Blog Dream of Love berisikan tentang Cinta, Informasi, Artikel keluarga dan Berita aktual terkini

Berbagai Tips Jitu Menjadi Pasangan Yang Berbahagia

Setiap pasangan yang sudah menikah pastinya mendambakan menjadi pasangan yang bahagia /Happy Couple.  Bukankah demikian??. Pasangan yang bahagia tahu bahwa hubungan nyata dimulai saat masa bulan madu usai. Kecuali Anda tetap memelihara taman cinta itu, keindahannya akan sirna dan mati. 


Oleh karena itu, peliharalah taman cinta Anda agar tercipta rumah tangga harmonis dan Anda akan mendapatkan keindahan dalam hidup berumah tangga. Anda bisa mencoba 10 tips pasangan bahagia berikut ini :

 1. Berangkat Tidur Bersama.
 Langkah itu memang terkesan sepele, bahkan mungkin luput dari perhatian Anda. Tapi menurut Dr Mark Goulston dalam buku The 6 Secrets of a Lasting Relationship, itu merupakan salah satu kunci kebahagiaan suami-isteri. Tentu itu mudah, tapi kadang Anda sulit melakukannya. Goulston menyarankan Anda untuk selalu mengingat masa awal pernikahan. Kala itu, bukankah Anda tak sabar menunggu untuk berduaan di tempat tidur ?. Menurut dia, pasangan yang bahagia menolak berangkat tidur sendiri. Kalau pun nanti bangunnya tak bersama-sama, bukan masalah. Begitu pun saat bertengkar. Biasakan tetap berangkat tidur bersama-sama walau tak bicara. Usahakan untuk tetap bersenggolan tangan atau kaki. Dan hindarilah punggung-punggungan, karena itu akan menjauhkan Anda berdua. 

2. Samakan Minat.
Jangan mengecilkan arti aktivitas yang dapat Anda kerjakan bersama pasangan. Jika belum punya, menurut Goulston, pasangan yang bahagia biasanya mengusahakannya. Namun pada saat yang sama, tetaplah memelihara minat pribadi Anda. Dengan begitu Anda akan semakin menyukai pasangan Anda tanpa menjadi tergantung. 

3. Jalan Bergandengan.
 Pasangan bahagia akan merasa nyaman jika berjalan sambil bergandengan tangan atau bersebelahan, ketimbang satu di depan, satu di belakang memandangi punggung. Rasanya memang aneh bagi yang tak biasa. Canggung memang, mungkin saja Anda malu untuk menunjukkan kemesraan di muka umum. Untuk itu tepis saja rasa malu, toh dia pasangan sah Anda. Cobalah !. Sekali mencoba pasti Anda akan keterusan. Dan rasakan sensasinya. Hati Anda berdua pun terasa makin lekat.

 4. Cari Sisi Positif.
Goulston menyarankan Anda untuk tidak mencari-cari kesalahan pasangan Anda. Pusatkan perhatian pada apa yang dilakukannya secara benar, bukan pada yang salah. Gampang memang bagi Anda untuk menemukan hal keliru yang dia lakukan. Anda pun sama juga selalu bisa menemukan hal benar. Jika dua-duanya mudah, mengapa Anda tak mencari hal yang benar. Karena itu akan membantu Anda membangun keharmonisan rumah tangga. Kata Goulston, pasangan bahagia lebih memilih sisi positif. 

5. Saling Memaafkan
 Itu juga bagian yang harus Anda perhatikan. Rumah tangga tanpa kepercayaan, sama saja dengan meniti petaka. Jadi, buatlah kepercayaan dan memaafkan sebagai pegangan baku dalam hubungan Anda. Kata Goulston, jika pasangan bahagia bertengkar atau berbeda pendapat dan tak bisa menyelesaikan, mereka akan mengutamakan rasa percaya dan memaafkan satu sama lain, bukan rasa tidak percaya dan tanpa ampun. “Rasa aman berbicara tentang ketenangan batin. Seorang suami dapat merasakannya ketika ia tahu istrinya mempercayai dia dan komitmennya terhadap pernikahan mereka,” kata David dan Teresa Ferguson dalam bukunya *More Than Married*. Sedangkan rasa aman yang mungkin dirasakan istri, datang saat sang suami menolongnya lepas dari ketakutan lewat kata-kata penghiburan yang menenangkan dan penuh kasih. Komitmen terhadap pasangan dapat dikomunikasikan melalui dukungan yang sejati dan pujian yang tulus. 

6. Saling Berpelukan.
Saling berpelukan segera setelah bertemu sepulang kerja. Kulit kita, kata Dr. Goulston, memiliki memori tentang ‘sentuhan baik’ (cinta), ‘sentuhan buruk’ (pelecehan) dan ‘tanpa sentuhan’ (penolakan). Pasangan yang saat bertemu langsung berpelukan berarti memelihara ingatan kulitnya dengan ‘sentuhan baik’ dan memberi kehangatan.

 7. Katakan Cinta.
Jangan ragu untuk mengatakan cinta pada pasangan Anda. Ungkapkan saja, “Aku cinta padamu” atau bentuk perhatian lain, misalnya dengan mengatakan, “Baik-baik ya” pada pagi hari. Itu merupakan cara hebat untuk mendapatkan kesabaran dan toleransi menghadapi dunia luar yang tak teratur dan semrawut. Selain itu juga untuk meyakinkan pasangan bahwa Anda mencintai dia, juga wujud perhatian Anda.

 8. Ucapkan Salam.
Satu kata lagi yang kadang Anda lupa adalah salam menjelang tidur. Ucapkan “Selamat malam sayang” setiap malam menjelang tidur. Malah akan lebih berkesan jika ditambah dengan kecupan. Itu harus rutin Anda lakukan setiap malam, apa pun kondisi Anda. Tak peduli bagaimana perasaan Anda. Menurut Goulston, hal itu akan mengingatkan pasangan Anda bahwa betapa pun Anda sedang marah tetap ingin bersamanya. Artinya, apa yang Anda berdua miliki lebih penting ketimbang kemarahan satu hari itu. 

9. Membaca Hati.
Bacalah cuaca hati pasangan Anda setiap saat. Usahakan untuk berbicara dengannya di sela-sela kesibukan kerjanya, dengan demikian Anda bisa menyesuaikan diri dengan suasana hatinya setelah bertemu. Tentu saja itu untuk menghindari konflik yang mungkin bisa terjadi. Memang sakit hati, kejengkelan, dan kebutuhan-kebutuhan yang tak bisa Anda penuhi, adalah hal-hal yang tak dapat dihindarkan dalam setiap hubungan dekat. Bahkan sepulang dari berbulan madu, hal-hal yang terjadi dalam keseharian dapat memunculkan kejengkelan-kejengkelan. Ya, pernikahan memang dua pribadi tak sempurna yang bertekad menjadi satu dalam kedekatan yang permanen. Wajar jika muncul konflik. David dan Teresa Ferguson dalam bukunya *More Than Married* mengatakan jangan pernah berpikir bahwa dapat memiliki hubungan yang intim tanpa mengalami konflik. Namun usaha penyelesaian konflik yang benar dapat menambah keintiman dan mendatangkan kedamaian dalam pernikahan. Mengapa ?, “Karena hal ini membuat pasutri sama-sama merasa aman,” kata mereka. 

10. Bangga Bersama.
 Anda harus merasa bangga terlihat bersama pasangan Anda. Itu akan membahagiakan dia. Pasangan yang bahagia senang bisa bersama-sama. Menurut Goulston biasanya itu ditunjukkan dengan sentuhan tanda sayang di antara mereka. Misalnya gandengan tangan, rangkulan, pelukan, elusan. “Bukan mau pamer, tapi hanya ingin mengatakan bahwa mereka saling memiliki,” kata dia.

 Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca yang sudah memiliki pasangan setia/menikah dan juga menambah wawasan bagi para pembaca yang akan memasuki gerbang pernikahan. Semoga bahagia dan langgeng selalu. Aamiin.

10 Langkah Membuat Pria Jadi Istimewa


Bagaimana cara membuat seorang pria menjadi merasa bahagia dan membuatnya bisa jadi istimewa?. banyak juga pertanyaan seputar masalah ini.Kadang kita bingung mencari cara untuk memenangkan hati pria idaman Anda? Mari Ikuti panduan berikut ini:

Memenangkan hati pria sebenarnya tidaklah sulit jika Anda mengetahui caranya. Berbeda dengan wanita pada umumnya yang senang dengan rayuan dan hadiah mahal, memenangkan hati pria hanyalah membutuhkan cara sederhana karena yang mereka inginkan hanyalah perhatian lebih dari Anda. Jadi jika ingin membuatnya merasa istimewa dan dicintai, lakukan saja beberapa hal berikut:

1. Tampil rapi ketika Anda pergi bersamanya
Pria sangat senang memamerkan pasangan mereka. Jadi, tampil indah untuknya adalah sebuah cara terbaik untuk membuatnya merasa spesial di hadapan teman-teman ketika dia mengenalkan Anda pada mereka. Ingat, tampil indah tak berarti menggunakan make up berlebih. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah berbusana rapi, memegang lengannya saat berjalan, dan jangan lupa untuk tersenyum lebar dan tulus.

2. Ambil posisi sebagai temannya
Pria pada dasarnya tidak suka hal romantis dan lembut dalam hidupnya. Tak heran, mereka pun selalu mencari perubahan dengan bergaul bersama teman-temannya. Jadi, untuk mendapatkan perhatian tersebut, sesekali temani dia untuk minum teh atau kopi. Dengan kata lain, cobalah untuk melibatkan diri seperti yang dia lewati bersama teman-temannya. Hal tersebut akan membuatnya merasa istimewa.

