Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Faktor Penyebab Seseorang Mudah Sakit


Apakah anda mudah terserang penyakit?, Jika jawabannya iya, maka artikel ini bisa dibaca, karena dalam artikel ini membahas hal-hal yang menyebabkan seseorang mudah sakit. 

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari segala macam penyakit. Tapi kenapa ada orang yang sering sekali sakit. Sehingga muncul ungkapan sedikit-sedikit sakit. Bisa jadi ini penyebabnya tubuh yang begitu ringkih dan tak mampu melawan sakit.

Ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang mudah sakit atau menyebabkan mudahnya terjadi penularan, tergantung dari penyakit apa yang menjangkitinya. Bila sering sakit masalah pernapasan yang tidak disertai demam, ada kemungkinan disebabkan oleh alergi.

Alergi biasanya membuat orang lebih rentan terkena pilek dan flu, kondisi ini akan bertambah parah jika seseorang pergi ke luar atau pulang ke rumah setelah bekerja seharian. Hal ini karena alergi bisa dipicu dari dalam atau luar ruangan.

Umumnya orang menjadi lebih sering sakit ketika musim dingin. Hal ini karena ketika udara di luar dingin maka orang cenderung tinggal di dalam rumah sehingga membuat kuman menyebar lebih cepat, seperti dikutip dari About, Jumat (27/1/2012).

Gaya hidup yang dijalani juga bisa menjadi pemicu seperti merokok yang membuat cilia (bulu di hidung dan paru-paru yang berfungsi melawan penyakit) mati, serta perokok cenderung memiliki kadar zat besi yang rendah sehingga orang lebih rentan terhadap kuman atau bakteri.

Pola makan yang buruk akan membuat seseorang kekurangan nutrisi penting sehingga tubuh menjadi tidak fit atau tidak kuat melawan penyakit. Mengonsumsi makanan yang sehat, seimbang dan mengandung air cukup bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Faktor lain yang bisa membuat orang gampang sakit-sakitan adalah tingkat stres tinggi, depresi yang tidak terdiagnosis, tidak menjaga kebersihan dengan baik seperti jarang cuci tangan, fungsi tiroid yang rendah serta penyakit tertentu yang membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

Jika sering sakit-sakitan cobalah mulai mengubah gaya hidup yang dijalani serta mengurangi tingkat stres dan depresi dengan meluangkan waktu untuk bersantai serta refleksi.

Namun jika seseorang sakit dengan durasi yang panjang atau terjadi secara teratur, maka konsultasi ke dokter mungkin langkah pertama yang sebaiknya dilakukan untuk mengetahui penyebab pastinya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.




14 comments:

  1. betul sobat, saya setuju.
    pikiran mempengaruhi kesehatan fisik kita.
    jadi kalau saat sedang stress saya biasakan untu refreshing sejenak walaupun hanya dengan membaca koran dan minum teh sambil melihat jalanan depan rumah.
    nice post sobat
    salam persahabatan, happy blogging

    ReplyDelete
  2. website anda sudah saya link ke blog saya, salam kenalllllll

    ReplyDelete
  3. @Outbond Malang: Thanks ya komentarnya. Refreshing juga bisa dengan outbond ya friend..Salam persahabatan juga.

    @bredmart: Trimakasih banyak, tadi saya udah liat ke TKP. Link anda juga sudah ada alias sdh dilink back..^_^

    ReplyDelete
  4. Saya setuju dengan artikel ini...untuk menjaga kesehatan agar tetap fit yaaaaa...tentunya kita harus menjaga pola makanan dan gaya hidup sehat...nice share...

    follower ke 116 ditunggu follbacknya sob

    ReplyDelete
  5. makasih infonya mbk,, happy blogging........ ^_^

    ReplyDelete
  6. nice Posting Mbak...terima kasih atas infonya...hadir disini sambil follow...follback y..di tunggu...n salam kenal.... (^_^)

    ReplyDelete
  7. Tulisan yang pas dengan kondisi saya saat ini. Lagi ga bisa kerja karena sedang sakit. Moga besok dah sehat dan bisa masuk kerja lagi. amin

    ReplyDelete
  8. biasanya kalau badan udah terlalu capek, saya konsumsi vitamin B untuk menambah daya tahan tubuh...
    thanks infonya.

    ReplyDelete
  9. ARMAN BLOG : ok sudah di follow back ya. thanks friend.

    @opex : Terimakasih, happy blogging too.

    @mrofiuddin : Terimakasih, salam kenal sesama blogger.

    @gaya hidup : thanks juga atas kunjungannya.

    @pengangguran : vitamin B memang bagus untuk menambah daya tahan tubuh, agar tubuh tdk mudah kena penyakit.

    @Irham : Semoga cepat sembuh dan bisa beraktivitas seperti biasanya. Aamiin.

    @all: trimakasih komentar dan kunjungannya.

    ReplyDelete
  10. ini saya rasa masuk akal juga,makanya hal ini yang harus diperhatikan supaya kita menjadi manusia yang sehat dan bugar..

    ReplyDelete
  11. kita sebagi manusia sp si yg mau sakit kt jga mau nya jga sehat ea?

    ReplyDelete

  12. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    ReplyDelete
  13. karnah dia kurang fit,juga bisa menyebabkan kondisi kita drop

    ReplyDelete