Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Jiwa



Setiap manusia pastinya menginginkan memiliki jiwa yang sehat. manusia yang memiliki jiwa yang sehat akan menjalani kehidupan dengan tenang, nyaman dan bahagia. Apakah kesehatan jiwa dan bagaimanakah cara menjaga agar jiwa kita selalu sehat?

Kesehatan Jiwa adalah Perasaan Sehat dan Bahagia serta mampu mengatasi tantangan hidup, dapat menerima orang lain  sebagaimana adanya serta mempunyai sikap positif terhadap diri sendiri dan orang lain.

                                           Kesehatan jiwa meliputi:
                        1· Bagaimana perasaan anda terhadap diri sendiri·
                        2. Bagaimana perasaan anda terhadap orang lain
                        3.Bagaimana kemampuan anda mengatasi persoalan hidup anda Sehari - hari.

Beberapa pengertian manusia:

* Individu yang holistik: terdiri dari jasmani dan ‘rohani’.
* Terdiri dari komponen jasmani, akal, jiwa dan qalbu (ruh)
* Struktur jiwa manusia terdiri dari id (insting-prinsip kepuasan), ego (kesadaran realitas-prinsip realitas), super ego/ moralitas-prinsip moralitas (Teori Freud)

Bagaimana Cara Menjaga Agar Jiwa Kita Tetap Sehat Dan Terjaga?

1. Beribadah. Melaksanakan ibadah dan berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa kita gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah-masalah kesehatan mental.

2. Menjaga keseimbangan diet makanan. Diet dapat memperburuk gejala berbagai penyakit termasuk autisme, skizofrenia, depresi, kecemasan dan serangan panik. Makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan mental yang baik adalah buah dan sayuran dan makanan yang mengandung asam lemak esensial, seperti ikan belida, tongkol, labu dan kacang-kacangan. Susu dan coklat juga dipercaya menimbulkan efek menenangkan pikiran.

3. Kurangi Menonton Televisi, Film dan Video/Online Game. Menonton televisi, film atau bermain game berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kekerasan dalam tayangan berita, film laga, dan game dapat mengurangi keseimbangan emosional, membuat depresi dan mempengaruhi respon emosi kita. Setelah melihat begitu banyak kekerasan, kita bisa tidak lagi mengenalinya sebagai kekerasan. Kilasan iklan televisi juga dapat menyebabkan indera dan otak kita overload dan kelelahan.

Banyak film yang menghibur, tetapi ada juga yang membangkitkan emosi negatif bagi sebagian orang. Bagi orang yang sensitif atau pernah mengalami semacam trauma dalam hidupnya, mengurangi waktu dan intensitas menonton tayangan yang memicu emosinya akan membantu menjaga keseimbangan jiwa.

4. Fokuslah pada hal-hal positif. Cobalah membaca berita, daripada menonton berita televisi. Membaca lebih berpengaruh lembut pada pikiran dan kita bisa lebih selektif. Cobalah menghindari tayangan kekerasan atau sensasional, pilihlah hanya program-program televisi dan film yang positif.

5.  Rekreasi di luar rumah. Cobalah untuk menjauhi rutinitas dengan menghabiskan waktu di alam. “Terapi hijau” bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menemukan kedamaian batin, dan menenangkan pikiran kita, menemukan pencerahan dan membebaskan dari pikiran negatif.

6. Lakukan kegiatan yang membangun rasa percaya diri. Belajar memainkan alat musik seperti piano atau biola, menguasai keterampilan bela diri, mendapatkan hadiah lomba, dll sangat membantu anak-anak membangun rasa percaya diri.

Bila Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan mental, penting sekali untuk selalu menjaga sikap positif dan tidak menyerah. Jangan mencaci-maki atau mengolok-olok yang membuatnya merasa rendah diri dan mengekalkan perasaan membenci diri sendiri. Hal ini juga berlaku bagi mereka dengan kecenderungan gangguan pola makan. Tunjukkan cinta dan pengertian kepada mereka.
7.  Ekspresikan cinta. Memberi dan mendapatkan cinta kasih membuat hidup kita bahagia. Mencurahkan cinta kasih kepada keluarga, kerabat dan orang lain adalah kunci kebahagiaan rohani. Membantu orang lain membuat hidup kita lebih bermakna dan kehadiran kita diharapkan.

Demikianlah beberapa cara yang bisa saya paparkan pada kesempatan kali ini. Semoga memberikan inspirasi positif bagi para pembaca dan memberikan manfaat serta menambah wawasan tentang ilmu psikologi. Terimakasih.






15 comments:

  1. Postingan yang beginian yang paling aku suka...mantef bang dan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. @Icah banjarmasin: Masa sich Sweethy Amore dipanggilnya bang..hehe, khan aku bukan cowo..hehe, thanks ya udah suka ama postingannya.

    ReplyDelete
  3. menarik sekali sahabat, dengan jiwa yang sehat kita boleh banyak berharap akan lahir pemikiran2 yang juga sehat.

    ReplyDelete
  4. @BRI Jakarta Veteran : that's right friend, thanks..

    @ Lalan Falatansah : thanks friend.

    ReplyDelete
  5. banyak yang saya petik dari blognya si mbak nih, unsur motivasi kayak gni yg saya selalu suka, bahkan hampir tak pernah kenyang bila membaca setiap postingan motivasi....saya tunggu motivasi selanjutnya ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. Artikel di blog mbak ni bagus bagus, penuh Tips dan motivasi. sukses ya mbak :D

    ReplyDelete
  7. @Bayu Rifai : Makasih ya sobat, Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Aamiin

    @Kang Farhan : Terimakasih banyak, semoga blog ini bisa menyajikan yang disuka pembaca dan bermanfaat. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. NICE SHARE SOB....SUNGGUH TIPS YANG BERMANFAAT...HEHEHE...HAPPY BLOGGING...

    ReplyDelete
  9. @Arman : Terimakasih, dan Alhamdulillah jika bermanfaat. Happy blogging too..

    ReplyDelete
  10. Posting yang sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya tentunya dalam bidang psikologi :-)

    Artikel yang super, poin2 yang mantap juga sob...

    Salam semangat blogging

    ReplyDelete
  11. @Fikri : Thanks sobat..

    Happy Blogging Too..Good Luck:)

    ReplyDelete
  12. wah cara yang sangat bagus yah..
    ini sangat membantu untuk kita..

    ReplyDelete
  13. waah yg penting mah kta bisa menjaga dri & tidk salh dalam pergaulan,

    ReplyDelete
  14. jaman sekarang mah kalau kita salah pergaulan ma, bahaya

    ReplyDelete