3. Meminta nasihatnya
Libatkanlah pasangan dalam beberapa masalah yang Anda miliki dan kemudian mintalah nasihatnya perihal masalah tersebut. Hal ini mungkin terdengar seperti berpura-pura. Tapi percayalah hal tersebut akan meningkatkan egonya. Dia akan merasa dihargai karena memiliki kesempatan untuk diminta pendapatnya oleh pasangannya sendiri.

4. Beri pujian
Layangkan beberapa pujian padanya, misalnya dalam kecakapan selera fesyennya, selera kuliner, dan sebagainya. Lakukan hal tersebut tanpa berlebihan. Hal ini akan membuatnya melayang tinggi dan merasa bahwa Anda tak hanya menghargainya tapi juga mencintainya.

5. Pujilah karakternya di depan keluarganya
Hal ini sangat bermanfaat bagi psikologisnya. Tanpa disadari, pria selalu meminta persetujuan dari keluarga tentang prestasi mereka. Dan di sinilah kesempatan Anda untuk memunculkan hal tersebut. Jika Anda memujinya di depan orang, maka dia pun akan merasa begitu istimewa.

6. Manjakan dia dengan menu sarapan lezat
Ketimbang menyuguhkan roti panggang biasa dan telur, mengapa tidak meracik menu sarapan yang lebih spesial untuknya. Anda dapat membuat pancake dengan campuran aneka topping saat akhir pekan. Hal-hal kecil seperti ini akan membuatnya merasa sangat istimewa.

7. Memberinya kejutan
Rutinitas sehari-hari di kantor membuat kehidupan cinta Anda terganggu. Jadi, kenapa tidak mencoba memberikannya kejutan yang membuatnya bahagia. Cobalah memberikan padanya sesuatu hal yang baru setiap hari. Misalnya, menyapa dirinya dengan bunga atau minuman kegemarannya atau mengejutkannya dengan tawaran film terbaru yang siap Anda tonton berdua.

8. Berikan pijatan
Pijatan sedianya tak hanya berlaku untuk Anda semata, tapi juga bagi pasangan. Jadi berikan dia voucher pijat atau terapi spa. Intinya, berikan dia kejutan yang memberikannya waktu santai dan melewati kepenatan dengan cara berbeda.

9. Terlibat dalam hobinya
Pria akan merasa diperhatikan jika Anda ikut serta dalam hobinya. Jadi, cobalah melibatkan diri dengan mendengarkan musik yang dia suka, terlibat dalam pertandingan sepak bola yang dia tonton atau mengikuti bacaan buku yang kerap dibacanya. Dia pun akan sangat senang dibuatnya karena Anda pun memiliki ketertarikan pada hobi yang digandrunginya tersebut.

10. Memberikan pembelaan
Selama ini yang bertugas memberikan pembelaan atau perlindungan memang identik dengan pria, tetapi untuk sesekali Anda pun perlu mengambil peran tersebut. Jika Anda menemui orang lain menyalahkan pasangan, saatnya untuk mengeluarkan taring dan berdiri di depan memberikan pembelaan. Hal ini akan meningkatkan rasa hormat sekaligus percaya diri pada pasangan.

Semoga langkah dan tips di atas bisa bermanfaat dan Jadilah pria teristimewa bagi wanita.





Wanita Diciptakan Dari Tulang Rusuk Yang Paling Bengkok

Apakah penjelasan makna hadist dan makna "tulang rusuk yang paling bengkok adalah tulang rusuk yang paling atas". ?Disebutkan dalam sebuah hadits, “Berbuat baiklah kepada wanita, karena wanita itu diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok, sedangkan tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas,”

Ini adalah hadits shahih yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim di masing masing kitab Shahih mereka, dari Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam. Dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa nabi shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Berbuat baiklah kepada wanita, karena sesungguhnya mereka diciptakan dari tulang rusuk, dan sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.Maka sikapilah para wanita dengan baik.” (HR al-Bukhari Kitab an-Nikah no 5186)

Ini adalah perintah untuk para suami, para ayah, saudara saudara laki laki dan lainnya untuk menghendaki kebaikan untuk kaum wanita, berbuat baik terhadap mereka , tidak mendzalimi mereka dan senantiasa memberikan hak-hak mereka serta mengarahkan mereka kepada kebaikan. Ini yang diwajibkan atas semua orang berdasarkan sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam, “Berbuat baiklah kepada wanita.”

Hal ini jangan sampai terhalangi oleh perilaku mereka yang adakalanya bersikap buruk terhadap suaminya dan kerabatnya, baik berupa perkataan maupun perbuatan karena para wanita itu diciptakan dari tulang rusuk, sebagaimana dikatakan oleh Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bahwa tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas.

Sebagaimana diketahui, bahwa yang paling atas itu adalah yang setelah pangkal rusuk, itulah tulang rusuk yang paling bengkok, itu jelas. Maknanya, pasti dalam kenyataannya ada kebengkokkan dan kekurangan. Karena itulah disebutkan dalam hadits lain dalam ash-Shahihain.

“Aku tidak melihat orang orang yang kurang akal dan kurang agama yang lebih bias menghilangkan akal laki laki yang teguh daripada salah seorang diantara kalian (para wanita).” (HR. Al Bukhari no 304 dan Muslim no. 80)

Hadits Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam yang disebutkan dalam ash shahihain dari hadits Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu. Makna “kurang akal” dalam sabda Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam adalah bahwa persaksian dua wanita sebanding dengan persaksian seorang laki laki. Sedangkan makna “kurang agama” dalam sabda beliau adalah bahwa wanita itu kadang selama beberapa hari dan beberapa malam tidak shalat, yaitu ketika sedang haidh dan nifas. Kekurangan ini merupakan ketetapan Allah pada kaum wanita sehingga wanita tidak berdosa dalam hal ini.

Maka hendaknya wanita mengakui hal ini sesuai dengan petunjuk nabi shalallahu ‘alayhi wasallam walaupun ia berilmu dan bertaqwa, karena nabi shalallahu ‘alayhi wasallam tidak berbicara berdasarkan hawa nafsu, tapi berdasar wahyu yang Allah berikan kepadanya, lalu beliau sampaikan kepada ummatnya, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala,

“Demi bintang ketika terbenam, kawanmu (Muhammad) tidak sesat dan tidak keliru, dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (Qs. An-Najm:4)





Referensi Artikel
Majmu Fatawa wa Maqadat Mutanawwi’ah juz 5 hall 300-301, Syaikh Ibn Baaz Fatwa fatwa Terkini Jilid 1 Bab Perlakuan Terhadap Istri penerbit Darul Haq

Seputar Narsis Dan Narsisme


Apakah narsis dan narsisme?, Bagaimanakah sejarah dan dinamika narsisme. Apakah Narsisme berbahaya? Yuk kita bahas bersama. Konsep dan istilah narsisisme berawal dari sebuah mitologi Yunani kuno tentang seorang pemuda tampan dari Thespian bernama Narsisus yang ditakdirkan untuk hidup hingga ia melihat dirinya dan jatuh hati pada citra diri yang dilihatnya.

Berdasarkan mitologi tersebut berkembanglah konsep narcisism (dalam tulisan ini penulis menggunakan kata: narsisisme) yang pada mulanya digunakan untuk menggambarkan orang yang jatuh cinta dengan citra dirinya sendiri atau suatu bentuk hukuman bagi orang-orang yang tidak dapat mencintai orang lain. Pada tahun 1899, Paul Nacke, seorang psikiater berkebangsaan Jerman menggunakan istilah Narcismus yang merujuk pada “attitude of a person who treats his own body in the same way as otherwise the body of sexual object is treated. ”. Dengan perkataan lain , seseorang mengalami kenikmatan seksual pada saat menatap, membelai dan mencintai tubuhnya. Konsep narsisisme dari Nacke inilah yang kemudian menjadi dasar bagi konsep narsisisme yang digunakan oleh Freud (1914). Dalam perkembangannya, pemahaman narsisisme dalam teori Freud tidak hanya mengenai perilaku abnormal dalam kehidupan seksual individu, tetapi lebih menekankan pada instink untuk melindungi diri sendiri (self perseveration) yang ada pada setiap makhluk hidup.

Freud (1914) menggambarkan konsep narsisisme dalam teorinya mengenai metapsikologi (metapsychological). Konsep ini digunakan untuk menggambarkan tahapan perkembangan libido normal antara tahap autoerotik (autoeroticism) dan object love. Narsisisme timbul ketika libido (energi psikis) diinvestasikan untuk memenuhi kepuasan diri sendiri sehingga ada ketidakmampuan untuk menginvestasikannya kepada orang lain atau demi kepentingan orang lain. Perilaku yang muncul sebagai akibat dari narsisisme ini terlihat sebagai rasa cinta diri (self love) yang berlebihan.

Selanjutnya, di bidang klinis, Freud (dalam Raskin & Terry, 1988) menggunakan konsep narsisime dalam kategori diagnostik untuk menggambarkan fenomena perilaku sebagai berikut :

* Sikap seseorang terhadap dirinya sendiri, misalnya cinta terhadap diri sendiri (self love), mengagumi diri sendiri (self admiration), membesar-besarkan diri sendiri/ perilaku ekspansif (self aggrandizement)
* Kerentanan self esteem seseorang yang meliputi ketakutan akan kehilangan cinta dan ketakutan akan kegagalan
* Orientasi pertahanan diri yang meliputi megalomania, idealisasi, penyangkalan (denial) dan proyeksi
* Kebutuhan untuk dicintai, memenuhi diri sendiri (self sufficiency) dan kebutuhan untuk menjadi sempurna
* Dalam hubungan dengan orang lain memperlihatkan sikap yang menunjukkan bahwa dirinya “lebih” dari orang lain

Setiap manusia memiliki 2 bentuk objek seksual yaitu : diri mereka sendiri dan wanita yang merawatnya. Selanjutnya, Freud membuat postulat mengenai narsisisme primer pada setiap orang dimana di kemudian hari akan dimanifestasikan melalui dominasi pemilihan objek (object-choice) cinta.

