Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Sembuh dari Lumpuh Berkah dari Kesabaran


Seorang dokter spesialis luka dalam Riyadh yang bernama Dr. Khalid Al Jubir berkisah tentang dirinya dan sahabatnya. Beginilah kisahnya, selama kuliah dulu dia memiliki seorang teman mahasiswa akademi militer. Dalam semua hal dia memiliki banyak kelebihan dibanding teman-temannya yang lain. Selain baik hati, pemuda ini juga amat rajin shalat malam dan tidak pernah lalai menjalankan shalat lima waktu.

Pemuda ini lulus dengan nilai memuaskan. Tentu saja ia sangat ingin senang. Namun tak ada yang bisa menduga jalannya takdir. Suatu saat pemuda ini terserang penyakit influensa, dan sejak saat itu fisiknya menjadi lemah hingga mudah terserang berbagai macam penyakit. Hingga karena komplikasi penyakit yang beragam, ia menjadi lumpuh. Tubuhnya tidak mampu lagi digerakkan sama sekali. Semua dokter yang menanganinya mengatakan kepada Dr.Khalid, kalau kemungkinan kesembuhan untuk pemuda itu sekitar 10% saja.

Pada saat Dr.Khalid membesuknya di rumah sakit, ia melihat pemuda itu tak berdaya diatas ranjangnya. Dr.Khalaid datang untuk menghiburnya. Namun Subhanallah, apa yang ia dapatkan justru sebaliknya, wajah pemuda it cerah jauh dari mendung kedukaan. Pada wajah itu jelas sekali terpancar cahaya dan kilauan iman.

”Alhamdulillah, saya dalam keadaan sehat-sehat saja. Saya berdoa kepada Allah Subhanahu wa Taa’ala semoga Anda lekas sembuh.” kata Dr.Khalid membuka pembicaraan. Di luar dugaan pemuda itu menjawab,”Terimakasih untuk doamu. Sesunggunya saudaraku, mungkin saat ini Allah tengah menghukumku karena lalai dalam menghafal Al-Qur’an. Allah menguji saya, agar saya segera menuntaskan hafalan saya. Sungguh ini adalah nikmat yang tiada terkira.”

Dr.Kahlid terpana mendengar jawaban menakjubkan itu. Bagaimna mungkin cobaan begitu berat yang tengah dialami pemuda itu dianggap sebagai suatu nikmat? Benar-benar ini adalah suatu pelajaran baru yang amat berharga bagi dirinya sehingga ia merasa tak berharga dihadapan pemuda itu.

Dr.kahlid teringat akan sabda Rasulullah Shallallahu A’laihi Wassallam : ” Sungguh mengagumkan perkara seorang mukmin. Seluruh perkaranya mengandung kebaikan. Hal ini hanya ada pada seorang mukmin. Ketika ia dikaruniai kesengangan ia bersyukur, maka hal iti baik baginya. Dan ketika ia ditimpa kesedihan, ia menghadapinya dengan sabar dan tabah, maka hal itu baik baginya.” (Riwayat Muslim)

Jujur saja Dr.Kahalid teramat mengagumi ketabahan pemuda itu. Beberapa pekan kemudian ia membesuk sahabatnya itu, sepupu sang pemuda berkata,”Coba gerakkan kakimu, coba angkat kakimu ke atas.” Pemuda itu menjawab,”Sungguh saya amat malu kepada Allah untuk terburu-buru sembuh. Jika kesembuhan itu yang terbaik bagi Allah, aku bersyukur. Namun, apabila Allah tidak memberikan kesembuhan padaku hanya agar aku tidak melangkah ke tempat-tempat maksiat aku pun bersyukur. Allah Maha Tahu yang terbaik untukku.

Allahu Akbar, betapa kalimat itu sangat menggetarkan. Setelah peristiwa itu Dr.khalid menempuh program magisternya ke luar kota. Beberapa bulan setelah itu ia kembali dan yang pertama diingatnya adalah pemuda sahabatnya itu. Dalam benaknya ia berpikir,”Paling saat ini ia sedang terbaring lemah di atas kasurnya, jika ia kemana-mana pastilah ia digotong.”

Ternyata menurut teman-temannya pemuda itu sudah pindah ke ruang penyiapan untuk mendapatkan pengobatan alami. Pada saat Dr.Khalid menemuinya, ia tengah duduk di kursi roda. Dr.Khalid senang sekali melihatnya hingga berkali-kali ia mengucapkan syukur.

Pemuda itu dengan spontan menyampaikan kabar gembira yang tak terduga ”Alhamdulillah saya telah menyelesaikan bacaan Al-Qur’an.” katanya penuh semangat. ”Subhanallah” Dr.Khalid memekik kagum. Setiap kali membesuknya ia selalu mendapat hikmah yang semakin mempertebal keimanannya.

Tidak lama berselang, Dr.Khalid kembali pergi ke luar kota selama empat bulan. Dan selama itu pula ia tidak pernah bertemu dengan pemuda sahabatnya yang sangat tabah itu. Hingga saat ia kembali, ia menerima kenyataan yang amat sulit diterima oleh akal manusia. Namun, bagi Dzat yang Maha Tinggi, bukanlah hal yang mustahil terjadi. Jangankan hanya sakit, tulang-belulang yang telah hancur pun bisa dihidupkan kembali menjadi manusia yang utuh.

