Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Makna Psikologi Warna


Apakah warna favorite anda?, Setiap warna memiliki arti dan makna. Warna memiliki arti yang berbeda-beda. Beberapa ahli fisiologi dan psikologi menjelaskan ada empat warna primer : merah, hijau, kuning dan biru. Walaupun tidak diketahui secara pasti mengapa orang-orang menyukai warna dan kombinasi warna tertentu. Tetapi yang jelas, setiap warna mempunyai karektor atau sifat ayng berbeda-beda. Bahkan sejak dahulu warna diketahui mempunyai pengaruh terhadap manusia, namun baru belakangan ini penggunaannya telah dimanfaatkan secara meluas dalam dunia otomotif, busana, permainan dan sebagainya.

1. MERAH
Warna ini melambangkan keadaan psikologi yang mengurangkan tenaga, mendorong makin cepatnya denyut nadi, menaikkan tekanan darah dan mempercepat pernafasan. Warna ini mempunyai pengaruh produktiviti, perjuangan, persaingan dan keberanian

a.Merah Terang :
Warna ini melambangkan kekuatan kemahuan atau cita-cita. Sifatnya : Agresif, Aktif, Eksentrik. Pengaruhnya : Berkemauan keras, penuh gairah, dominasi, jantan.

b.Merah Jambu :
Warna ini melambangkan romantisme, feminim. Warna ini mempunyai sifat menuntut dalam kepasrahan, menggemaskan dan jenaka.


2. BIRU
Warna ini melambangkan ketenangan yang sempurna. Mempunyai kesan menenangkan pada tekanan darah, denyut nadi, dan tarikan nafas. Sementara semua menurun, mekanisme pertahanan tubuh membangun organisme.

a.Biru Tua :
Warna ini melambangkan perasaan yang mendalam. Sifatnya : Konsentrasi, kooperatif, cerdas, perasa, integratif. Pengaruhnya : Tenang, Bijaksana, Tidak Mudah Tersinggung, Ramai kawan.

b.Biru Muda :
Warna ini melambangkan keanjalan dari cita-cita. Sifatnya : Bertahan, Protektif, Tidak Berubah fikiran. Pengaruhnya : Keras Kepala, Teguh, Sering Bangga Diri, Berpendirian tetap.


3. KUNING
Warna ini melambangkan kegembiraan. Warna ini mempunyai sifat : Leluasa dan santai, senang menunda-nunda masalah. Berubah-ubah tapi penuh harapan, mempunyai cita-cita setinggi langit dan semangatnya juga tinggi.

a.Kuning Terang :
Warna ini melambangkan sifat spontan yang eksentrik. Sifatnya : Toleran, Investigatif, Menonjol. Pengaruhnya : Berubah-ubah sikap, berpengharapan, dermawan, tidak percaya.


4. HIIJAU
Warna ini melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan dan kekerasan hati. Mempunyai kepribadian yang keras dan berkuasa. Warna ini mempunyai sifat : meningkatkan rasa bangga, perasaan lebih superior dari yang lain. Orang yang menyukai warna ini umumnya senang dipuji, senang menasihati orang lain.


ABU-ABU & HITAM

a.ABU-ABU :
Warna ini tidak menunjukkan arti yang jelas. Tidak terang dan sama sekali bebas dari kecenderungan psikologi. Warna ini cenderung neutral.

b.HITAM :
Warna ini melambangkan kehidupan yang terhenti dan kerananya memberi kesan kehampaan, kematian, kegelapan, kebinasaan, kerusakan dan kepunahan.


COKLAT & UNGU

a.COKLAT :
Warna ini seringkali menunjukan ciri-ciri : suka merebut, tidak suka memberi hati, kurang toleran, pesimis terhadap kesejahteraan dan kebahagian masa depan.

UNGU :
Warna ini adalah campuran warna merah dan biru yang melambangkan sifat Gempuran Keras yang dilambangkan oleh warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus pengertian yang mendalam dan peka. Sifatnya sedikit kurang teliti tetapi selalu penuh harapan.