Freud (1914) membagi individu ke dalam 2 kelompok yang berbeda berdasarkan pemilihan objek:

1. Narcissistic Type
Pada individu-individu yang mengalami gangguan pada perkembangan libidinal, seperti pada homoseksual, dimana pemilihan objek cinta bukanlah ibunya melainkan diri mereka sendiri. Mereka secara jelas melihat diri mereka sebagai objek cinta.

Berdasarkan tipe narsisistik ini, maka seseorang mungkin akan memilih objek cinta :
1. diri mereka sendiri
2. diri mereka dahulu
3. diri yang diinginkan
4. seseorang yang dulu pernah menjadi bagian dari dirinya

2. Anaclitic Type
Pengalaman auto-erotic sexual gratification yang pertama terjadi ketika individu melakukan self preservation. Yang muncul di awal adalah sexual instinct yang kemudian dilanjutkan oleh ego-instinct; selanjutnya mereka terbebas dari insting-insting tersebut dan mengubah objek seksual mereka ke dalam aktivitas feeding, perhatian dan perlindungan yang diberikan oleh ibunya.

Berdasarkan tipe anaclitik, maka seseorang mungkin akan memilih objek cinta :
1. wanita yang mengasuh/ merawatnya
2. laki-laki yang memberikan proteksi

Dinamika Narsisisme
Freud berpendapat bahwa seorang bayi merasa dirinya sempurna dan sangat berpengaruh. Ia memiliki pikiran yang terbatas dan tidak terbatas (omnipotence of thought). Semua energi libido digunakan untuk memuaskan kebutuhan psikologisnya dan untuk merawat keberadaannya. Investasi dasar dari energi ini diberi nama “Ego Libido” atau narsistik. Insting-insting autoerotis adalah instink yang sifatnya primodial dan melalui insting inilah narsisisme mulai muncul pada diri individu. Selanjutnya, Freud membagi narsisisme menjadi 2, yaitu ;

1. Narsisisme primer
Pada narsisisme primer, energi libido diarahkan pada diri sendiri untuk memuaskan diri sendiri. Pada saat tertentu, sesuai dengan perkembangannya, si bayi tidak lagi menemukan kepuasan diri yang sempurna melalui pikirannya ini. Ia kemudian mengalami interupsi dalam pemuasan narsisistiknya (narcissisistic self-absorption). Pada akhirnya ia akan mengalihkan energi libidonya pada orang lain untuk mencari kepuasan itu walaupun baginya kepuasan ini tidak sesempurna yang pertama.

2. Narsisisme sekunder
Sedangkan pada narsisisme sekunder, investasi energi libido tersebut dialihkan kepada orang lain tapi tetap dilakukan dengan tujuan untuk dapat memuaskan diri sendiri.

Freud (1911 dalam Siegel, 1996) mencoba untuk menerangkan perkembangan narsisisme ini melalui studi mengenai psikosis. Freud mencoba menganalisis buku harian milik Schreber, seorang hakim yang menulis buku harian pada saat ia mengalami episode psikosis. Analisis Freud menggunakan buku harian tersebut yang menggambarkan delusi paranoid yang dialami Schreber untuk mempelajari proses yang terjadi dalam psikosis. Freud meyakini bahwa patologi mendasar dalam psikosis tersebut adalah terjadinya regresi pada tahap narsistik dimana pada tahap itu tidak ada kelekatan (attachment) terhadap objek. Freud membangun perkembangan kontinum dari object attachment yang diawali dengan tahap narsistik (objectless) dan bergerak menuju tahap objek cinta, suatu tahapan dimana objek tersebut dicintai dan dihayati sebagai sesuatu yang terpisah.

Perkembangan Konsep Narsisisme

Konsep narsisisme yang dikembangkan oleh Freud sangat mempengaruhi pemikiran psikoanalisa modern. Salah satu pemahaman narsisisme dalam bidang klinis dari perspektif psikoanalisa modern dapat ditemukan pada teori Kohut. Kohut (dalam Siegel, 1996) melihat narsisime sebagai suatu tahapan perkembangan diri. Sementara itu, manifestasi dari narsisisme yang tidak sehat adalah depresi dan kehampaan perasaan sebagaimana ia temui pada beberapa pasiennya. Keluhan mereka berkisar pada kemungkinan hilangnya makna dan gairah hidup mereka sehingga mereka menjalani hidup dengan berat hati.

Menurut Kohut, kebutuhan utama yang diperlukan dalam perkembangan narsisisme yang sehat adalah
1. kebutuhan untuk dicerminkan yang dimanifestasikan melalui kebutuhan anak-anak untuk mendapatkan pengakuan, persetujuan, dan kekaguman terhadap ekspresi dan perilaku mereka. Orang yang paling penting untuk pencerminan ini adalah ibu.
2. kebutuhan untuk mengidealisasikan yang dimanifestasikan melalui kekaguman dan identifikasi pada orang dewasa yang lebih berkuasa. Orang yang paling diidealkan oleh anak biasanya adalah ayahnya.

Berkaitan dengan kontinum perkembangan narsistik dari Freud, maka Kohut berusaha untuk menambahkan pemahaman narsisisme berdasarkan sudut pandangnya yang sedikit berbeda dengan konsep obyek cinta pada Freud sebagai titik akhir dari kematangan narsisisme. Bagi freud, penolakan dari narsisisme untuk kepentingan obyek cinta adalah tujuan dari treatment Freud, sementara ide Kohut mengenai narsisisme membawa pada implikasi terapetik.

Kohut menyatakan bahwa pengalaman narsistik diawali pada masa dimana bayi mulai merasakan kebahagiaan atau disebut juga infant’s blissful state. Bayi berusaha untuk mempertahankan tahap ini dengan mengembangkan 2 bentuk narsistik yang sempurna, dimana masing-masing sistem berkembang dari narsisisme primer yang terpecah, yang selanjutnya sering dikenal sebagai bipolar self ;

1. Narcissistic Self
Merupakan satu sistem yang membuat suatu ‘perfect self’, suatu bentuk perkembangan dimana segala sesuatu terlihat baik, menyenangkan dan sempurna sebagai bagian dari dalam dirinya. Sementara itu, segala sesuatu yang buruk adalah bagian dari luar dirinya. Narsisisme tidak diinvestasikan kepada orang lain melainkan diinvestasikan untuk diri sendiri dengan memberikan penilaian yang terlalu tinggi terhadap diri. Mereka berharap mendapatkan pandangan yang penuh kekaguman dari orang lain. Narcissistic self sangat berkaitan erat dengan dorongan-dorongan dan tekanan yang pada akhirnya memberikan kontribusi pada munculnya ambisi.

2. Idealized Parent Imago
Sistem ini berusaha untuk mengembalikan blissful state yang hilang dengan cara memberikan kekuasaan dan kesempurnaan yang absolut kepada orang lain. Kelekatan dengan figur ‘perfect’ mengembalikan perasaan yang utuh dan menyenangkan. Idealisasi dari idealized parent imago dihasilkan melalui proyeksi dari kebahagiaan bayi; kekuasaan dan kesempurnaan, terhadap orang tuanya. Idealized parent imago dipandang dengan penuh kekaguman sebagai objek yang selanjutnya memberikan kontribusi pada munculnya figur ideal.


Kontekstualisasi Konsep Narsisisme
Dalam era modern saat ini, narsisisme muncul sebagai cara untuk mengatasi tekanan dan kecemasan yang dirasakan. Lasch (1979) menggunakan konsep narsisisme dalam lingkup masyarakat yang luas. Suatu bentuk masyarakat baru membutuhkan bentuk kepribadian yang baru dan cara sosialisasi yang baru. Pada saat masyarakat memilih narsisisme, selanjutnya akan berkembang menjadi kondisi sosial yang dapat meningkatkan trait narsistik yang ada dengan derajat yang berbeda-beda pada setiap orang. Salah satu kondisi yang ada dalam masyarakat modern sekarang ini hal-hal yang memiliki andil dalam membentuk masyarakat yang narsistik yaitu :

- Perubahan dalam nilai kesuksesan seseorang. Pada masyarakat modern, kesuksesan seseorang dinilai dari kemampuannya untuk dapat menampilkan citra sukses, bukan pada kemampuan seseorang untuk mengatasi masalah ataupun tindakan yang telah dilakukannya. Kesuksesan dinilai dari atribut yang dimiliki seseorang, misalnya kekayaan, kekuasaan, dan ketenaran yang dimiliki (Lasch, 1979)
- Lowen (1985) membahas narsisisme pada tingkat individual maupun tingkat budaya. Pada tingkat budaya, narsisme dapat dilihat sebagai hilang atau berkurangnya nilai-nilai kemanusiaan (loss of human values) yang terlihat dari berkurangnya perhatian pada lingkungan, pada kualitas kehidupan individual, dan nilai-nilai persahabatan yang ada di antara individu.

Berangkat dari pemikiran di atas, maka penelitian mengenai narsisisme di Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk dikembangkan dengan melihat keanekaragaman budaya Indonesia dan kecenderungan terjadinya perubahan nilai yang terjadi di masyarakat modern. Media massa dan pariwara, tampaknya ikut memberikan kontribusi dalam perubahan gaya hidup seseorang. Upaya pengembangan penelitian di Indonesia dapat dilakukan untuk memahami, misalnya:

- Fenomena narsisisme dalam budaya tertentu.
- Fenomena narsisisme dalam ranah politik, pemerintahan dan pelanggaran/penegakan hukum.
- Peran masyarakat dan media massa dalam memberikan pengaruh pada berkembangnya kepribadian narsisistik.
-Tokoh dan penokohan: membentuk dan memelihara kepribadian narsistik.
-Keterkaitan antara gaya hidup masyarakat modern dengan berkembangnya kepribadian narsistik.
- Peran pola asuh dalam memberikan pengaruh pada terbentuknya kepribadian narsistik.

