adanya kekerasan dalam mendidik yang dialami peserta didik di sekolah. Apakah yang menyebabkan dan pemicu adanya hal ini?
Kekerasan itu sendiri terdiri dari beraneka tipe, yaitu:

1. Kekerasan antar teman sekolah, seperti terjadi tawuran atau perkelahian antar pelajar
2.Adanya hukuman dari guru saat di sekolah yang kurang sesuai dengan pembelajaran berbasis karakter bangsa. Misal hukuman itu, yaitu: Ada sebuah kasus di  Jawa Timur, siswa SMP dijemur karena tidak mengikuti pelajaran. Ada lagi guru memukul tangan siswa karena tidak hafal nama provinsi di Indonesia. Ini hanya sekelumit fenomena dalam dunia pendidikan kita akhir-akhir ini. Hal itu menggambarkan pentingnya peningkatan kecerdasan emosional dan manajemen mental bagi guru.

Dalam hal ini, pembahasan tentang empat kompetensi guru meliputi pedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional menjadi isu sentral. Persoalan krusial dalam pedagogik, misalnya, persiapan guru dalam pembelajaran di kelas seperti tersedianya KTSP, pemetaan, silabus, RPP, dan perangkat media/evaluasi. Permasalahannya juga sangat kompleks, di antaranya bagaimana mengelola proses pikiran untuk mentransfer ilmu (transfer of knowledge) serta mengajarkan kepada siswa cara mengelola mental.

Semuanya dapat diubah dengan menanamkan rasa saling menghargai, menyayangi, dan pembelajaran berbasis kasih sayang melalui manajemen mental. Tulisan ini terinspirasi peran guru sebagai manajer mental bagi siswa dan garda terdepan untuk mencerdaskan bangsa.

Manajemen mental merupakan aktivitas dalam merefleksikan dan mengevaluasi proses berpikir yang disebut metakognisi. Di sini metakognisi merupakan komponen utama berpikir dan mendapat perhatian cukup besar dalam psikologi kontemporer. Kita bisa merenungkan tentang berpikir kita sendiri dan kita tidak hanya bisa melaksanakan aktivitas kognitif tingkat tinggi seperti membuat keputusan, memecahkan masalah, dan membuat perencanaan. Namun, kita juga bisa melihat dan mengamati proses berpikir kita. Misalnya berusaha memecahkan suatu permasalahan, kita bisa mengetahui bahwa berpikir kita itu tertuju pada satu jalur dan memutuskan untuk menggunakan pendekatan yang lebih kreatif. Begitu pula, dalam membuat keputusan hendaknya bersikap dan berpikir lebih cermat.

Kesukaran Berpikir
Terdapat empat kesukaran tersembunyi dalam berpikir, yaitu:

* Pertama, kesukaran tersembunyi sebelum berpikir (before thinking). Kita terjebak dalam tantangan berpikir tanpa persiapan mental yang memadai, yakni tanpa adanya waktu untuk menjernihkan jiwa, memusatkan pikiran, dan memvisualisasikan apa yang akan datang. Hal ini bisa mengakibatkan berpikir tergesa-gesa dan tidak fokus.

*Kedua, kesukaran tersembunyi selama berpikir (during thinking), yakni saat kita menghadapi tantangan berpikir tanpa memperhitungkan gambaran yang lebih luas tanpa memiliki waktu untuk menetapkan tujuan. Ketiga, kesukaran setelah berpikir (after thinking). Saat mendekati tantangan berpikir kita lupa menyisihkan waktu untuk merefleksi bagaimana terjadi proses berfikir itu. Hal ini terjadi karena mepetnya waktu.

Manajemen mental penting untuk dipahami guru dalam proses pembelajaran. Setidaknya terdapat empat alasan pentingnya manajemen mental. Pertama, meningkatkan keberdayaan kognitif. Bila dihadapkan pada permasalahan/kesulitan berpikir, manajer mental yang baik akan mengevaluasi diri dan bertanya "Apa yang sekiranya bisa saya lakukan di sini?"

*Ketiga, manajemen mental mengembangkan berpikir mandiri dan penuh tanggung jawab. Sebagai seorang dewasa, kita harus mampu menetapkan tujuan dan standar kita sendiri. Untuk mencapai tujuan dan standar itu diperlukan kekuatan watak dan praktek/terapan penuh pemikiran dalam mengembangkan keterampilan guna menetapkan standar dan tujuan yang masuk akal.

*Keempat, manajemen mental mengembangkan keberencanaan dan berpikir strategis. Kita mengamati sejenak arus berpikir kita dan mempertimbangkan apa yang dilakukan dan itu perlu perencanaan strategis. Keempat, manajemen mental merupakan aspek kecerdasan yang bisa dipelajari.

Sebagian ahli psikologi berpendapat metakognisi merupakan kesadaran manusia. Suatu jiwa yang bisa membuat pemikirannya sendiri sebagai objek pemikiran. Tak heran, banyak teori kecerdasan mengidentifikasi metakognitif sebagi kunci utama. Binet, bapak teori kecerdasan, menunjuk pada "otokritisme" sebagai komponan utama kecerdasan (Binet & Simon, 1905 dalam Gadner, 1999).

Pengajaran Terbaik
Jika manajemen mental bisa diajarkan, bagaimana pengajarannya yang terbaik? Manajemen mental siswa bisa dikembangkan secara efektif dengan memfaatkan empat kekuatan budaya di kelas.