Pada waktu Dr.Khalid sedang shalat di mushalla rumah sakit itu. Tiba-tiba ia mendengar sapaan seseorang, ”Abu Muhammad!” Reflek dia menoleh dan pandangan di hadapannya membuatnya terpana. Ia tak mapu mengucap sepatah kata pun. Benar, Wallahi (Demi Allah -red) yang berdiri di hadapannya adalah pemuda sahabatnya yang dulu lumpuh total. Namun di hadapannya kini ia dapat berjalan kembali dengan normal dan segar bugar. Allahu Akbar, sesungguhnya keimanan lah yang dapat memunculkan keajaiban.

Spontanitas, Dr. Khalid menangis. Pertama dia menangis karena terharu dan senang akan karunia Allah berupa kesembuhan untuk sahabatnya itu. Kedua ia menangis untuk dirinya sendiri yang selama ini lalai untuk mensyukuri nikmat-nikmatNya.

Ternyata, karunia untuk sahabatnya tidak hanya sebatas itu. Ia diterima sebagai delegasi Universitas Malik Su’ud Riyadh, kerajaan Saudi Arabia untuk melanjutkan studi magisternya. ”Dr. Khalid apa yang saya terima ini justru akan menjadi malapetaka bagi saya jika saya tidak mensyukurinya.” Paparnya kepada Dr.Khalid.

Setelah tujuh tahun, pemuda itu mengunjungi Dr. Khalid kembali dalam rangka mengantar kakeknya yang terkena penyakit hati. Dan Subhanallah, ia telah menjadi seorang mayor!

Dr.Khalid kembali meneteskan airmatanya. Ia berdoa kepada Allah agar pemuda itu selalu dalam kebaikan dan selalu istiqomah di dalam iman dan islam. Sungguh Allah Maha Mendengar dan Mengabulkan permohonan setiap hambaNya.

(Ummu Faros, dari penjagaan Allah kepada hamba-hambaNya yang shalih; Khalid Abu Shalih )







Diambil dari : Majalah Elfata, Volume 07 2007, Kasih sayang di Bulan Suro.
Sumber: Muslimahzone.com

83 comments:

  1. Allahu Akbar...hanya Dia yng bisa menyembuhkan segala macam penyakit....salam..

    ReplyDelete
  2. Allah maha penyambuh.. tidak ada penyakit yg datang kecuali ada obatnya kecuali kematian...
    kita harus banyak belajar dari cerita diatas...
    sip banget mbak sweety

    ReplyDelete
  3. sungguh luar biasa kekuasaan ALLAH SWT

    ReplyDelete
  4. mudah-mudahan menjadi i'tibar bagi kita semua..

    ReplyDelete
  5. @all: Allah SWT memang Maha Penyembuh dan Maha Segalanya. Semoga kisah ihi memberikan hikmah bagi kita semua.

    ReplyDelete
  6. Segala yang ada di langit dan di bumi adalah kekuasaan dari Allah, tiada yang patut disembah dan dimintai pertolongan selain Dia. Cerita diatas merupakan sebuah bukti akan kekuasaan Allah.

    Saya teringat betul akan kuasa Allah ketika istri saya divonis endriometriosis (sulit punya keturunan) oleh dokter spesialis kandungan. Dan harus melakukan terapi minimal 4 bulan dg biaya pengobatan yg cukup mahal, itupun kemungkinannya masih 50:50.

    Cukup berat utk menerima kenyataan tsb, terutama istri saya. Untunglah ada sahabat yang selalu memberi nasehat utk terus berdoa dan meningkatkan dzikir serta istighfar, karena siapa tahu ini semua ujian untuk kami atas kesalahan kesalahan masa lalu. Dan Alhamdulillaah, setelah sebulan terapi ternyata dibulan kedua istri saya dinyatakan hamil. Dan saat ini menginjak bulan ke-5.

    ReplyDelete
  7. Allah akan selalu memberikan kesembuhan bagi hamba-Nya yang sabar.
    Bagus mbak artikelnya. :)

    ReplyDelete
  8. @arie5758: Alhamdulillah ya Mas..moga kehamilannya lancar sampai persalinan shingga anak dan ibu sehat.

    @SR11: makasih ya sob..

    ReplyDelete
  9. Subhanalloh, itulah buah kesabaran dan ketawakaln yang di berikan oleh Allah SWT kepada hambanya yang sabar dan tawakal dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan dalam hidup, semoga saya bisa seperti beliau menjadi orang yang sabar dan tawakal. amin. terimakasih ya mbak udah share artikel yang sangat bermanfaat ini, sukses selalu

    ReplyDelete
  10. kisah yang penuh dengan hikmah, kesabaran dan doa menjadi senjata setiap orang muslim...

    ReplyDelete
  11. Semoga semua Mahkluk hidup berbahagia..