Demikian Informasi Psikologi pada hari ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman dan baik hati.





Daftar Pustaka
-Freud, Sigmund. 1914. On Narcissism : An Introduction. New York : Basic Book, Publishers
-Lasch, C. 1979. The Culture of Narcissism. American Life in an Age of Diminishing Expectation. New York : W.W. Norton & Company

Bagaimana Membuat Kue Black Forest?


Di kesempatan akhir pekan ini, Dream Of Love akan menyajikan sebuah resep membuat kue Blackforest yang enak. Kue ini disukai oleh berbagai kalangan dari tua hingga anak-anak karena rasanya yang manis dan enak. Berikut ini adalah bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya:






Bahan Black Forest Cake
  1.  * 100 gr tepung terigu
  2. * 1 sdm sponge-28
  3. * 8 butir telur
  4. * 60 gr cokelat bubuk
  5. * 40 gr tepung maizena
  6. * 100 gr mentega (lelehkan)
  7. * 200 gr gula pasir
  8. * 1/4 sdt vanili
  9. * 500 gr whipped cream (kocok kaku)
  10. * 10 buah strawberry segar
  11. * 100 gr dark cooking cokelat
  12. * 1 kaleng buah cherry hitam (tiriskan, simpan airnya)

Cara Membuat Black Forest:
1. Campur dan aduk rata, terigu, cokelat bubuk dan maizena
2. Di tempat terpisah, kocok telur, gula dan sponge-28 hingga mengembang
3. Masukkan campuran tepung sambil diayak
4. Aduk hingga tercampur rata
5. Masukkan mentega
6. Aduk rata
7. Masukkan dalam loyang bulan 20cm
8. Panggang hingga matang
9. Dinginkan
10. Potong melintang menjadi 3 bagian
11. Basahi dengan air cherry hitam
12. Oleskan whipped cream pada satu lapisan, lalu letakkan buah cherry, lakukan juga untuk lapisan kedua
13. Letakkan lapisan ketiga
14. Balut dengan olesan whipped cream
15. Hias dengan dark cooking cokelat dan buah strawbery sesuai selera

Dengan tampilan kue Black Forest yang menarik dan rasanya yang enak, ada beberapa fakta seputar cake yang satu ini di seluruh dunia. seperti dikutip dari Foodimentary, disebutkan bahwa sebutan secara Amerika Inggris adalah Black Forest Cake, kemudian oleh Inggris adalah Black Forest Gateau, dan German dengan sebutan Schwarwalder Kirschtore, dengan pengejaan Schwarzwalder-Kirsch-Torte (secara harfiah adalah Black Forest Cherry Liqueur Torte).

Secara umum, Black Forest Cake terdiri dari beberapa lapisan cake coklat, dengan whipped cream dan terdapat buah ceri diantara tiap lapisannya. Kemudian dihias dengan whipped cream dan buah ceri, dan serutan coklat. Dalam beberapa tradisi Eropa, ceri digunakan pada tiap antara lapisan dan untuk hiasan di bagian atasnya.
Cake tersebut tidak memiliki nama setelah pegunungan di Selatan Jerman Barat tetapi minuman khas daerah sulingan dari ceri tart disebut Schwarzwalder Kirschwasser, atau disingkat Schwarzwalder Kirsch, yakni suatu zat yang memberikan sensasi lain pada cake karena karakteristik rasa pada lubang ceri dan kadar alkohol. Dalam kombinasi awal ceri, krim dan Kirschwasser dipadukan tidak pada cake tetapi sebagai sebuah dessert. Cake yang dikombinasikan dengan ceri, biskuit, krim (tetapi tanpa Kirschwasser) dimungkinkan berasal dari German.

Schwarzwälder Kirschtorte pertama disebutkan secara tertulis pada tahun 1934. Saat ini dikenal terutama di Berlin dan di confectioner di kota-kota besar seperti di Jerman, Austria dan Swiss. Pada tahun 1949 terjadi 13 dalam daftar kue Jerman paling terkenal. Hingga kini, Schwarzwälder Kirschtorte menjadi terkenal di dunia

Selamat Mencoba membuat Kue Tart Black Forest..^_^


Bagaimana Agar Kita Jauh Dari penyakit?


Kesehatan adalah sesuatu yang berharga. Apalah arti uang jika kita sakit dan harus terus menerus berobat karena penyakit kita. Seseorang bisa miskin mendadak ketika jatuh sakit, mengingat ongkos berobat ke dokter sangat mahal. Agar tidak sedikit-sedikit harus ke dokter, jadilah dokter untuk diri sendiri untuk keluhan-keluhan ringan seperti meriang dan flu. Selama tidak ada komplikasi atau riwayat penyakit serius, keluhan-keluhan ringan seperti itu umumnya akan sembuh sendiri. Banyak yang bisa dilakukan untuk mempercepat kesembuhannya, namun perlu diingat jika dalam beberapa hari tidak sembuh maka sebaiknya tetap diperiksakan ke dokter.


Bagaimana cara agar kita bisa tetap sehat dan mencegah penyakit datang? Ini ada beberapa cara, yaitu: 

1. Minum air putih sebanyak-banyaknya
Tubuh yang sedang sakit butuh cukup cairan untuk memerangi penyakit dan infeksi. Meski tidak suka, paksakan terus untuk minum dan jika perlu gunakan cairan elektrolit sebab rasanya yang lebih variatif biasanya bisa mengatasi rasa eneg di perut.

2. Istirahatlah di tempat tidur
Pada saat sakit, gunakan seluruh cadangan energi untuk memerangi penyakit dan infeksi. Izin untuk tidak masuk kerja atau sekolah bukanlah kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci dan mengepel rumah, tetapi manfaatkan untuk istirahat.

3. Obati gejala
Beberapa jenis obat-obatan seperti misalnya antibiotik hanya bisa dibeli dengan resep dokter. Namun obat-obatan untuk mengatasi gejala banyak yang dijual bebas, sehingga bisa dibeli sendiri. Gunakan obat-obat bebas yang sesuai untuk mengatasi nyeri kepala, pegal-pegal, demam dan kalau ada alergi.

4. Mandi air hangat
Sentuhan air hangat di kulit membantu menjaga kecukupan cairan terutama di permukaan tubuh, sekaligus melancarkan peredaran darah karena air panas membuat pembuluh darah melebar. Mandi juga membuat badan lebih bersih dan bisa meredakan stres.

5. Sesedikit apapun, paksakan untuk tetap makan
Nafsu makan selalu berkurang saat sedang sakit, namun bukan berarti boleh tidak makan. Tubuh butuh bahan bakar, jadi jangan sampai tidak makan.

6. Tidur siang
Istirahat malam saja tidak cukup bagi orang yang seadng sakit. Secara teratur, matikan televisi dan perangkat elektronik lain termasuk ponsel di siang hari lalu tidurlah senyenyak mungkin.

7. Jaga kebersihan
Daya tahan tubuh yang menurun saat sakit sering membuat orang terinfeksi kuman baru, ketika penyakit yang lama sudah hampir sembuh. Untuk mencegah terjadinya infeksi baru, pastikan saran klasik namun sangat berguna yakni cuci tangan sebelum makan.

Selain usaha-usaha di atas, yang terpenting adalah kita juga harus berdoa agar Allah SWT selalu memberikan kesehatan jasmani dan rohani untuk kita. Demikianlah informasi kesehatan pada hari ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca.


Cinta Dari Sang Pujaan Hati Belahan Jiwa


Semua pasangan suami istri pastinya menginginkan serta mendambakan  mempunyai  keluarga yang bahagia dan harmonis meskipun masalah dalam rumah tangga tak dipungkiri keberadaannya. Namun adanya komunikasi yang baik antara suami istri dapat memperkecil bahkan meniadakan dampak dari masalah tersebut. Baik pencetus masalahnya dari suami, istri maupun dari luar, insyaallaah masalah akan dapat teratasi dengan adanya keterbukaan satu sama lain.

Bukan bermaksud menjelek-jelekkan pasangan atau menampakkan kekurangan pasangan, namun keterbukaan tersebut bermaksud untuk mencari sebuah solusi. Jika ada yang berpendapat diam lebih baik karenatakutakan menyakiti atau membuat malu pasangan apabila dia bersikap terbuka maka ada baiknya dia melihat pertimbangan lain. Jika memang masalah tersebut bisa teratasi dengan diam, maka tak masalah untuk tidak dikomunikasikan. Namun jika dengan komunikasi akan lebih memberi dampak positif, maka berkomunikasilah karena bersikap terbuka bisa dilakukan dengan cara yang halus tanpa kesan menjelekan atau menyakiti. Cobalah untuk mulai berbicara dengan kata-kata yang lembut. Bisa langsung dengan lisan maupun tulisan. Jika pasangan kita memang ada kekeliruan maka hal itu bisa mengingatkannya dan bahkan bisa membuatnya berubah lebih baik.

Sebagaimana tulisan di bawah ini yang menyajikan sebuah diary seorang suami yang ditujukan kepada istri tercintanya. Tentulah tulisan tersebut dibuat karena rasa cintanya yang diwujudkan dalam bentuk perhatian berupa teguran halus terhadap sang istri. Tujuannya adalahmenginginkan istrinya lebih baik agar tidak merugi di dunia maupun di akhirat.

