Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Monetisasi Atau Mencari Sponsor Untuk Blog/Website Kita


Bagaimana menurut blogger, sebaiknya melakukan monetisasi atau mencari sponsor?. Lebih baik yang mana??

Untuk blog pribadi yang telah berkembang selama beberapa tahun, kelihatannya hanya blogger yang memiliki aliran lalu lintas masif saja yang bisa mendapatkan uang dari blog mereka. Sedangkan bagi yang kurang berhasil, mungkin mereka seharusnya mencari cara untuk memonetisasi blog mereka, bukan fokus pada aliran lalu lintasnya.

Pertama-tama, biarkan saya mengatakan bahwa saya tidak mencari uang dari iklan di blog saya, dan saya telah menampik tawaran untuk pemasangan iklan di blog saya. Ini terutama karena kemungkinan tidak akan mendapatkan banyak uang, dan saya takut hal tersebut mengganggu pembaca saya. Jason Fall belakangan ini mendisain ulang blognya, Social Media Explorer, dan sebagai bagian dari disain ulang, ia menghapus semua iklan dari blognya. Ini dikarenakan ia hanya mendapatkan $1,45 dari AdSense selama 9 bulan.

Saya rasa masalah dengan model AdSense adalah, blogger yang mendapatkan kunjungan kurang dari beberapa ribu pembaca setiap hari (99% dari semua blogger), tidak akan mendapatkan uang lebih daripada 1 dollar per hari, dan iklan itu sendiri kemungkinan justru menganggu blogger karena mereka mencoba untuk memonetisasi blog mereka.

Sedangkan blog Jason sendiri menurut saya cukup populer (Ia memiliki 436 pembaca di Feedburner, 600 pengikut di Twitter dan ratusan pembaca blog setiap hari). Menurut saya ini adalah peluang bagi perusahaan untuk memberikan sponsor pada blog-nya. Ia bisa mensponsorinya selama sebulan untuk uji coba. Selain itu terdapat cara untuk melibatkan pembaca, seperti memberikan kode spesial berupa diskon, atau memilih acak pembaca untuk memenangkan hadiah yang disediakan oleh sponsor.

Dalam banyak kasus, pemakaian iklan memang tidak menghasilkan banyak uang bagi blogger, dan mungkin juga bagi pembaca. Jika blogger ingin menguangkan blog-nya mengapa tidak mencoba memperbaiki proses pencarian uang? Saya pikir blogger dan calon sponsor bisa bekerja sama dan pembaca juga mendapatkan manfaat. Jadi bagaimana sekarang, jika ada yang mau mensponsori blog anda selama sebulan, maukah anda?






Sumber: Mack Collier

21 comments:

  1. Memang dilematis, antara menulis dan mendapatkan uang. Menulis adalah hobi...namun alangkah senangnya hobi juga dapat menghasilkan uang. Dan basic dari semuanya adalah kerja keras, kalau dg berinternet gampang mendapatkan uang itu adalah pikiran yg salah. Karena perlu strategi dan kerja keras.

    ReplyDelete
  2. blogging itu menurut prinsip saya dua .
    Hoby dan Rp :D

    ReplyDelete
  3. link nya dah di pasang teteth di blog aq...psang balik ya...makasih

    ReplyDelete
  4. gimana kesanggupannya juga sobat
    klo saya hobi no.1
    $$no.2

    ReplyDelete
  5. kalau saya sih biarkanlah blog saya tanpa iklan dulu, biar pengunjung nyaman baca artikelnya.

    ReplyDelete
  6. Menurutku bagi yang sudah sanggup boleh sambil mencari uang. tapi jangan sampai mengganggu pengunjung. Karena itu hal yang paling saya tidak suka.

    Salam SR11. :)

    ReplyDelete
  7. yah, sangat berguna informasinya bagi saya, saya sendiri gak tahu nih, tapi sekedar untuk coba2 kurasa boleh, tapi benar apa yg disampaikan mbak Sweethy Amore memang sangat berguna, terima kasih ya mbak...jangan lupa kunjungi terus blog saya yah...hehehe ...

    ReplyDelete
  8. heeheeh sehari 1 ribu 2 ribu mah ada aja teh :D

    sekarang bagaimana caranya supaya rame pengunjung dan setia sama blog kita :D

    mudah2an iklan di DS tidak mengganggu :)

    ReplyDelete
  9. Yang penting sudah berusaha dan jg berdo'a,
    klo iklan memang harus jeli, mana yg menguntungkan dan mana yg hanya mengganggu.
    mudah2an kedepan ada cara yg lebih mudah lagi untuk para blogger mencari $$ di dunia maya.

    ReplyDelete
  10. Saya sudah hapus iklan (bidvertiser)di blog, karena malah mendatangkan popup ads yang sangat menganggu. Lebih sreg dengan opsi sponsor :)

    ReplyDelete
  11. boleh juga lah, blog ane juga lagi nyari sponsor yh

    ReplyDelete
  12. Yups, sepertinya memang begitu...
    memberatkan pengunjung dan hasil minimal...

    tapi saya tetap memasang itu hanya sebagai hiasan dengan meminimalkan hiasan2 lain (hah, alasan saja...) hehe piece.... ya maksudnya hanya sebagai sampingan siapa tahu dapat ++

    walau mungkin akan lebih ringan jika tidak ada iklan ^_^

    but nice share...

    ReplyDelete
  13. itulah sisi asiknya dalam blog... tentu seyiap blogger tidak mnampik untuk melakukan sesuatu yg gratis tapi mendapat uang, disini yg menjadi masalah adalah terlalu bernafsunya blogger sehingga semua halaman dia tempeli iklan yg tidak cantik bahkan bikin sebel dan hal negatif lainnya...jadi tergantung pada pribadi setiap blogger saja... tak sedikit pula yg berhasil dengan banyak iklan...begitu pula sebaliknya

    ReplyDelete
  14. yg penting mah terus menulis dan mempersembahkan yg terbaik buat visitor, insyaallah yg namanya rezeki gak bakalan kemana riiiiiiiight???

    ReplyDelete
  15. bagaimana ya mencari sponsor blog dari maca situs betting? ada yang bisa kasih masukan?

    ReplyDelete
  16. biar apa ya ada sponsor, rawan ndak buat web kita

    ReplyDelete