Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

5 Menu Sayuran Yang Baik Untuk Tubuh


Sayuran sangat baik untuk kesehatan.  Akan tetapi, banyak anak-anak ataupun orang dewasa yang tidak suka dengan sayuran. 

Dr. Samuel Oetoro, M.S., SpGK, dokter spesialis gizi klinik di Semanggi Specialist Clinic, kepada majalah Prevention mengatakan, untuk menyiasati ketidaksukaan pada sayur, kita bisa memperbanyak porsi buah-buahan dan air putih setiap hari. Sesekali tambah dengan mengonsumsi suplemen serat. Banyak kandungan nutrisi pada sayuran juga terdapat pada buah-buahan.

Meskipun demikian, pada dasarnya Anda tetap butuh sayur, karena ada beberapa zat gizi yang memang hanya ada pada sayuran. Anda bisa menyiasati hal ini dengan membuat jus kombinasi buah dan sayuran. Variasikan juga warna buah dan sayur, sebab setiap warna memiliki manfaat yang berbeda bagi tubuh kita.

Namun sebagai ibu dan "manajer rumah tangga", Anda dituntut untuk menyiapkan variasi menu untuk seluruh keluarga. Jika Anda tidak suka sayur, Anda pasti kesulitan menyuruh si kecil untuk mau makan sayur, bukan? Tantangannya sekarang, bagaimana memasukkan hidangan tanpa daging dalam daftar menu mingguan Anda, namun tetap menyediakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tanpa harus repot berhitung dengan lemak dan kalori. Selain itu, percaya tidak kalau memilih menu tanpa daging bisa menghemat pengeluaran?

Tabloid Nova memberikan alternatif menu tanpa daging yang dapat Anda siapkan untuk keluarga:

1. Salad
Salad bersifat mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Kita bisa menambahkan protein ke dalam kudapan pilihan tanpa daging ini. Selain memperkaya kandungan protein, menambahkan kacang-kacangan, buncis, dan keju, juga akan meningkatkan citarasa hingga salad tak terasa membosankan. Cobalah untuk menyajikan salad dengan tema tertentu. Misalnya, malam ini salad ala Mexico dengan topping bumbu kacang pedas, keju peper jack, salsa, dan krem asam. Besok giliran salad ala pesta Yunani lengkap dengan keju feta, minyak zaitun, bawang bombai, dan ketimun. Yang penting, jangan ragu untuk mengeksplorasi kreativitas Anda mengubah makanan ini menjadi sesuatu yang menyenangkan.

2. Buncis
Orang-orang Amerika latin gemar menyajikan sup buncis dengan roti jagung, kentang goreng, ketimun, dan tomat segar sebagai pendamping. Tentu saja kudapan seperti itu selain mengenyangkan juga menyediakan asupan protein yang cukup. Untuk menambah kenikmatan, Anda juga bisa mengolah campuran buncis, nasi, dan keju yang kemudian dibungkus sedemikian rupa menjadi isi tortilla. Bila tengah malam perut terasa keroncongan, buncis hitam bisa dikreasikan dengan telur orak-arik hingga tampil menarik sebagai kudapan sempurna tanpa daging.

3. Sup
Sup polos tetap merupakan pilihan oke untuk kudapan tanpa daging. Tentu akan semakin menggugah selera dengan menambahkan sayur-mayur dan tortellini keju. Anda pun bisa menyajikan sup beku seperti sup buah atau gazpacho. Kalau sup tanpa daging terasa aneh di lidah Anda, cobalah berkreasi dengan menambahkan jamur portobello agar tercium aroma dagingnya. Pilihan populer lainnya adalah sup kentang yang pasti akan menggugah selera makan, terlebih bila disajikan ketika cuaca kurang mendukung.

4. Pasta
Pasta bisa diolah menjadi beragam makanan tanpa daging. Anda bisa membuat lasagna dengan bayam dan saus krim. Bisa juga menyiapkan spaghetti kemudian mencampurnya dengan minyak zaitun dan sayuran panggang. Jenis pasta istimewa lainnya yang tak mengandung daging adalah Broccoli Alfredo. Pendek kata, ada begitu banyak variasi kudapan tanpa daging yang bisa diolah dari pasta. Sekali lagi, gali kreativitas Anda untuk mengubah pasta yang begitu-begitu saja saja menjadi hidangan sepinggan yang lezat.

5. Ala Mexico
Anda bisa mengolah aneka hidangan tanpa daging menggunakan bahan-bahan dari dapur Mexico. Nachos, misalnya, akan menjadi sajian istimewa bila dihidangkan bersama saus keju, buncis goreng, krem asam, tomat, dan bawang hijau. Pilihan istimewa lainnya adalah burritos yang cukup disajikan bersama irisan bawang merah, keju, buncis goreng, dan tortilla. Anda pun bisa menyajikan sayur panggang dicampur dengan bumbu Mexico. Jadilah enchiladas yang tak kalah nikmatnya untuk disantap.

Semoga kita menyukai sayuran. Dalam menu makanan kita usahakan ada sayuran agar kesehatan kita terjaga.





Referensi: Tabloid Nova

11 comments:

  1. share yang bagus gan...oh iya kalau mau badan agak gemukan dikit
    bagaimana ya gan...soalnya badan kita agak agak kurus.minta pencerahannya ya gan

    ReplyDelete
  2. @Corolla78: cara agar gemuk: rajin makan 3 kali sehari, makan 4 sehat lima sempurna, nasi, sayur , lauk dan buah ..dan juga minum susu yang katanya bisa bikin gemuk kayaknya ada di supermarket terdekat di kota anda. Silahkan dicoba. Semoga bermanfaat tips dari saya, silahkan dicoba ya..

    ReplyDelete
  3. thks gan atas solusinya...sippp

    happy blogging

    ReplyDelete
  4. @Corolla78: Terimakasih kembali..Selamat mencoba. Semoga berhasil tipsnya..ok

    ReplyDelete
  5. info bagus buat menjaga kesehatan, thanks udah berbagi

    ReplyDelete
  6. @Belajar Komputer: ok..thanks juga udah baca artikel dan berkomentar, Semoga kita tetap fitz dan lancar dalam beraktivitas.

    ReplyDelete
  7. ah sayamah tahunya yg nmor 2 sm 3 doang,,
    Kalo jengkol, pete, bagus gak ?? Xixixi,,

    Makasih mbak infonya,,

    ReplyDelete
  8. @blogger ponsel : kalo menurut yang saya baca, jengkol bermanfaat untuk menurunkan gula darah. Tapi jangan banyak-banyak karena ga bagus juga buat kesehatan dan aromanya itu lho, kurang sedap..hehe. Trimakasih atas kunjungannya ya.

    ReplyDelete
  9. sayuran yang sangat kaya akan vitamin..
    perlu di konsumsi setiap hari..

    ReplyDelete
  10. waah saya ma paling suka ma buncis &sop aja tu .

    ReplyDelete
  11. wah sangat bgus nih sayuran untuk,di komsumsi agar biar badan kta shat

    ReplyDelete