Telah diketahui bahwa ketika seorang suami mencintai istrinya, ia akan berusaha membuktikannya dengan memberikan sesuatu sebagai tanda cinta. Tanda cinta tersebut tidak hanya akan terwujud dalam bentuk hadiah yang berupa perhiasan atau barang-barang mewah saja, akan tetapi juga terwujud salah satunya dalam bentuk perhatian kepadanya, baik perhatian tentang kesehatannya, keadaannya hingga akhlaknya. Dan tanda cinta berbentuk perhatian inilah yang berpengaruh sangat besar dalam keharmonisan dalam rumah tangga. Mengapa? karena ia begitu special, tidak bisa dibeli ditoko manapun, dan dicari di bursa online manapun, meskipun orang tersebut sangat kaya. Maka berbahagialah wanita yang mendapat perhatian tersebut. Sebagaimana bahagianya sang istri yang telah mendapat tulisan dibawah ini dari sang terkasih.

Semoga dari diary ini bisa direnungi dan diambil hikmahnya, khususnya bagi kaum wanita agar bisa menambah ladang amal dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

INILAH DIARY SEORANG SUAMI YANG BERISI TEGURAN HALUS KEPADA ISTRINYA
Istriku tercinta, aku menulis catatan ini sebagai bukti cintaku kepadamu dan keridhaanku menerimamu sebagai istri, aku telah menambatkan cintaku untukmu. Dalam hatiku berkata, inilah wanita yang bisa menjadi ibu anak-anakku dan cocok menjadi istriku. Inilah mawaddah dan sakinah, inilah raihanah rumahku. Aku bimbing tanganmu bersama-sama mengarungi samudera dengan bahtera rumah tangga, menuju ke pantai yang penuh kedamaian di sisi Ar Rabb Ar Rahman.

Akan tetapi tiba-tiba datang topan badai menghalangi jalan kita, angin bertiup kencang. Kalau kita berdua tidak segera sadar niscaya kita akan kehilangan kendali bahtera dan kita akan tersesat arah. Aku berkata dalam hati: tidak! Aku tidak akan membiarkan bahtera ini karam. Maka aku pegang penaku dan aku buka lembaran kertasku. Lalu aku tulis teguran halus ini dari seorang kekasih kepada kekasihnya.

* Istriku tercinta tidakkah engkau ingat pada awal pernikahan kita dahulu engkau adalah lambang kecantikan, kemudian aku tidak mengerti mengapa penampilanmu sampai pada taraf demikian parah, awut-awutan dan tak enak dilihat. Apakah engkau lupa bahwa termasuk salah satu sifat wanita shalihah apabila suaminya memandang kepadanya niscaya akan membuat senang.

* Sayangku, tidakkah engkau ingat, berulang kali engkau mengungkit-ungkit jasamu kepadaku, menyebut-nyebut kewajiban-kewajiban rumahtangga yang telah engkau lakukan untukku, pelayanan yang telah engkau berikan kepada tamu-tamuku dan dalam melayani kebutuhanku, apakah engkau lupa firman Allah subhanahu wa ta’alla

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالأذَى

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima).” (Qs Al Baqarah: 264)
* Tidakkah engkau ingat wahai kekasihku, berapa kali kita telah saling berjanji pada saat-saat pernikahan bahwa kita akan saling bahu membahu dalam ketaatan, mengemban dakwah kepada agama Allah, berikrar bahwa kita akan fokus kepada masalah ummat islam dan mendidik anak-anak kita dengan pendidikan islami, tetapi relitanya kita sibuk mengikuti perkembangan mode, hanyut mengikuti cerita-cerita, kisah-kisah, pernak-pernik dan mengejar harta darimanapun sumbernya.
* Sayangku, tidakkah engkau ingat seringnya engkau menggerutu, tidak qana’ah (puas) menerima rejeki yang telah Allah berikan kepada kita. Haruskah aku menjalani usaha yang haram demi mewujudkan keinginanmu? Apakah engkau sudah lupa kisah wanita yang berkata kepada suaminya: “Bertaqwalah engkau kepada Allah dalam memperlakukan kami, sungguh kami bisa menahan lapar namun kami tidak akan sabar menanggung panasnya api neraka.”

* Ingatkah dirimu betapa sering aku bangun dari tidurku dibagian akhir malam, ternyata aku dapati engkau sedang asyik menonton film dan musik. Bukankah lebih baik engkau berdzikir mengingat Allah dan mengerjakan shalat malam dua rakaat sementara manusia sedang lelap tertidur dikegelapan kubur. Atau minimal engkau segera berangkat tidur agar esok tidak terluput shalat fajar.
* Sayangku, ingatkah dirimu ketika engkau keluar dari rumah tanpa seizinku untuk mengunjungi keluargamu dan ketika engkau memasukkan temanmu si fulanah ke dalam rumahku padahal aku telah melarangmu memasukkannya ke dalam rumah! Lupakah dirimu bahwa itu merupakan hakku!

* Kekasihku, ingatkah dirimu ketika keluargaku datang mengunjungiku, demikian pula teman-temanku, namun aku lihat engkau menampilkan wajah muram, berat langkah kakimu dan bermuka masam!Memang engkau telah menghidangkan kepada mereka makanan yang lezat dan mengundang selera akan tetapi semua itu tiada artinya karena muka masammu itu! Bukankah engkau mengetahui sebuah pepatah: ‘ Temuilah aku tetapi jangan beri aku makan!’

Sayangku, aku senantiasa mengatakan kepadamu dengan sepenuh hatiku bahwa aku mencintaimu.

Aku berharap kita bersama-sama dapat meraih ridha Ar-rahman.

Barangkali aku juga banyak melakukan kesalahan dan mengabaikan hakmu. Dan barangkali aku tidak menyadari kekuranganku dalam melaksanakan kewajiban terhadapmu dan dalam menjaga perasaanmu.

Aku memohon kepadamu agar membalas risalah ini, silakan ungkapkan apa yang terbetik dalam benakmu. Bukankah tujuan kita berdua adalah satu. Kita telah menumpang bahtera yang satu dan tujuan kita juga satu. Tujuan kita adalah selalu bersama-sama di dunia dan di akhirat di jannah ‘And. Jangan engkau biarkan angin badai menghantam kita sehingga membuat kita tersesat jalan.

-selesai-

Diary diatas hendaknya dapat menjadi wacanabagi para wanita agar lebih memperhatikan hak-hak suaminya, yang terkadang terabaikan namun tidak disadari oleh sebagian para wanita. Bersyukurlah jika suami nrimo (tak banyak menuntut) namun hendaknya sang istri pengertian bukan malah sekehendak hati bahkan mengabaikan hak-hak suami. Sajikanlah hak-hak yang terbaik dimeja rumah tanggamu hingga terasa lezat dalam menikmatinya, serta barakah karenanya. Wallahu a’lam

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman. Aamiin Ya Robbal Alamin.




Referensi: dari buku Agar Suami Cemburu Padamu, Penerbit At-Tibyan

Resep Membuat Sayur Asem Yang Enak

Sayur asem adalah sayur yang terkenal di  masyarakat Jawa Barat (Sunda), Banten dan wilayah Jakarta. 

Sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Bahan-bahan yang sering digunakan adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini. Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Sering juga masakan ini disajikan dengan sambal. Masakan ini masih menyerupai tom yam, yang merupakan masakan Thailand, walau sayur asam lebih menggunakan sayur-sayuran daripada makanan laut.


Bahan:
2 sdm minyak goreng untuk menumis
2 lbr daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
2 btg serai, memarkan
200 gr labu siam, potong korek api
150 gr nangka muda, potong kecil-kecil
1250 ml santan dari 1 ½ butir kelapa
1 sdm air asam Jawa
5 bh tahu goreng siap pakai
10 lidi kacang panjang


Bumbu Halus:
4 bh cabai merah
6 bh bawang merah
2 siung bawang putih
3 btr kemiri, sangrai
garam secukupnya


Pelengkap:
5 bh lontong, potong-potong
telur balado
kerupuk kanji
bawang goreng


Cara Membuat:
1. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun salam, lengkuas, dan serai hingga harum.
2. Tambahkan labu siam dan nangka muda, aduk sampai layu.
3. Tuangkan santan dan air asam Jawa kemudian masak sambil sesekali diaduk-aduk sampai bumbu meresap dan sayur matang.
4. Masukkan tahu goreng, aduk perlahan dan biarkan tahu terendam kuah sayur. Masak sekitar lima menit lalu angkat.
5. Tata potongan lontong ke dalam mangkuk hidang, sirami sayur asem, taruh telur balado, taburkan kerupuk dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat.


Untuk 5 porsi


Tips:
- Masukkan bahan lain setelah tumisan bumbu halus benar-benar matang agar bumbu tidak bau langu.
- Masak bumbu sambil diaduk hingga mendidih agar santan tidak ­pecah.
- Jika Anda ingin membuat sayur asem tanpa santan, tambahkan udang dan peroleh rasa asam dari nanas. 

Selamat Mencoba Resepnya. Dan Coba juga Resep Yang Lainnya. Terimakasih





Solusi Mudah Rambut Rontok

Setelah kemarin membahas Bagaimana Mengatasi Rambut Berkutu?, Pada kesempatan sore hari yang indah ini akan dibahas Bagaimana Mengatasi Kerontokan Pada Rambut?. Seperti yang sudah kita ketahui, rambut adalah mahkota, tanpa rambut, manusia jadi terlihat aneh. Kadang kita dipermasalahkan dengan kerontokan rambut. Hmmm...Don't worry sobat, ada solusinya kok. Banyak dari kaum wanita, khususnya mengalami rambut rontok. Hal ini  memang suatu hal yang tidak menyenangkan. Sebelum kita berfikir bagaimana cara mengatasi rambut rontok alangkah baiknya jika anda mengetahui penyebab rambut rontok. Dengan mengetahui penyebab rambut rontok InsyaAlloh Anda akan lebih memudahkan anda dalam mengatasi rambut rontok.

Beberapa penyebab rambut rontok antara lain adalah : karena kebiasaan merawat rambut yang tidak baik atau karena tubuh anda sedang tidak sehat, atau karena anda keturunan rambut rontok.

