Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Mewujudkan Keluarga Sakinah, Mawaddah Warahmah


Mempunyai keluarga yang sakinah menjadi idaman setiap orang. Kenyataan menunjukan banyak orang yang merindukan rumah tangga menjadi sesuatu yang teramat indah, bahagia, penuh dengan berkah. Kenyataan pun membuktikan tidak sedikit keluarga yang hari demi harinya hanyalah perpindahan dari kecemasan kegelisahan, dan penderitaan. Bahkan tidak jarang diakhiri dengan kenistaan, percerian, dan juga derita.

Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata merindukan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah itu tidak asal jadi, yang hanya berbekal cinta dan harapan, tapi butuh kesungguhan. Mengerahkan segala kemampuan untuk mewujudkannya. Butuh kerja keras dan kemauan yang kuat untuk mewujudkannya.

Ada beberapa indikasi yang bisa menghantarkan keluarga menjadi keluarga yang bahagia:

-Pertama, dengan menjadikan keluarga yang ahli sujud , keluarga yang ahli taat, keluarga yang menghiasi dirinya dengan dzikrullah, dan keluarga yang selalu rindu untuk mengutuhkan kemuliaan hidup di dunia, terutama mengutuhkan kemuliaan di hadapan Allah SWT kelak di surga. Jadikan berkumpulnya anggota keluarga di surga sebagai motivasi dalam meningkatkan amal ibadah.

-Kedua, menjadikan rumah sebagai pusat ilmu. Pupuk iman adalah ilmu. Memiliki harta tetapi kurang ilmu akan menjadikan kita diperbudaknya. Harta dinafkahkan akan habis, ilmu dinafkahkan akan melimpah. Pastikan agar keluarga kita sungguh-sungguh untuk mencari ilmu. Baik ilmu tentang hidup di dunia maupun ilmu akhirat. Bekali anak-anak sedari kecil dengan ilmu dan jadilah orang tua yang senantiasa menjadi sumber ilmu bagi anak-anaknya.

-Ketiga, jadikan rumah sebagai pusat nasihat. Kita harus tahu persis, semakin hari semakin banyak yang harus kita lakukan. Untuk itu kita butuh orang lain agar bisa melengkapi kekurangan guna memperbaiki kesalahan kita. Keluarga yang bahagia itu keluarga yang dengan sadar menjadikan kekayaanya saling menasehati, saling memperbaiki, serta saling mengkoreksi dalam kebenaran dan kesabaran. Setiap koreksian bahkan pujian yang diberikan oleh keluarga pada kita patut kita syukuri. Kenapa? Karena mereka adalah bagian terdekat kita, paling tahu keseharian kita seperti apa. Sehingga kritikan, koreksian, nasihat yang diberikan, dan bahkan pujian adalah lebih dekat pada keadaan diri kita yang sebenarnya.
Banyak orang yang terpedaya oleh pujian dari orang lain. Jika mendapat sanjungan dari guru sebagai murid teladan, itu penilaian semu, guru tidak tahu keadaan kita. Kalau kita mendapat penghargaan dari pemimpin, pemimpin tahu apa? Dia tidak tahu keseharian kita. Dengan demikian , kalau ingin mengukur penghargaan yang sebenarnya, lihat dari tanggapan orang yang paling dekat dengan kita. Kalau seorang suami bisa memuji atau seorang istri memuji suami, begitupun dengan seorang anak memuji orang tuanya, itu patut kita syukuri. Karena itu dekat dan tahu keseharian kita. Apabila sebuah keluarga mulai saling menasehati, maka keluarga bagaikan cermin yang akan membuat anggota keluarganya berpenampilan lebih baik, dan lebih baik lagi. Karena tidak pernah ada koreksi yang paling aman selain koreksi dari keluarga.

-Keempat, jadikan rumah sebagai pusat kemuliaan. Pastikan keluarga kita sebagai contoh bagi keluarga yang lain. Berbahagialah jika keluarga kita dijadikan contoh teladan bagi keluarga yang lain. Itu berarti, masing-masing anggota keluarga senantiasa menuai pahala dari setiap orang yang berubah karena kita sebagai jalan kebaikannya. Saling berlomba-lombalah dalam memunculkan kemuliaan di keluarga.

Nah saudaraku, berambisilah untuk menjadikan keluarga kita penuh dengan limpahan karunia Allah. Ikhlaskan semua yang kita lakukan. Niscaya keridhaan Allah bersama kita. Amiin. Wallahu a’lam bishawab.





Referensi: http://raderi.blogsome.com

35 comments:

  1. Terima kasih sahabat atas berbagi artikelnya ini.

    Semoga keluarga kita menjadi keluarga yang sakinah mawaddah serta warahmah aamiin

    ReplyDelete
  2. Semoga kita semua bisa mewujudkan keluarga sakinah, dan mendapatkan rahmat dari Allah , aminn

    ReplyDelete
  3. terimakasih .. artikelnya gue banget.... lumayan banget buat bekel nikah saya :D

    ReplyDelete
  4. wah keluarga SAMARA tentunya dambaan tiap orang.

    trims tpisnya:}

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah, senang sekali bisa dapat ilmu ttg keluarga "samara" di sini. makasih banyak Sobat.

    ReplyDelete
  6. Saya Juga berharap, semoga saya juga bisa mewujudkan keluarga menjadi keluarga sakinah, mawaddah warahmah yang diridhoi Allah SWT. Aamiin.