Warnailah hidup kita dengan hal-hal berguna dan raihlah kebahagiaan. Keep smiling ^_^









46 comments:

  1. ko' tebakanx tepat banget yaa...??! tp aq gk bs bilang warna kesukaan aq apa.., tp tebakan diatas 95% benar... thx sharex ya *smile

    ReplyDelete
  2. aku suka warna merah muda, biru muda and hijau. tebakannya 100% benar o_0
    nice share cc :)

    ReplyDelete
  3. klo hanna suka warna... mmmm...
    merah, ungu, abu-abu, hitam, biru, ada ga warna krem tuh warna kalem banget hanna suka.. :)

    ReplyDelete
  4. wahhh...q yg biru tuh...seperti birunya blog-ku...hahahaha... inpo menarik lho

    ReplyDelete
  5. maaf keluar jalur, ada award buat sobat,, silahkan ambil

    Happy blogging

    ReplyDelete
  6. waduh saya suka warna hitam nih...ternyata melambangkan sesuatu yang buruk ternyata..

    aklo gitu ganti ama warna pink..hehe

    ReplyDelete
  7. Dalam hal warna saya suka warna biru dan hitam, karena itu kebanyakan baju warnanya biru dan hitam. Juga blog saya kombinasi biru dan hitam hahaha...

    Saya tahu memang dalam ilmu psikologi hitam berarti kelam, tapi saya sendiri menganggap itu sebagai keheningan. Ketika mencari inspirasi, saat tidur, berpikir serius dan berdoa, saya suka mematikan lampu. Karena dalam gelap... otak saya bisa lebih bekerja.

    Nice info sist and keep posting :)

    ReplyDelete
  8. wah hampir tepat ni tebakkannya, ane suka warna biru. berarti bijaksana dong, heheh.
    tapi sebenernya saya sedikit tidak tenang si, overall mirip. makasih ya, mungkin bisa jadi reverensi buat menilai orang lain ni.

    ReplyDelete
  9. @Rohis Facebook: jadi warna favoritnya apa? Hehe..ok dech ^_^happy blogging

    @Reinaldo Calvin : Ternyata ada juga cowo' yang suka merah muda, aku juga suka warna itu, karena itu adalah warna yang lembut dan manis, bararti sifat kamu jenaka dan romantis juga ya..

    @ Hanna Noviana : warna pilihannya bagus semua..warnanya favoritenya diborong semua ya
    sist..:)

    @ Kang Farhan : kalau warna biru lebih mewakili dari warna favorite nya kaum pria. That's good, friend..thanks atas komentarnya.

    @Sakahayang Kang Asep: ok. Thanks Awardnya buat blog saya.

    @Uniknya : sama donk sama aku, aku juga suka warna pink atau merah muda..hehe

    @ari5758: betul juga ya..Warna hitam memang melambangkan keheningan, karena pada malam hari itu gelap,hitam dan kelam, dimana suasana malam itu, manusia bisa beristirahat dari segala rutinitas,mencari inspirasi. Thanks ya atas komentarnya sobat.

    ReplyDelete
  10. @drieant : Warna biru adalah warna yang bagus, dan sering dipilih sebagian besar dari kaum pria. Terimakasih komentarnya.

    ReplyDelete
  11. BARU TAU SAYA NIH MBA..TRIMA KASIH YA SDH DISHARE...POKOKNYA MANTEF ABIZZ DAHHH..hahahayyyyyy

    ReplyDelete
  12. @Icah Banjarmasin : terimakasih juga sudah datang dan berkomentar di artikel ini ya sob, Happy blogging.

    ReplyDelete
  13. q jg penyuka warna biru, suka suasana yang tenang,,,,

    ReplyDelete
  14. @ bredmart: warna biru adalah warna kesukaan kaum pria. Warna yang macho dan maskulin

    ReplyDelete
  15. Mantap sekali sob sharingnya....
    Terima kasih :-)

    biru + hijau nih yang saya suka...

    ReplyDelete
  16. Wahhh saya suka warna coklat mbakk
    tapi kok maknanya jelek ya :(

    ReplyDelete
  17. @Fikri : biru dan hijau adalah warna yang bagus. Biru berkesan ketenangan dan bijaksana, sedangkan hijau makna baiknya berkesan ketabahan hati.