Penyebab rambut rontok karena kebiasaan tidak baik misalnya,
Anda terlalu sering menggunakan sisir yang bergerigi rapat, terlalu sering memanaskan rambut baik itu dengan hair dryer, hot curling ataupun flat iron, terlalu sering mengikat rambut anda dengan ketat, terlalu sering mencuci rambut dalam sehari. hal itu akan membuat kadar minyak alami pada rambut anda berkurang sehingga menyebabkan rambut mudah patah.
cara mengatasi rambut rontok
Jadi agar rambut anda tidak mudah rontok, kurangi kebiasaan-kebiasaan tidak baik seperti di atas.

Penyebab rambut rontok yang disebabkan karena tubuh anda tidak sehat, yaitu karena:

1. Anemia
Rambut rontok karena anemia bisa terjadi akibat kekurangan zat besi pada sel darah merah. Zat besi diperlukan untuk kesehatan folikel rambut. Cara menanganinya; padukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C membantu penyerapan zat besi, dengan cara murah dan efektif.

2. Obat-obatan tertentu
Obat-obatan keras, seperti antidepresan, diuretik, dan pil Rx memiliki efek samping kerontokan rambut. Cara mengatasinya, cobalah bicarakan dengan dokter Anda, apakah mungkin untuk menurunkan dosis obat-obatan tersebut. Atau jika memungkinkan untuk mengganti obat-obatan tersebut dengan pengobatan alternatif.

3. Hypo atau hyperthyroidism
Ketidakseimbangan hormon bisa menaikkan level zat kimia bernama DHT yang menyerang folikel rambut. Obat-obatan untuk mengatasi kedua kondisi ini bisa menyeimbangkan kembali hormon tiroid Anda.

4. Kekurangan kalori
Biasanya wanita akan melakukan segala hal untuk menurunkan berat badan. Termasuk diet ketat rendah kalori, yang akan menyebabkan keletihan, dehidrasi, dan keram. Untuk mengurangi dampak ini, pastikan untuk terus mendapatkan protein yang cukup dalam diet. Protein adalah zat esensial untuk menjaga kesehatan rambut dan kuat.

5. Stres
Tingkat stres yang tinggi bisa menyebabkan folikel rambut “tertidur” atau terserang oleh sel darah putih, dengan kondisi bahwa kerontokan rambut akan terjadi di beberapa minggu berikutnya. Solusinya? Relaksasi, bisa lewat yoga, terapi, meditasi, atau lainnya. Hindari tekanan dan stres untuk mengurangi kerontokan pada rambut sebelum benar-benar terjadi kebotakan. Jika pori-porinya belum tertutup, rambut akan sulit tumbuh. Maka, atasi sesegera mungkin agar rambut bisa tumbuh kembali.

6. Penyebab rambut rontok karena keturunan,

Di bawah ini beberapa tips atau cara mengatasi rambut rontok yang disebabkan karena keturunan: 

a. Pada saat keramas, pakailah kondisioner pada seluruh rambut. Gunakan sedikit saja, minimalkan kondisioner mengenai kulit kepala. Jika terlalu banyak, kondisioner akan mengakibatkan rambut gatal.

b. Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.

c. Pilih sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.

d. Jangan memakai air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku.

e. Keringkan tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek handuk akan gampang tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.

f. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

g. Hindari pemakaian jepitan atau karet. Biarkan rambut tergerai.

h. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

Selamat mencoba. Semoga kerontokan rambut anda bisa teratasi dan anda bisa memiliki rambut indah mempesona atau bahkan bisa jadi bintang iklan Shampo. 



Kisah Penuh Hikmah Untuk Pembaca


Sebuah kisah hikmah Insya Allah akan memberikan kita sebuah inspirasi positif dalam menjalani kehidupan. Berikut ini adalah kisah penuh hikmah yang bisa kita ambil pelajarannya. Pada zaman dahulu ada seorang raja yang memiliki empat orang permaisuri. Namanya raja, tentu ia memilih wanita yang cantik-cantik sebagai permaisurinya. Hanya saja Sang Raja memperlakukan keempat permaisurinya secara tidak adil. Sang Raja mencintai permaisuri termudanya (yang nomor empat) dengan sangat berlebihan. Ia pun selalu berusaha memenuhi segala kebutuhan dan permintaan permaisuri termuda ini hanya untuk memenuhi hasratnya dan meraih cintanya. Sedangkan kepada permaisuri ketiga, Sang Raja juga mencintainya. Hanya saja Sang Raja merasakan, bahwa permaisuri ketiga ini terkadang meninggalkannya untuk memenuhi kebutuhan orang lain.

Lain halnya dengan permaisuri kedua. Ia selalu menjadi tumpuan Sang Raja setiap menghadapi kesulitan. Ia pun selalu mendengarkan dan memperhatikan keluh kesah Sang Raja dalam setiap menghadapi kesulitan. Bahkan tidak jarang, permaisuri kedua ini seringkali terlihat merasa prihatin dengan kesulitan yang dihadapi Sang Raja, suaminya. Sedangkan permaisuri pertama dan tertua, Sang Raja tidak pernah memperhatikannya. Hak-haknya sebagai permaisuri pun tidak pernah dipenuhi. Kehidupannya terbengkalai akibat korban ketidakadilan suaminya terhadap permaisuri-permaisurinya. Padahal permaisuri pertama ini sangat mencintai Sang Raja. Dan dia pula yang berperan besar dalam menjaga kerajaannya.

Suatu saat, Sang Raja mengalami sakit keras. Ia pun merasakan bahwa ajalnya sudah di ambang pintu. Maut akan segera menjemputnya. Akhirnya Sang Raja berpikir, “Aku sekarang memiliki empat orang permaisuri. Sebentar lagi maut akan segera menjemputku. Aku tidak mungkin pergi ke alam kubur sendirian.” Demikian pikiran yang menggelayut di benaknya. Sang Raja memanggil permaisuri termudanya yang memang sangat dimanjanya, sehingga semua kebutuhan dan permintaannya selalu dipenuhinya. Raja berkata kepadanya, “Aku sangat mencintaimu melebihi permaisuriku yang lain. Aku telah memenuhi segala keinginan dan permintaanmu. Namun kini sepertinya ajal akan segera menjemputku. Sekarang aku bertanya kepadamu, apakah kamu rela bersamaku sebagai pendamping dan penghiburku nanti di alam kubur?”

Sang permaisuri menjawab, “Ini tidak mungkin terjadi.” Segera permaisuri itu meninggalkan Sang Raja yang tekulai lemas tidak berdaya itu tanpa menampakkan rasa kasih sayang sedikitpun. Lalu Sang Raja memanggil permaisuri ketiga dan berkata kepadanya, “Aku mencintaimu seumur hidupku. Sekarang ajalku sudah di ambang pintu. Bersediakah kamu menemaniku di alam kuburku nanti?” Permaisuri ketiga ini menjawab, “Tentu saja tidak. Hidup ini sangat indah. Dan setelah kematianmu, aku akan segera pergi dan menikah dengan laki-laki lain.”

Lalu Sang Raja memanggil permaisuri kedua dan berkata kepadanya, “Selama hidupku aku selalu mengadu dan mengeluh kepadamu dalam setiap kesulitan yang aku hadapi. Telah begitu banyak pengorbananmu untukku. Dan selama ini kamu selalu setia membantuku. Sekarang aku akan bertanya kepadamu, bersediakah kamu menemaniku di alam kubur nanti?” Dengan penuh perhatian dan lemah lembut, permaisuri ini menjawab, “Maafkan aku suamiku. Aku tidak mungkin memenuhi permintaanmu. Aku hanya bisa mengantarmu nanti sampai ke kuburmu.”

Setelah mendengar penolakan ketiga permaisurinya untuk menemaninya di alam kubur nanti, akhirnya Sang Raja merasa susah dan bersedih hati menghadapi detik-detik kematiannya. Tiba-tiba ia mendengar suara dari kejauhan berkata kepadanya, “Aku siap menemanimu di alam kuburmu nanti. Aku akan selalu bersamamu kemana pun kamu pergi.” Sang Raja melihat ke arah suara itu. Ternyata ia permaisuri pertamanya yang sudah kurus kering dan sakit-sakitan karena tidak pernah diperhatikan oleh Sang Raja, suaminya. Akhirnya Sang Raja merasa menyesal telah menelantarkan permaisuri pertama tersebut selama hidupnya. Sang Raja berkata, “Seharusnya selama ini aku memperhatikanmu melebihi permaisuriku yang lain. Seandainya masa lalu dapat kembali lagi kepadaku, tentu kamu akan menjadi permaisuriku yang paling aku perhatikan melebihi permaisuriku yang lain, karena pada saat-saat seperti ini, hanya kamu yang siap menyertaiku ke mana pun aku pergi.” Demikian Raja itu berkata kepada permaisuri pertamanya yang telah kurus kering dan sakit-sakitan akibat ketidakadilannya.

Sebenarnya, kita juga memiliki empat orang permaisuri. Permaisuri keempat adalah jasad kita. Bagaimanapun perhatian yang kita berikan terhadapnya, kita penuhi segala nafsu dan syahwatnya, jasad kita akan meninggalkan kita begitu kita meninggal dunia.

Permaisuri ketiga adalah kekayaan dan harta benda. Ketika kita meninggal, kekayaan dan harta benda kita akan meninggalkan kita dan segera menjadi milik orang lain.

Permaisuri kedua, keluarga dan teman. Berapa pun besar pengorbanan mereka kepada kita selama kita hidup, kita tidak dapat berharap kepada mereka ketika kita meninggal dunia, kecuali tidak lebih dari sebatas mengantarkan kita ke alam kubur.

Sedangkan permaisuri pertama adalah jiwa (ruh) dan hati. Kita tidak pernah memperhatikan jiwa dan hati. Selama ini kesibukan kita hanya untuk memenuhi syahwat kita sendiri, mengumpulkan harta dan memuaskan keluarga dan teman, padahal jiwa dan hati kita saja yang akan tetap menyertai kita nanti di alam kubur. 

