Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Cara Mudah Membasmi Nyamuk Dan Lalat



Mengapa nyamuk dan lalat jadi ”musuh” manusia? 
karena lalat hing­gap di sembarang tempat sambil mem­bawa penyakit. Nya­muk adalah para­sit yang meng­hisap darah manu­sia. Tindak­an pengendalian jelas harus dilakukan agar serangan tidak semakin men­jadi.

Selain dengan spray, perangkap kertas lalat yang sederhana juga banyak digunakan. Perangkap ini menggunakan kertas yang telah diberi lem untuk menjebak lalat yang hinggap. Bentuknya ada yang seperti lembaran kertas, juga gulungan pita kecil yang lengket dengan panjang sekitar 1m.

Perangkap berperekat ini ada juga yang terbuat dari bahan plas­tik. Bisa digantung dekat jendela atau diletakkan di luar rumah. Tidak adanya bahan kimia berbahaya yang digunakan membuat produk-produk ini relatif aman bagi peng­guna dan lingkungan.

Selain dengan perangkap ber­perekat dan spray, perangkap elek­trik bisa jadi pilihan yang efektif dan efisien. Alat ini menggunakan lampu sinar UltraViolet (UV). Serang­­ga diundang datang ke perangkap. Lalu, dengan sengatan listrik, serangga itu pun tewas. Sangat pas untuk aplikasi di dalam ruangan.

Lalat biasanya bertelur di tem­pat mereka menemukan sumber makanan. Misalnya tempat sam­­­­­pah atau bahan makanan yang dibiarkan terbuka. Cegah pengembangbiakan ini dengan menutup tempat sampah. Bersih­kan secara berkala.


Pengendalian Nyamuk
Sama seperti lalat, nyamuk juga serangga pengganggu yang paling banyak dijumpai di rumah. Tak heran jika di pasar terdapat begitu banyak pro­duk obat antinyamuk di pasar­­an. Khususnya yang meng­gunakan bahan kimia. Seperti spray, lotion antinyamuk. Dari antinyamuk bakar sampai yang elektrik. Produk-produk ini cukup efektif mengusir dan mem­bunuh nyamuk. Tetapi perhati­kan petunjuk penggunaan pada kemasannya agar tidak menimbulkan efek samping merugikan.

Untuk membasmi nyamuk yang masih berupa jentik dan telur, gunakan bubuk Abate pada bak dan kolam yang terdapat di rumah. Jangan lupa menyingkirkan barang bekas, serta memeriksa tempat-tempat seperti pot tanaman dan talang yang bisa menampung air. Memelihara ikan yang makan jentik seperti guppy dan cupang di kolam maupun pot tanaman air juga membantu mengurangi populasi nyamuk di rumah.

Seperti juga untuk lalat, ada banyak produk perangkap nyamuk elektrik yang efektif membasmi he­wan bersayap ini. Prinsip kerja alat ini adalah mengundang nya­muk meng­hampiri perangkap de­ngan lampu UV. Lampu ini meng­hasilkan panas yang mirip panas tubuh manusia.

Setelah itu kipas pada perang­kap akan menyedot nyamuk, sehingga nyamuk terperangkap di alat tersebut dan mati karena dehidrasi. Alat ini relatif aman kare­na tidak menggunakan bahan ki­mia berbahaya, dan tidak ber­bau. Banyak juga perangkap nya­muk eletrik sejenis yang bekerja de­­ngan prinsip yang sama, tapi menggunakan kawat berlistrik untuk membunuh nyamuk.

Cara melumat lalat dan meng­gebuk nyamuk telah diuraikan. Seka­rang saatnya membersihkan rumah.


Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca yang budiman dan baik hati.  







13 comments:

  1. Bubuk Abate itu apa'an Kak..?
    Trus apa gak ada efek sampingx pada air jika kita gunakan utk minum atau mandii...

    Takutnya ntar bubuk itu dimasukin ke kolam airx malah beracun.. kan takuttt...

    Kasih tau aku ya kalau udah dicoment...

    ReplyDelete
  2. @Syaifullah: Bubuk abatenya kan cuma dimasukkan dalam kolam, tetapi tetap dibungkus plastik..Insya Allah airnya ga akan beracun, malah bisa membunuh jentik nyamuk.

    ReplyDelete
  3. @Syaifullah: bubuk abate adalah bubuk pembunuh jentik nyamuk, terutama nyamuk demam berdarah. Air yang sudah terkena bubuk abate jangan diminum karena mengandung zat kimia. tapi kalo untuk mandi dan mencuci pakaian aman airnya.

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas sharenya...artikelnya bagus......:)

    ReplyDelete
  5. @Lalan: udah di follow balik yach..thanks

    ReplyDelete
  6. Oohh.... gitu yah..

    tapi bang arvi diatas bilang gak bahaya tpi kakak bilang gak aman.. jdix gmna nih... kalau untuk sikat gigi gmnaa... ??

    ReplyDelete
  7. @Syaifullah: maksudnya bang Arvi mungkin tdk berbahaya jika dipergunakan selain untuk minum atau untuk sikat gigi. Lebih aman jika untuk keperluan lain misal mencuci pakaian, mengepel lantai dll. bingung juga ya karena bubuk abate mengandung zat kimia, jadi harus berhati2 dalam pemakaiannya.

    ReplyDelete
  8. wah tips yang sangat bagus nich,karna dilingkungan saya banyak sekali nyamuk,
    tapi banyak orang berpendapat klo membakar daun daunan bisa membunuh nyamuk juga dengan asapnya,tapi efeknya sangat rendah dibandingkan bahan kimia yang merusak bagian dalam tubuh,seperty paru paru,radiasi kulit,dan ganguan pernapasan..

    ReplyDelete
  9. wah sangat membantu sekali,ini,gan,artikel nya

    ReplyDelete