Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Penjelasan Mengenai Vertigo

Pernahkah para pembaca mengalami sakit kepala yang membuat kepala berputar-putar?. Sakit kepala itu dinamakan vertigo. Apakah sebenarnya arti dari vertigo itu?. Dalam berbagai pembahasan, vertigo diterangkan dengan batasan yang berbeda-beda. Namun, umumnya vertigo dijelaskan sebagai adanya ketidakseimbangan atau gangguan keseimbangan. Vertigo berasal dari bahasa Yunani yang berarti memutar. Rasa sakit pada vertigo juga berputar-putar atau yang sering disebut dengan pusing tujuh keliling.

Vertigo kadang disertai rasa terhuyung seakan mau jatuh dan dengan bunyi berdengung pada telinga. Namun, vertigo dapat muncul akibat gangguan mata atau leher. Ukuran lensa, misalnya, antara mata kiri dan kanan berbeda jauh, atau terjadi gangguan pada sumbu mata sehingga menyebabkan penglihatan menjadi rangkap dan kabur.
Apa itu Vertigo?

Pada dasarnya vertigo adalah gangguan keseimbangan pada susunan saraf yang penyebabnya secara pasti kurang dapat dipastikan. Berbagai penyakit di bagian tubuh lain maupun di sekitar otak juga menimbulkan vertigo. Rasa sakit vertigo kadang dibarengi dengan mual, pucat, keringat dingin, muntah, perubahan denyut nadi, tekanan darah, dan diare.

Vertigo merupakan gejala suatu penyakit. Sederet penyebab dapat disebutkan antara lain adanya benturan akibat kecelakaan, stres, gangguan pada telinga bagian dalam, obat-obatan, terlalu sedikit atau terlalu banyak aliran darah ke otak, dll. Vertigo juga berdampak rasa terhuyung jika berdiri di ketinggian atau bingung berada di tempat yang ramai dan asing.

Terhuyung atau sempoyongan biasanya dihubungkan dengan gangguan pada sistem keseimbangan. Gangguan keseimbangan ini beragam sehingga penderita sulit mengemukakan keluhannya secara rinci dan tepat.

Gangguan keseimbangan pada vertigo ada yang muncul saat berbaring pada posisi tertentu, saat tengadah, atau perpindahan gerak dari posisi satu ke posisi yang lain. Setelah mengalami selama beberapa hari, terhuyung dapat mereda. Namun, kadang penderita masih diganggu oleh rasa tidak stabil seperti berada di atas kapal yang diombang-ambingkan ombak.

Vertigo dapat muncul setiap kali berada di keramaian atau saat berada di tengah lapangan luas yang kurang penerangan. Vertigo juga banyak dialami oleh para penyelam yang belum berpengalaman. Mereka umumnya kehilangan orientasi sehingga merasa cemas bercampur bingung.
Ciri dan Penyebab Penyakit Vertigo

Seorang dokter ahli syarat menyatakan penyebab vertigo terbanyak adalah ganggunan pada leher. Gangguan leher ini ditimbulkan adanya pengapuran pada tulang leher yang menyebabkan vertigo. Tulang leher sebagai penyangga kepala ketika mengalami gangguan menyebabkan rasa terhuyung atau sempoyongan.

Gangguan leher terjadi umumnya akibat pola hidup atau pola kerja tidak seimbang. Stres atau tekanan akibat pola kerja tak seimbang ini memungkinkan tidak adanya kesempatan berolahraga maupun relaksasi. Pekerjaan mengetik dengan posisi layar monitor komputer terlalu tinggi pun bisa menyebabkan vertigo –sebagai akibat ketegangan pada leher. Apalagi jika kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

Vertigo karena gangguan leher, selain diatasi dengan obat, juga dengan fisioterapi berupa latihan relaksasi untuk daerah leher. Jika perlu dilakukan traksi atau otot-otot yang kaku ditarik agar ruas yang menyempit bisa dipulihkan.

Vertigo dapat dihubungkan dengan gejala stroke. Selain akibat cedera pada kepala bagian belakang, vertigo bisa terjadi karena suplai darah ke otak berkurang atau tidak lancar. Apabila aliran darah ke otak kecil kurang maka seseorang akan mengalami vertigo, Jika tidak segera ditindaklanjuti bisa menimbulkan stroke.