    ReplyDelete
  12. jadi kita sembuh tergantung sama Allah, gan :)

    ReplyDelete
  13. @Zetiawan: Allah memang Sang Maha penyembuh bagi yang dikehendaki-NYA. Jika sakit kita memang harus berobat/berusaha agar sembuh dan keputusan ada ditangan Allah. Thanks ya sob atas komennya.

    @Gumanta-Info: Aamiin Ya Robbal Alamin. Semoga kisahnya memberi pencerahan dan dapat diambil hikmahnya.

    @diary online : Aamiin Ya Robbal Alamin.

    @Baby Aoliya : Hanya Allah Maha Penyembuh, tetapi kita juga harus berusaha semampu kita untuk mencari obat atau ke dokter jika sakit, dan keputusab kesembuhan ada di tangan Allah.

    ReplyDelete
  14. tidak ada daya dan kekuatan kecuali datang dari Alloh swt...

    ReplyDelete
  15. Subhanallah kisahnya sangat bermanfaat bagi kita umat muslim... agar tetap tabah dalam menghadapi cobaan karena dibalik cobaan pasti ada hikmahnya...

    ReplyDelete
  16. Jadi merinding nih, baca cerita gituan. Serasa mau tobat setiap saat!

    ReplyDelete
  17. @All friend : Aamiin Ya Robbal Alamin. Semoga kita diberi kesabaran dalam menghadapi suka duka kehidupan di dunia yang fana ini.

    ReplyDelete
  18. subhanallah..... ternyata benar Allah selalu bersama orang-orang yang sabar

    ReplyDelete
  19. jangan terlalu lama sobat dalam membuat rencana, bukankah hiodup itu nyata? Hidup yangnyata bukan hanya btuh rencana namun, ia pun memerlukanaction kita..

    ditunggu kunjungnnya sob http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete
  20. Artikel yang menarik sis.. maaf baru sempat berkunjung lagi sibuk banget sis...

    ReplyDelete
  21. @All: makasih ya atas kunjungan dan komentar kalian. Semoga pada update PR besok, blog para sahabat dapet PR bagus dari si mbah Google.

    ReplyDelete
  22. Sabar Memang Pahlanya Tak aada angka Buat Mentakar.

    ReplyDelete
  23. kisah sedih dan mengajarkan kita untuk sabar dan setia pada sahabat

    ReplyDelete
  24. sabar memang ujian apa bila lulus maka akan dapat hadiah dari tuhan ...

    ReplyDelete
  25. hmmmm.. speechless. inspiratif sob.. nice post :D

    ReplyDelete
  26. Subhanalloh,, bgtu mengharukan... semua berkat kebesaran Alloh SWT

    ReplyDelete
  27. subkhanallah.......sebegitu cinta nya Allah kepada umat NYa ,walaupun terkadng kita sering lupadan melupakan NYA....kesabaran pasti berbuah manissapalagi kalau di irianga lkhlas...akan lebih terasa indah nya....salam kenal....bahagia itu nidah.

    ReplyDelete
  28. Bagi bagi yang sangat bermanfaat untuk motifasi dalam menjalankan hidup ini

    ReplyDelete
  29. Thanks Temen2 atas komentar kalian.

    ReplyDelete
  30. Benar2 kisah yang mengharukan.. Kesabaran memang jalan yang terbaik untuk segal ujian hidup.. :)

    ReplyDelete
  31. hanya dengan sabarlah kita akan mendapatkan sesuatu yang lebih baikk....

    ReplyDelete
  32. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    ReplyDelete
  33. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    ReplyDelete
  34. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    ReplyDelete
  35. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  36. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  37. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  38. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  39. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  40. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  41. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  42. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  43. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    ReplyDelete
  44. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  45. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  46. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  47. Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    ReplyDelete
  48. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    ReplyDelete
  49. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  50. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  51. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  52. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  53. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    ReplyDelete
  54. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  55. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  56. Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

    ReplyDelete
  57. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  58. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  59. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    ReplyDelete
  60. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  61. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  62. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  63. Ide cemerlang saya dapat dari Artikel yang di buat di Wibesite ini, Wajib dicoba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  64. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  65. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  66. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    ReplyDelete
  67. kunjungan gan .,.
    saat kau kehilangan arah ingatlah masih ada yang menolong mu
    dan tetap berdoa mengharap untuk menemukan jalanmu.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  68. Subhanallah... sungguh rahasia tuhan yang sangat mengharukan.......

    ReplyDelete
  69. Subhanallah, bisa jadi renungan bwt ane nih,., nice posting,.,

    ReplyDelete
  70. ceritanya bagus...memotivasi dan mengingatkan kita bahwa sehat itu mahal

    ReplyDelete
  71. subhanallah,,ini kisah bener sangat menyentuh kawan,,,,aku sangat iri sekali dengan pemudah yang di uji menurutku itu sangatlah tidak mudah untuk menjalaninya,,,aku yang terlahir sempurna ini sangatlah jauh dalam beribadah bila dibandingkan dengan pemuda tersebut....semoga keimanan yang ada pada dirinya bisa tertancap dalam hati kita kita,,amiiin..

    ReplyDelete