Semoga Kisah hikmah ini bisa bermanfaat dan bisa kita petik pelajaran maupun hikmah di dalamnya.




Resep Ayam Bumbu Kecap Yang Lezat


Assalamu'alaikum wr.wb. Di hari minggu pagi yang cerah ceria ini, seperti biasanya Sweethy Amore Dream Of Love akan menyajikan sebuah resep masakan yang pastinya enak dan lezat. Pada kesempatan kali ini, Resepnya adalah cara membuat Ayam Kecap Yang Lezat untuk sajian makan siang bersama keluarga. Yuk simak resep,bahan-bahan yang digunakan dan cara membuatnya.


Bahan Yang Dipergunakan:
1 ekor ayam kampung potong-potong
300 ml air
3 siung bawang putih cincang
6 buah bawang merah cincang
1 buah bawang bombay iris tipis
1 sdm gula
½ sdm garam
½ sdt merica
2 sdm kecap manis
1 sdt pala
Minyak untuk menumis


Cara membuat ayam kecap lezat:
1. Tumis bawang bombay, setelah agak layu tambahkan bawang merah dan bawang putih. Aduk sampai berubah warna.
2. Setelah itu, masukan ayam, aduk sampai bumbu tercampur rata.
Tambahkan air, masak hingga mendidih.
3. Kemudian masukan semua bumbu, tutup wajan, masak dengan api kecil sampai ayam lunak. 
4. Angkat. 
5. Setelah itu disajikan bersama lalapan dan nasi hangat. Silahkan menikmati masakannya..



Selamat mencoba dan menikmati masakannya ( kalau sudah jadi  ). Terimakasih sudah membaca Informasi Kuliner/Resep di hari ini. 





Manajemen Mental Di Dalam Dunia Pendidikan


Dalam dunia pendidikan sering terjadi adanya kekerasan dalam mendidik yang dialami peserta didik di sekolah. Apakah yang menyebabkan dan pemicu adanya hal ini?
Kekerasan itu sendiri terdiri dari beraneka tipe, yaitu:

1. Kekerasan antar teman sekolah, seperti terjadi tawuran atau perkelahian antar pelajar
2.Adanya hukuman dari guru saat di sekolah yang kurang sesuai dengan pembelajaran berbasis karakter bangsa. Misal hukuman itu, yaitu: Ada sebuah kasus di  Jawa Timur, siswa SMP dijemur karena tidak mengikuti pelajaran. Ada lagi guru memukul tangan siswa karena tidak hafal nama provinsi di Indonesia. Ini hanya sekelumit fenomena dalam dunia pendidikan kita akhir-akhir ini. Hal itu menggambarkan pentingnya peningkatan kecerdasan emosional dan manajemen mental bagi guru.

Dalam hal ini, pembahasan tentang empat kompetensi guru meliputi pedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional menjadi isu sentral. Persoalan krusial dalam pedagogik, misalnya, persiapan guru dalam pembelajaran di kelas seperti tersedianya KTSP, pemetaan, silabus, RPP, dan perangkat media/evaluasi. Permasalahannya juga sangat kompleks, di antaranya bagaimana mengelola proses pikiran untuk mentransfer ilmu (transfer of knowledge) serta mengajarkan kepada siswa cara mengelola mental.

Semuanya dapat diubah dengan menanamkan rasa saling menghargai, menyayangi, dan pembelajaran berbasis kasih sayang melalui manajemen mental. Tulisan ini terinspirasi peran guru sebagai manajer mental bagi siswa dan garda terdepan untuk mencerdaskan bangsa.

Manajemen mental merupakan aktivitas dalam merefleksikan dan mengevaluasi proses berpikir yang disebut metakognisi. Di sini metakognisi merupakan komponen utama berpikir dan mendapat perhatian cukup besar dalam psikologi kontemporer. Kita bisa merenungkan tentang berpikir kita sendiri dan kita tidak hanya bisa melaksanakan aktivitas kognitif tingkat tinggi seperti membuat keputusan, memecahkan masalah, dan membuat perencanaan. Namun, kita juga bisa melihat dan mengamati proses berpikir kita. Misalnya berusaha memecahkan suatu permasalahan, kita bisa mengetahui bahwa berpikir kita itu tertuju pada satu jalur dan memutuskan untuk menggunakan pendekatan yang lebih kreatif. Begitu pula, dalam membuat keputusan hendaknya bersikap dan berpikir lebih cermat.

Kesukaran Berpikir
Terdapat empat kesukaran tersembunyi dalam berpikir, yaitu:

* Pertama, kesukaran tersembunyi sebelum berpikir (before thinking). Kita terjebak dalam tantangan berpikir tanpa persiapan mental yang memadai, yakni tanpa adanya waktu untuk menjernihkan jiwa, memusatkan pikiran, dan memvisualisasikan apa yang akan datang. Hal ini bisa mengakibatkan berpikir tergesa-gesa dan tidak fokus.

*Kedua, kesukaran tersembunyi selama berpikir (during thinking), yakni saat kita menghadapi tantangan berpikir tanpa memperhitungkan gambaran yang lebih luas tanpa memiliki waktu untuk menetapkan tujuan. Ketiga, kesukaran setelah berpikir (after thinking). Saat mendekati tantangan berpikir kita lupa menyisihkan waktu untuk merefleksi bagaimana terjadi proses berfikir itu. Hal ini terjadi karena mepetnya waktu.

Manajemen mental penting untuk dipahami guru dalam proses pembelajaran. Setidaknya terdapat empat alasan pentingnya manajemen mental. Pertama, meningkatkan keberdayaan kognitif. Bila dihadapkan pada permasalahan/kesulitan berpikir, manajer mental yang baik akan mengevaluasi diri dan bertanya "Apa yang sekiranya bisa saya lakukan di sini?"

*Ketiga, manajemen mental mengembangkan berpikir mandiri dan penuh tanggung jawab. Sebagai seorang dewasa, kita harus mampu menetapkan tujuan dan standar kita sendiri. Untuk mencapai tujuan dan standar itu diperlukan kekuatan watak dan praktek/terapan penuh pemikiran dalam mengembangkan keterampilan guna menetapkan standar dan tujuan yang masuk akal.

*Keempat, manajemen mental mengembangkan keberencanaan dan berpikir strategis. Kita mengamati sejenak arus berpikir kita dan mempertimbangkan apa yang dilakukan dan itu perlu perencanaan strategis. Keempat, manajemen mental merupakan aspek kecerdasan yang bisa dipelajari.

Sebagian ahli psikologi berpendapat metakognisi merupakan kesadaran manusia. Suatu jiwa yang bisa membuat pemikirannya sendiri sebagai objek pemikiran. Tak heran, banyak teori kecerdasan mengidentifikasi metakognitif sebagi kunci utama. Binet, bapak teori kecerdasan, menunjuk pada "otokritisme" sebagai komponan utama kecerdasan (Binet & Simon, 1905 dalam Gadner, 1999).

Pengajaran Terbaik
Jika manajemen mental bisa diajarkan, bagaimana pengajarannya yang terbaik? Manajemen mental siswa bisa dikembangkan secara efektif dengan memfaatkan empat kekuatan budaya di kelas.

_ Pertama, memberi contoh tentang manajemen mental ketika mengajar. Perlihatkan kepada siswa bagaimana diri kita merefleksikan pemikiran dan menjadi pemikir yang baik. Arahkan perhatian siswa kepada orang lain memikirkan mengenai dirinya sendiri, misalnya ilmuwan, musikus, artis, penulis, siswa, dan guru.

_Kedua, menjelaskan kepada siswa tentang tujuan manajemen mental dan memberi petunjuk langsung tentang teknik dan strategi. Ketiga, mengorganisasikan peluang bagi interaksi siswa/guru dan siswa/siswa tentang manajemen mental. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui diskusi dan kerja kelompok.

_Ketiga, memastikan siswa mendapatkan umpan balik tentang praktek manajemen mental. Misal memperlihatkan bahwa manajamen mental memang dihargai di kelas. Memberi kritik dan dorongan terhadap manajemen mental siswa dan menciptakan peluang agar siswa bisa saling memberi umpan balik tentang praktek manajemen mental mereka.

Semoga Informasi Pendidikan bisa bermanfaat dan menambah wawasan pembaca.




Pantai Candidasa Replika Pantai Kuta Bali


Apakah pembaca sudah pernah liburan ke Pulau Bali?, Pulau Bali terkenal dengan pantainya yang indah. Diantaranya adalah pantai Kuta dan Pantai Candidasa. Pantai Candidasa adalah replika pantai Kuta dengan hamparan pasir putihnya, Pantai Candidasa menjadi daerah tujuan utama bagi wisatawan saat berkunjung ke wilayah Bugbug, Kecamatan Karangasem, Bali. Candidasa termasuk sebagai kawasan pariwisata yang dikembangkan mulai tahun 1983.

Kegiatan yang bisa dinikmati pada kawasan pantai antara lain berenang, sun bathing, canoing, snorkeling, memancing, dan trekking melalui perbukitan. Jika kita liburan  ke Pantai Candidasa , Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitarnya menggunakan perahu nelayan (jukung). Pulau-pulau tersebut menyimpan panorama bawah laut berupa terumbu karang dan ikan hias.

Candidasa merupakan nama sebuah pura, yakni Pura Candidasa yang berada di atas bukit kecil dan dibangun pada abad ke 12 M. Nama asli pantai adalah Teluk Kehen. Namun seiring ditetapkannya pantai sebagai obyek wisata, namanya berubah menjadi kawasan pariwisata Candidasa sesuai dengan nama pura.