    ReplyDelete
  7. wiih, baca dlu biar tahu, nice info sob :)

    ReplyDelete
  8. Semoga nanti aku bisa mewujudkannya. amin. :)
    Makasih mbak artikelnya :)

    ReplyDelete
  9. waaah... makasih mbak artikelnya... bisa dipraktek.in nih ntar kalo dah merrid...

    ReplyDelete
  10. semoga keluarga kita selalu diberkahi Allah sebagai keluarga yg mawaddah wa rohmah...amiin...
    sip banget artikel kali ini mbak...

    ReplyDelete
  11. keluarga dambaan setiap umat mbak...keluarga SAMARA ..ridlo dari Allah swt... setuju banget dengan mbak..salam semangat

    ReplyDelete
  12. tips yg insya Allah bisa dijadikan sebagai media renungan bagi para keluarga yang ingin menjadi keluarga sa-ma-ra.

    semoga bermanfaat n sukses selalu u/ mbak^^

    ReplyDelete
  13. kalau memiliki keluarga harmonis
    saling pengertian dan saling sayang
    sungguh indah sakinah mawadah ....

    ReplyDelete
  14. Nice article mba,.. Semoga ntar kalau sya mnjd kpla keluarga dpt mnjadi keluarga yg sakinah, mawaddah dan warrahmah,.. amiin

    Happy blogging sahabat..!

    ReplyDelete
  15. Nice article mba,.. Semoga ntar kalau sya mnjd kpla keluarga dpt mnjadi keluarga yg sakinah, mawaddah dan warrahmah,.. amiin

    Happy blogging sahabat..!

    ReplyDelete
  16. Keluarga Sakinah mungkin termasuk surga dunianya orang mukmin dan muslim di antara dunianya orang-orang kafir....

    smoga kluarga kita termasuk)

    ReplyDelete
  17. Artikel yang menarik sist...
    Ijin Copy ya sist...

    ReplyDelete
  18. memiliki keluarga yang "SAMARA" adalah cita2 setiap pasangan, semoga mbak sweethy dan semua sobat yang hadir di sini selalu dalam Ridho dan lindunganNYA sehingga kita bisa mewujudkan semua itu!.....(sokngerti.com)

    ReplyDelete
  19. makasih teh udah sharingnya

    semoga harapan dan impian mempunyai keluarga yang SMW :)

    ReplyDelete
  20. Mantef banget artikelnya..aku suka banget dah.

    ReplyDelete
  21. Amiiin Mba....Keluarga sakinah memang dambaan kita semua tapi memang ketika dibenturkan dengan realitas yang ada sekarang bahwa masyarakat dan lingkungan kita semakin hedonis, berorientasi pada materi dan hiburan semata, maka langkah menuju tujuan tersebut menjadi tantangan yang harus dilewati dengan segenap perjuangan. Itu tidak mudah tapi kita senantiasa harus mencoba untuk melewatinya...Ya Rob,senantiasa luruskan niat dan ikhtiar kami untuk menjadi keluarga sakinah..

    ReplyDelete
  22. Rasanya kalimat "Baiti Jannati" (rumahku adalah surgaku) tidak hanya jadi pepatah saja, jika bisa membuat kehidupan bersama pasangan seperti uraian diatas. Adem banget deh dirumah sepertinya..

    Salam ke istri saya, sudah tersampaikan jeng. Karena orangnya baca sendiri komentar di blog saya. Dia sih males ngurus blognya sendiri hehehehe :):)

    ReplyDelete
  23. Amiiin
    Semoga saya dan suami bisa menjaga komitmen kami terus menerus...

    ReplyDelete
  24. nice share sist,mudah2n keluarga saya tetap termasuk dalam keluarga yang sakinah sampai ntar maut menjemput...

    ReplyDelete
  25. setiap pasangan pasti ingin hubungannnya sakinah mawaddah warahmah :)

    ReplyDelete
  26. kayaknya ini nih yang paling banyak diinginkan oleh setiap insan....

    ReplyDelete
  27. artikel ini menjadi pelajaran buat saya yg belum menikah...

    ReplyDelete
  28. mudah"an nanti kalo udah menikah dapat menjalani dengan sakinah mawadah warohmah..

    ReplyDelete
  29. MUdah2an allah swt memberi jodoh wanita yg muslimah kpd saya ^_^....amin ya allah

    ReplyDelete
  30. SubhanaLLAh, Smoga kita semua bisa menjadi keluarga yang Sakinah,mawaddah dan warahmah. Amin

    ReplyDelete
  31. artikel yang sangat bagus.. ijin rewrite buat blog saya ya.. pasti saya cantumin sumber nya ..
    sukses terus blog nya, trimakasih

    ReplyDelete
  32. terimakasih untuk artikelnya,
    Semoga ALLAH menjadikan kami keluarga yang sakinah mawadah warohmah..

    ReplyDelete
  33. Semoga Sllah Swt senantiasa melimpahkan rahmat-Nya pada kita semua, dan semoga kita dapat mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warrohmah. Aminnn

    http://hayfanuridzakira.blogspot.com/

    ReplyDelete
  34. izin Rewrite ya...
    http://hayfanuridzakira.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. terima kasih, artikel ini sangat bermanfaat sekali dalam membentuk keluarga sakinah. keluarga sakinah yang didambakan banyak orang. semoga terus menginspirasi masyarakat untuk meraih keluarga yang diridhai Tuhan, amin.

    ReplyDelete