Vertigo bukan akibat benturan disusul dengan gangguan wicara, misalnya mulai sulit menyebutkan apa yang dimaksud, patut dicurigai sebagai awal dari serangan stroke. Pada kondisi ini, perlu segera dilakukan perawatan. Apalagi bila gejala itu disertai hipertensi dan kadar kolesterol tinggi.
Cara Mengatasi Penyakit Vertigo

Untuk mengatasai vertigo ini pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging) dapat dimanfaatkan untuk mengungkap apakah mengalami gangguan pada pembuluh darah otak. Memang, dengan obat pelancar aliran darah gangguan akan segera teratasi sambil terus dipantau apakah gangguan masih kambuh.

Vertigo paling berat jika disebabkan adanya tumor pada otak kecil atau dekat organ telinga. Vertigo yang dirasakan sesuai dengan pertumbuhan tumor. Semakin besar tumor semakin berat rasa sakitnya. Adakalanya diikuti dengan gejala telinga mendengung. Sebagai upaya penanggulangan satu-satunya cara operasi dan penyinaran untuk menyingkirkan tumor.

Namun, adakalanya vertigo hanya disebabkan oleh stres. Meski penderita mengalami gejala kepala berputar tujuh keliling dan bahkan sampai muntah-muntah, namun begitu stres dapat ditanggulangi vertigo pun menghilang. Vertigo pada umumnya bukan gangguan kesehatan serius. Akan tetapi semakin dini penanganannya vertigo akan semakin cepat dapat diatasi.

Semoga Informasi kesehatan ini bermanfaat bagi para pembaca.




Referensi: Dari berbagai sumber

51 comments:

  1. ooo gitu ya ternyata vertigo... jadi tambah faham nih mbak... muantap banget inpo sehatnya.... :)

    ReplyDelete
  2. makasih info tentang vertigonya mbak, susah emang kalo dah pusing dikepala...semua berabe...hehehe

    ReplyDelete
  3. Iya bener, pernah lihat yang kena vertigo jalannya terhuyung2 dan muntah2. Thanks infonya sob :)

    ReplyDelete
  4. Ulasan yang cukup detail tentang vertigo. Semoga saja bisa membantu para pembaca (atau keluarganya) yang mengalami masalah vertigo.

    ReplyDelete
  5. mengerikan sekali kalau udah vertigo, aktivitas jadi terhambat. moga kita tidak di datangi vertigo ini ya.

    ReplyDelete
  6. belom pernah untungnya kena vertigo .. migrain pernah ..
    nice info kak :)

    ReplyDelete
  7. kalau sakit kepala berat pernah sobat, tapi kalo vertigo sepertinya belum dan jangan sampai kena sobat...

    ReplyDelete
  8. Untunggg...untunggg...ga pernah ngrasain puyeng 7 keliling,klu migrain seh sering...cenut2 sebelah,info yang bermanfaat sist,thanks

    ReplyDelete
  9. Mudah-mudahan gk ngalamin kaya gitu...
    dan dipelihara terus supaya bisa sehat aminn...
    btw admin comment di blog saya juga yaa hehehhe

    ReplyDelete
  10. kalau vertigo belum pernah, tapi jika di belakang kepala 3 hari atau seminggu sekali sudah pasti sakit kepala...

    ReplyDelete
  11. Terima kasih penjelasannya, saya kira vertigo karena kurang darah karena yang dirasa seperti pusing.

    ReplyDelete
  12. sangat membantu sekali penjelasan vertigo diatas...jadi tahu akan sakit kepala dan jenisnya

    ReplyDelete
  13. kayaknya sy kena juga nih penyakit.. kadang pusing2 sndiri..

    ReplyDelete
  14. info yang sangat bagus...padat dan lengkap...blog ane blom sempet bahas maslah ini....sekalian buat referensi....thanks ya..

    ReplyDelete
  15. Aku pernah mengalami gejalanya, tapi penyebabnya karena kurang tidur...

    Thanks dah berbagi!

    ReplyDelete
  16. artikel ini yang gue cari, makasih gan

    ReplyDelete
  17. :D ibu saya sempet kena vertigo tuh,, parah kalo udah kambuh

    ReplyDelete
  18. "sakit kepala yang membuat kepala berputar-putar?."
    jadi kepalanya Muter gitu y Mbak.....hehehehe....Happy Blogging Mbak....semoga sehat selalu...

    ReplyDelete
  19. alhamdulillah... kayaknya sih ga pernah kena vertigo, jgn ampe dehhh... salam sukses sister..!

    ReplyDelete
  20. nagus mb,, tambah pesat ae bloge,,,, sip lah semangat

    ReplyDelete
  21. obatnya apa ya sebelum kita ke dokter ahli…

    ReplyDelete
  22. Infonya menarik, kebetulan teman saya ada yg mengidap penyakit ini.....