Tepat di sebuah relung pada bagian bawah tebing bukit di kawasan pantai, terdapat pahatan Arca Dewi Hariti bersama 10 orang anak yang sedang mengerubunginya. Pahatan tersebut diyakini masyarakat setempat sebagai lambang kesuburan dan kemakmuran. Berdasarkan mitos yang berkembang dari kisah Dewi Hartini, banyak pasangan suami istri yang belum diberikan keturunan berkunjung untuk memohon doa dengan membawa sesajen sebagai persembahan kepada Sang Dewi.

Semoga Informasi Wisata ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi pembaca untuk liburan bersama sahabat ataupun keluarga.



Solusi Untuk Rambut Berkutu.


Rambut berkutu sangat membuat kita tidak nyaman, bukankah demikian?, Rambut berkutu membuat kepala kita gatal dan rasanya ingin digaruk terus-menerus.  Sangat merepotkan, apalagi ketika kita sedang beraktivitas, hal itu membuat aktivitas jadi terganggu dan juga kita menjadi malu dengan rekan kerja kita. 

Orang yang kepalanya dihuni kutu selalu dianggap jorok dan tidak menjaga kebersihan rambut. Padahal, kutu kepala sebenarnya justru suka berkembang biak di kulit kepala yang sehat dan rambut yang bersih. "Jangan merasa malu kalau memiliki kutu. Kutu-kutu kepala lebih tertarik pada rambut yang bersih dan mengkilap, sehingga asumsi bahwa hanya orang-orang kotor yang memiliki kutu adalah salah.

Kutu kepala berukuran sebutir beras, telurnya kecil berwarna keputihan atau kecoklatan dan menempel pada helai rambut sekitar satu atau dua sentimeter dari kulit kepala. Meskipun tidak bisa melompat atau terbang, kutu dapat menyebar ke orang lain lewat kontak badan, tidur di ranjang yang sama misalnya. Kutu rambut juga dapat menyebar ketika pembawa kutu berbagi topi, pakaian, atau sisir.

Gejala paling umum dari kutu rambut ini adalah terasa gatal-gatal dikepala dan biasanya sering menggaruk-garuk kepala kalau suhu udara panas maka gatal tersebut semakin parah, adanya bintik-bintik pada rambut terutama pada pangkal rambut, Untuk memastikan bahwa kutu rambut bersarang dikepala kebanyakan orang memakain sisir bergigi rapat (serit). Cara yang paling mudah menggunakannya adalah dengan menggunakan kertas warna putih polos, taruh di atas lantai lalu sisir rambut kearah kertas putih tersebut. Biasanya kalau kutu memang ada dan tidak  lama kemudian, kutu akan terlihat jatuh ke kertas putih tersebut.


Orang tua dapat mencegah anak-anak dihingapi kutu. Periksalah rambut anak sekali seminggu. Meskipun merepotkan, tapi akan jauh lebih mudah untuk menangani kutu sedari awal daripada setelah kutu didiamkan selama satu bulan. Chow-Johnson merekomendasikan bahwa orang tua sebaiknya melakukan langkah-langkah berikut ketika memeriksa kutu:
1. Dudukkan anak di wastafel yang diisi air hangat dan sisir rambut menjadi beberapa bagian secara teliti.
2. Semprotkan air pada bagian kecil rambut dan tarik sisir sampai ke ujungnya.
3. Bilas sisir dan bersihkan dengan handuk.
4. Ulangi proses ini sampai semua rambut di kepala anak telah diperiksa.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut:

1. Potong Rambut
Cara yang ini tergolong cara yang paling ampuh basmi sampai keakar dan rumahnya. Kutu tidak akan bersarang lagi di kepala anda karena rumahnya sudah ludes dimana lagi mau bersarang, namun cara ini saya sarankan hanya untuk pria saja untuk wanita jangan gunakan cara ini.

2. Sisit Bergigi Rapat (Serit)
Cara yang satu juga tergolong ampuh namun perlu proses yang lama. Agar cara ini lebih ampuh sebelum menyisir rambut terlebih dahulu basahi rambut menggunakan air cuka hangat (asam asetat) berkadar 5-10%. Air cuka hangat ini berguna agar kutu rambu lebih mudah terlepas dari rambut. Gunakan cara ini beberapa hari sampai anda rasa sudah tidak ada lagi kutu + telur-nya dikepala anda.


3. Menghilangkan Kutu Rambut dengan Bahan Kimia
Usahakan menggunakan pedikulisida yang berdaya racun rendah, sehingga tidak mengakibatkan sensitisasi, resorpsi dan iritasi. Bahan aktif pedikulisida yang terutama adalah insektisida jenis piretroid (permetrin, d-fenotrin, alletrin dll). Insektisida ini dapat merusak sistem saraf serangga. Namun menggunakan cara ini Kutu rambut tidak mati seketika oleh pemberian obat, namun beberapa saat kemudian. Karena telur kutu rambut terlindungi oleh cangkangnya, mereka sulit mati oleh pedikulisida. Saat ini tidak ada produk pedikulisida yang membunuh 100% telur kutu. Kutu-kutu rambut bisa kembali muncul setelah telur-telur yang bertahan menetas dan berkembang biak. Anda mungkin perlu mengulangi pemberian pedikulisida dalam 7-10 hari kemudian.


Hal Yang Perlu dingat adalah:


1. Jangan menggunakan pedikulisida secara berlebihan dan jangan mencampur penggunaan lebih dari satu produk. Gunakanlah sesuai instruksi agar tidak menimbulkan efek negatif bagi diri Anda dan tidak membuat kutu rambut resisten.
2. Jangan berkeramas menggunakan pedikulisida dengan air hangat karena pori-pori kulit kepala yang mengembang oleh panas dapat menyerap zat racunnya sehingga berbahaya bagi Anda.
3. Setelah penggunaan pedikulisida lebih dari dua kali dan kutu rambut tidak hilang, Anda mungkin perlu mengganti dengan jenis lain yang lebih efektif. Jangan terus memaksakan penggunaannya.


Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami:
Menghilangkan kutu rambut memang terbilang gampang-gampang susah, walau sudah banyak bahan kimia seperti yang saya uraikan diatas namun cara di atas memiliki efek samping bagi kepala Anda selain itu menggunakan bahan kimia tidak selalu ampuh. Nah ada lagi cara lain untuk membasmi kutu rambut yaitu dengan menggunakan bahan alami seperti berikut:


1. Minyak kayu putih dan jeruk nipis. Campur beberapa sendok minyak kayu putih dengan air perasan jeruk nipis. Gunakan campuran tersebut untuk membasahi rambut, dan pijatlah kulit kepala dan remas-remaslah rambut dengan merata selama beberapa menit. Tutuplah kulit kepala dengan topi mandi plastik dan biarkan cairan bekerja selama satu jam. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Ulangi beberapa kali dalam seminggu sampai anak Anda benar-benar bebas kutu.

2. Minyak kelapa. Minyak kelapa (Jawa: minyak klentik) dapat memasuki saluran pernafasan kutu dan membunuh mereka dengan membuat lemas dan dehidrasi. Sewaktu anak mau tidur, tuangkan minyak kelapa hangat di kepalanya dan remaslah rambut seperti berkeramas. Bungkus kepala dengan topi mandi plastik dan tidurkan anak. Di pagi hari, basuh kepala anak untuk membersihkan minyak. Sisir rambut dengan sisir khusus untuk membersihkan telur-telur kutu yang masih melekat. Lakukan tiga malam berturut-turut. Periksa kembali rambut anak dan ulangi hanya jika diperlukan.

3. Cuka Putih. Cuka putih tidak membunuh kutu, namun efektif membuat telur-telur kutu mudah lepas dari cengkeramannya di rambut. Selain itu, cuka juga bersifat antiseptik sehingga bisa membersihkan jamur dan bakteri di kepala. Basahi kepala dan kulit kepala anak dengan air cuka. Tutup kepala dengan topi mandi plastik selama 30 menit agar cuka meresap dan bekerja. Sisirlah rambut dengan sisir khusus untuk mengeluarkan kutu dan telur-telurnya. Telur-telur yang sebelumnya sangat lengket di rambut akan dengan mudah berlolosan. Kemudian, keramaslah rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai anak Anda bebas kutu rambut


Kutu kepala tidak menularkan penyakit, tetapi membutuhkan darah untuk bertahan hidup. Kutu kepala dapat menyebabkan gatal, terutama di bagian belakang telinga dan tengkuk, dan menyebabkan benjolan pada leher. Orang yang kepalanya dihuni kutu juga bisa merasakan adanya gerakan di kulit kepala. Kutu kepala harus diobati secara efektif untuk mencegahnya kembali. Mandi air panas dan sampo yang keras tidak akan menyelesaikan masalah. Orang tua yang menemukan kutu atau telur kutu harus memeriksa semua orang di rumah, juga mencuci semua seprei dan handuk dalam air panas.

Benda yang tidak dapat dicuci harus disegel dalam kantong plastik selama setidaknya 72 jam. Jok mobil, ransel dan jaket juga harus dibersihkan. Telur kutu biasanya menetas dalam waktu 8-9 hari, bertumbuh besar menjadi dewasa dan mencari pasangan untuk menghasilkan lebih banyak kutu. Jadi, menargetkan untuk membasmi kutu hidup belum menyelesaikan masalah, telur kutu juga harus dibasmi.

"Setelah kutu kepala anak dibersihkan, anak masih rentan terkena kembali selama enam minggu. Jadi saya sarankan untuk terus menggunakan produk anti-kutu setiap minggu dan memeriksa kutu setiap hari," kata Chow-Johnson. Mangga, rosemary dan minyak pohon teh telah diketahui berkhasiat mengusir kutu. Menggunakan produk beraroma bahan tersebut dapat membantu mencegah kutu datang kembali.

Semoga informasi kesehatan rambut ini bisa bermanfaat, dan membuat rambut kita bebas dari kutu yang mengganggu.