_ Pertama, memberi contoh tentang manajemen mental ketika mengajar. Perlihatkan kepada siswa bagaimana diri kita merefleksikan pemikiran dan menjadi pemikir yang baik. Arahkan perhatian siswa kepada orang lain memikirkan mengenai dirinya sendiri, misalnya ilmuwan, musikus, artis, penulis, siswa, dan guru.

_Kedua, menjelaskan kepada siswa tentang tujuan manajemen mental dan memberi petunjuk langsung tentang teknik dan strategi. Ketiga, mengorganisasikan peluang bagi interaksi siswa/guru dan siswa/siswa tentang manajemen mental. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui diskusi dan kerja kelompok.

_Ketiga, memastikan siswa mendapatkan umpan balik tentang praktek manajemen mental. Misal memperlihatkan bahwa manajamen mental memang dihargai di kelas. Memberi kritik dan dorongan terhadap manajemen mental siswa dan menciptakan peluang agar siswa bisa saling memberi umpan balik tentang praktek manajemen mental mereka.

Semoga Informasi Pendidikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.




51 comments:

  1. Wah.. kebetulan sebentar lagi saya membuka kelas menulis untuk anak. Mudah² artikel diatas bisa membantu. Maklum, selama ini yg diajar kalangan remaja dan dewasa. jadi kalau anak mungkin harus lebih sabar ya.

    Makasih artikelnya ya sist :)

    ReplyDelete
  2. @arie5758: Iya benar sekali. Dengan kesabaran Insya Allah, ilmu yang diajarkan ke anak didik lebih mudah diserap karena mereka tidak berada dalam tekanan saat belajar. Thanks jadi komentator pertama.

    ReplyDelete
  3. berat ya kyaknya..
    salam kenal
    follow balik ya mbak

    ReplyDelete
  4. Mantap mba saya kira uang ma pekerjaan aja yang di manajemen ternyata mental juga bisa di manage...nice share...hahay...happy weekend

    ReplyDelete
  5. @8unic: thanks, saya udah folback ya.

    @Arman : Iya betul bangettss, manajemen mental itu perlu di segala bidang, terutama pendidikan, agar berjalan lancar.:)

    ReplyDelete
  6. Semoga dunia pendidikan kita akan maju dan berkembang, serta guru2 nya mau menerapkan Manajemen mental.

    ReplyDelete
  7. @Miss Nesthy: Aamiin, Semoga dunia pendidikan kita jadi maju dan berkualitas.

    ReplyDelete
  8. klo kekerasan seperti menusuk teman sendiri itu gimana?kan yg lagi hanget ini beritanya anak kelas 6 sd mnusuk temannya sendiri

    ReplyDelete
  9. @gambutku: mengerikan ya..itu termasuk kekerasan terhadap teman. Moga pelaku dapat hukuman sesuai dengan perbuatannya.

    ReplyDelete
  10. waduhhh...kalo ini pasti manajement-nya untuk bapak ibu guru nih... saya aja baru paham kalo banyak seluk beluknya ... :)...
    makasih mbak, menambah wawasan banget postingan ini

    ReplyDelete
  11. kunjungan malam kaka...mantap ni postingan hehehe

    ReplyDelete
  12. @Kang Farhan : betul bangets, moga para guru menerapkan Managemen mental dalam mendidik dan mengajar, selain itu muridn2 nya juga jangan pada melanggar aturan dan ikut tawuran. Moga makin berkualitas aja pendidikan di masa sekarang dan masa yang akan datang.
    Thanks friend:)

    @IQ-duaTiga : Thanks atas komentar dan kunjungannya.

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah saya dapat info bermanfaat disini...karena salah satu aktivitas saya di dunia pendidikan anak...thanks dah berbagi ilmu..salam knal dan salam sehat selalu

    ReplyDelete
  14. @Pasarherbal : Thanks juga atas kunjungan dan komentarnya, Salam kenal kembali sobat.

    ReplyDelete
  15. mampir bntr ye bu....liat2 postingannya...hehe....

    ReplyDelete
  16. Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini serta artikelnya

    ReplyDelete
  17. Seharusnya guru memang harus bisa merangkap sebagai orang tua buat siswa didiknya sehingga siswa bisa menikmati pelajaran demi pelajaran yang diterimanya. semoga pendidikan Indonesia makin jaya :)

    ReplyDelete
  18. ini info yang sangat di butuh kan... thanks ya kawan ku...

    ReplyDelete
  19. ulasan mengenai dunia pendidikan anak..sangat membuka wawasan saya..makasih sob..artikelnya sangat bervitamin... :) sukses selalu dengan blognya

    ReplyDelete
  20. artikel ini berguna sekali buat saya...thanks ya sob

    ReplyDelete
  21. ilmu yang sangat baik sekali..
    saya suka dengan artikel yang seperti ini..

    ReplyDelete
  22. wah bisa sy conto ini buat anak sy biar lebih cerdas

    ReplyDelete
  23. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  24. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  25. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  26. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  27. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  28. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  29. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  30. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  31. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    ReplyDelete
  32. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  33. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  34. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  35. Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    ReplyDelete
  36. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  37. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  38. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  39. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  40. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  41. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    ReplyDelete
  42. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  43. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  44. Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

    ReplyDelete
  45. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  46. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  47. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  48. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  49. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  50. ini saya sangat setujuh se,x gan jadi bisa menambah wawasan ank kta

    ReplyDelete