    @rizki_ris : Sebenarnya cokelat adalah warna alami. Ia menunjukkan ego manusia. Setiap manusia pasti dalam dirinya mempunyai rasa ego , itulah makna warna. Yang penting bagi kita adalah tetap menjadi pribadi yang seutuhnya sesuai dengan diri kita sendiri,jangan karena warna fav. kita cokelat, kita menjadi sifat warna cokelat. thanks ya

    ReplyDelete
  18. Maksud saya merah terang lohh, bukannya merah muda... wkwkkwkwkw..... salah tulis nih XD

    ReplyDelete
  19. Saya baru inget kalo merah muda itu pink. Merah muda yang saya maksud merah terang nih. Duh, jadi malu deh XD

    ReplyDelete
  20. @Reinaldo Calvin: hehe..tidak jadi masalah, warna pink alias merah muda memang top banget kok, ada juga cowo' yang suka warna itu. Itu warna universal, tapi memang warna itu kebanyakan disukai oleh para gadis dan wanita muda. jika warna favorite yang dimaksud merah terang berarti dalam dirimu ada sifat pemberani dan mempunyai keinginan ( kemauan ) kuat untuk meraih cita-cita. Thanks ya komentarnya friend.

    ReplyDelete
  21. wah ..
    bener bgt ..
    Saya paling suka warna Biru Tua ..

    ReplyDelete
  22. Warna putih kok g ada? waduh sedih banget... tak masuk hitangan aku... hahahaha

    ReplyDelete
  23. [./Forbiden-403]: Biru tua adalah warna yang maskulin, dan banyak disuka oleh para pria yang tenang dan bijaksana.

    @ Bil : iya warna putih belum dibahas, warna putih berarti suci, cinta damai.

    ReplyDelete
  24. Biasanya saya suka warna biru muda, tapi akhir akhir ini suka warna merah,,hehe
    gimana menurut mbak?

    ReplyDelete
  25. @Bayu Rifa'i : Kalau masalah perubahan warna favorit itu adalah hal yang wajar-wajar saja. Warna merah adalah warna yang mencerminkan keberanian, kemauan keras dalam meraih cita-cita. Good luck

    ReplyDelete
  26. wah keren nih..
    kalo yang suka warna putih arti psikologinya apa ya ??

    ReplyDelete
  27. @ABC blog : Warna putih Melambangkan kemurnian dan kepolosan, memberikan perlindungan, ketentraman, kenyamanan dan memudahkan refleksi.

    ReplyDelete
  28. ane sejak dulu suka warna biru sob.....

    kalo mau ayo saling follow n tukar link sob..

    ReplyDelete
  29. @Hendri Prastio Kurniawan : warna biru, warna yang bagus dan keren..ok thanks.

    @♛ Dea Arematt ♛: sama sama saya, saya juga suka warna pink sist..thanks

    ReplyDelete
  30. Karena warna itu ada makna dan pengaruhnya, jadi jangan sampai salah dalam memilih warna cat rumah.. Because, kita kan setiap hari berada di rumah, melihat tembok dan plafond rumah..

    ReplyDelete
  31. wah mendingan saya suka warna warni. biar asem manis kehidupan dan cobaan saya rasakan. semoga menjadi manusia yg lebih baik.

    ReplyDelete
  32. AKU DOMINAN SUKA WARNA HIJAU N TERANG2. GMN TUH KIRA2 PENDAPATNYA NON. OH YA TUKERAN LINK YUK. DI TUNGGU KONFIRMASINYA. SALAM SUKSES

    ReplyDelete
  33. @Tips Memilih cat Rumah : setuju ama sobat, pemilihan cat rumah itu penting banget, pilihlah warna yang tepat.

    @Obat tradisional : iya, warna warni emang indah kayak Pelangi.

    @ Ary_Putra : warna hijau bagus kok, ok dech link sobat nanti aku pasang di sidebar, link para sahabat ya.

    ReplyDelete
  34. Makasih yaa... mbak or Mas sih sbenere hehehe..
    oya Link kamu sudah aku pasang balik mbak, mohon di cek ulang ya barangkali ada yg kurang tepat ato salah.Makasih
    Salam Pramuka hehehe

    ReplyDelete
  35. wah sangat masuk akal juga yah..
    keren postingannya gan..

    ReplyDelete
  36. waah warnah aja bisa jadi obat ea?

    ReplyDelete
  37. Ternyata tiap warna memiliki arti sendiri-sendiri. terimkasih penjelasannya.

    ReplyDelete
  38. emang bener iya di jaman sekarang warnah aja bisa membantu pengobatan,iya

    ReplyDelete