    ReplyDelete
  23. ada orang rumah klo sakit kepala sampe keuluarin air mata saking sakitnya mungkin..

    mungkin vertigo juga ya .

    ReplyDelete
  24. Good evening, thank you for your visit

    ReplyDelete
  25. singgah malam di blog sweethy, selamat malam sister.......

    ReplyDelete
  26. saya klo kecapekan dan kurang istirahat sering merasakan ini

    ReplyDelete
  27. sungguh ulasan yang detal mengenai vertigo..jadi bisa lebih memahami apa sebenarnya vertigo, terimakasih kawan sudah berbagi info :)

    ReplyDelete
  28. nice share information about vertigo ^_^

    ReplyDelete
  29. detail banget sob.makasih infonya,lama ga kunjung kemari

    happy blogging

    ReplyDelete
  30. biasanya kalau kurang minum dan kepanasan kepala saya suka sakit.

    ReplyDelete
  31. Informasi mengenai vertigo yang sangat komplit, saya jadi mengerti tentang vertigo thanks for information

    Follower 362, saya tunggu follow balik dan commentnya di blog saya

    ReplyDelete
  32. Owh.. ternyata Vertigo itu gak sama dgn Sakit Kepala biasa tuh.. kirain itu gara penyakit darah rendah aja!!
    ^_^
    MAKASI BANGET atas Inponyee yeee!!

    ReplyDelete
  33. @All commentator yang baik hati: Terimakasih atas kunjungan dan komentar kalian..maaf jikalau aku hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada kalian semua. Happy Blogging.

    ReplyDelete
  34. wah bermanfaat bgt sob, mksih nih info nya.!?

    salam hangat d pagi hari ya sob hahahyyyyy

    ReplyDelete
  35. Kunjungan gan :)
    Bagi bagi kalimat motivasi gan,
    "Untuk mencapai hal yang besar, kita bukan hanya bermimpi tetapi harus percaya, bukan hanya percaya tetapi harus mengambil tindakan .
    Di tunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  36. Kunjungan gan :)
    Bagi bagi kalimat motivasi gan,
    "Untuk mencapai hal yang besar, kita bukan hanya bermimpi tetapi harus percaya, bukan hanya percaya tetapi harus mengambil tindakan .
    Di tunggu kunjungan baliknya :)

    ReplyDelete
  37. Kunjungan siang mbak
    maaf mbak baru berkunjung
    ibu saya juga kena vertigo mbak
    dulu waktu pertama kali kena vertigo jalan aja gak bisa
    tapi sekarang udah jarang kambuh mbak kecuali kalau lagi stres mbak

    ReplyDelete
  38. kepalaku suka pusing, tapi aku gak tahu apakah itu vertigo atau karna ada penyakit lain. kalau pusing lobang hidungku yang sebelah kiri terasa mampet dan kepala sebelah kiri tepat diatas telinga juga terasa sakit. aduh ... aku jadi takut nih.... ngeri jangan2 ada penyakit lain di kepalaku

    ReplyDelete
  39. Link mu udah saya pasang...
    Link Back ya... :)
    gallery-sharing.blogspot.com
    makasihh

    ReplyDelete
  40. Bagus nih mbak. menambah pengetahuanku. salam dari SR11. :)

    ReplyDelete
  41. saya ini sering juga sakit kepala nih...., apalagi kalu sering baca apa sebab yah,.... oke sobat, terima kasih atas penjelasannya

    ReplyDelete
  42. di tempat kami ada yg bilang Vertigo itu stadium awal gejala kanker otak.. ternyata salah ya :)

    ReplyDelete
  43. slmt pagi gan....aku mengidap penyakit vertigo..sering kumat, apalagi kl sedang sibuk dengan pekerjaan , walaupun kerjaku cm memimpin anak buah...kalau kecewa pasti kumat...pernah kualami waktu memimpin shalat terjatuh ngusruk..tanya gan..gimana ya caranya supaya sembuh total..krn sudah mengganggu aktivitasku...maaf gan...salam...

    ReplyDelete
  44. jika vertigo telah menyerang, langsung saja lakukan teknik relaksasi dipadukan dengan mengedipkan mata secara perlahan beberapa kali. :)

    ReplyDelete
  45. penyakit vertigo yachhh....
    aku baru tahu nih macam penyakit ini...

    ReplyDelete
  46. vertigo,,saya pikir ini sama halnya dengan sakit kepala ternyata ada bedanya yakh,,,info yang sangat bagus,,terus bagikan informasi yang anda dapatkan,,hee

    ReplyDelete